Orlando Furioso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ruggiero Menyelamatkan Angelica oleh Gustave Doré

Orlando furioso (bahasa Italia: [orˈlando fuˈrjoːzo; -oːso]; Amukan Orlando) adalah puisi epos Italia karya Ludovico Ariosto yang pertama kali muncul pada tahun 1516, walaupun seluruh puisi ini baru diterbitkan pada tahun 1532. Orlando Furioso merupakan kelanjutan roman karya Matteo Maria Boiardo yang belum selesai, Orlando Innamorato ("Orlando jatuh cinta", diterbitkan setelah kematiannya pada tahun 1495). Latar sejarah dan tokoh dalam puisi ini mirip dengan Chanson de Roland dari Prancis pada abad ke-11, yang berkisah tentang kematian ksatria Roland. Seperti dalam puisi Chanson de Roland, kisah Orlando furioso juga berkenaan dengan roman ksatria.

Orlando adalah seorang ksatria Kristen yang dikenal dengan nama Roland dalam bahasa Prancis. Latar belakang sejarahnya adalah perang antara paladin Kristen Karel yang Agung melawan angkatan darat Saracen yang menyerbu Eropa. Puisi ini berkisah tentang perang, cinta dan idealisme keksatriaan. Puisi ini menggabungkan realisme dengan fantasi, humor dengan tragedi. Latarnya adalah seluruh dunia ditambah dengan perjalanan ke Bulan. Tokoh-tokohnya meliputi orang Kristen dan Saracen, prajurit dan penyihir, dan makhluk-makhluk fantasi termasuk monster laut raksasa yang disebut "orc" dan kuda terbang yang dijuluki hippogriff. Banyak tema yang diangkat dalam puisi ini, tetapi yang paling penting adalah cinta paladin Orlando kepada putri pagan Angelica yang tak terbalaskan, sehingga membuat Orlando gila; cinta antara prajurit Kristen perempuan Bradamante dengan seorang Saracen yang bernama Ruggiero; serta perang antara Kristen melawan non-kristen.

Puisi ini terbagi menjadi 46 canto, masing-masing memiliki stanza delapan baris dengan rima ottava rima (rima abababcc). Secara keseluruhan puisi Ariosto terdiri dari 38.736 baris, sehingga menjadikannya salah satu puisi terpanjang dalam sastra Eropa.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]