Katedral Ferrara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ferrara
Katedral Santo Georgius
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di S. Giorgio
Katedral Ferrara
LokasiFerrara
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Ferrara-Comacchio

Katedral Ferrara (bahasa Italia: Basilica Cattedrale di San Giorgio, Duomo di Ferrara) adalah sebuah gereja katedral Katolik dan basilika minor yang terletak di Ferrara, Italia Utara. Didedikasikan untuk Saint George, santo pelindung kota, ini adalah tempat kedudukan Keuskupan Agung Ferrara dan bangunan keagamaan terbesar di kota.

Katedral ini berdiri di pusat kota, tidak jauh dari Palazzo Comunale dan Castello Estense yang terkenal dan terhubung ke Istana Uskup Agung melalui sebuah lorong tertutup.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan bangunan yang sekarang dimulai pada abad ke-12, ketika kota ini diperluas di tepi kiri Po di Volano, cabang kanan panjang Sungai Po; pembangunan katedral baru dimulai pada tahun 1135. Altar utamanya ditahbiskan pada tanggal 8 Mei tahun 1177,[1] yang menunjukkan bahwa katedral atau setidaknya bagian timurnya hampir selesai, 42 tahun setelah batu pertama, untuk pembangunan gereja abad pertengahan yang besar dalam waktu yang cukup baik. Bekas katedral, yang juga didedikasikan untuk Saint George, masih berdiri di tepi kanan sungai di luar tembok kota, namun hampir seluruhnya direnovasi pada abad ke-16 hingga ke-18. Sekarang dikenal sebagai Basilika Santo George di Luar Tembok (San Giorgio fuori le mura)

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]