Roland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Patung Roland di stasiun kereta api Metz, Perancis.

Roland (bahasa Franka: *Hrōþiland) (meninggal 15 Agustus 778) adalah seorang pemimpin militer Franka pada masa kekuasaan Karel yang Agung. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam sejumlah karya legenda yang disebut Matière de France. Dalam sejarah, Roland adalah gubernur militer wilayah perbatasan Breton yang bertanggung jawab mempertahankan perbatasan Francia dari orang-orang Breton. Satu-satunya dokumen sejarah yang menyebut keberadaannya adalah Vita Karoli Magni karya Einhard, yang menulis bahwa ia merupakan salah satu penjaga barisan belakang Franka yang dibunuh oleh orang-orang Basque selama Pertempuran Jalur Gunung Roncevaux di Pegunungan Pirenia.

Kisah mengenai gugurnya Roland di Jalur Gunung Roncevaux dijadikan kisah mengenai seorang ksatria dalam sastra abad pertengahan dan Renaisans. Ia digambarkan sebagai paladin utama Kaisar Karel yang Agung. Karya sastra pertama yang mengadaptasi kisah Roland adalah puisi Chanson de Roland dari Perancis pada abad ke-11.

Dua puisi Renaisans Italia yang berjudul Orlando Innamorato dan Orlando Furioso juga berkisah tentang Roland, tetapi isinya jauh lebih menyimpang dari sejarah bila dibandingkan dengan Chanson. Dalam puisi-puisi ini, ia dikaitkan dengan pedangnya Durendal, kudanya Veillantif, dan alat musik tiup olifantnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Lojek, A. – Adamová, K.: "About Statues of Rolands in Bohemia," Journal on European History of Law, Vol.3/2012, No. 1, s. 136-138. (ISSN 2042-6402).
  • Adriana Kremenjas-Danicic (Ed.): Roland's European Paths. Europski dom Dubrovnik, Dubrovnik 2006 (ISBN 953-95338-0-5).
  • Susan P. Millinger, "Epic Values: The Song of Roland," in Jason Glenn (ed), The Middle Ages in Texts and Texture: Reflections on Medieval Sources (Toronto, University of Toronto, 2012),

Pranala luar[sunting | sunting sumber]