Catania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Catania
Comune di Catania
A collage of Catania.
A collage of Catania.
Bendera Catania
Negara Italia
WilayahSisilia
ProvinsiCatania (CT)
FrazioniSan Giovanni Galermo
Pemerintahan
 • Wali kotaRaffaele Stancanelli
Luas
 • Total180,88 km2 (6,984 sq mi)
Ketinggian
7 m (23 ft)
Populasi
 (31 Maret 2009)
 • Total296.303
 • Kepadatan16/km2 (42/sq mi)
DemonimCatanesi
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Kode pos
95100
Kode area telepon095
Santo/a PelindungSt. Agatha
- Hari5 Februari
Situs webSitus web resmi

Catania adalah kota terbesar kedua di Sisilia, Italia dengan populasi 306.464 jiwa. Ia juga adalah kota dengan tingkat kepadatan terbesar kedua di pulau itu dan adalah ibu kota Provinsi Catania.

Catania terletak pada 37° 31'U 15° 04'T di pesisir timur pulau Sisilia, setengah perjalanan antara Messina dan Siracusa dan berada pada kaki gunung berapi aktif Etna.

Catania didirikan pada abad ke-8 SM oleh penguasa Yunani yang dipimpin oleh Evarco. Kota ini dulu pernah bernama Ætna, seperti gunung berapi tersebut, sekitar  480–461 SM dan juga pernah dinamakan Katane. Ia kemudian dihancurkan oleh gempa bumi pada 1169 dan 1693 dan oleh aliran lava yang melewatinya menuju ke laut.

Kota ini telah tujuh kali dikubur oleh lava dalam sejarah, sehingga kota-kota kunonya terkubur di bawah lapisan tanah sekarang.

Catania kota kesepuluh Italia, provinsi Italia keenam. Ini terkenal dengan kehidupan malamnya setelah hanya di Roma dan Milan untuk musim dingin dan kedua setelah Roma untuk musim panas. Ini adalah kota paling industri dan komersial di Italia selatan. Bandaranya adalah yang keempat di Italia untuk lalu lintas udara. Universitas pertama di Sisilia lahir di Catania pada 1434.

Masakan Catanese terkenal dan dihargai di Italia, kota ini menawarkan berbagai macam ikan sebagai kota tepi laut tetapi apa hidangan pegunungan yang bertobat dari gunung berapi, makanan jalanan juga sangat dihargai oleh Catania dan wisatawan.

Kue Sisilia Saya tahu yang terbaik di Italia, terutama Catania lebih unggul dari provinsi lain.

Pesta pelindung Katolik Sant'agata adalah yang ketiga di dunia untuk jumlah peserta.

olahraga paling populer adalah sepak bola, tim Catania membanggakan 17 penampilan di papan atas. Penggemar Catania terkenal di Italia karena semangat mereka. Di YouTube Anda dapat menemukan video dari 40 ribu penggemar Catania yang hadir di stadion di Roma pada tahun 1983. Juga di YouTube adalah video terkenal dari 12 ribu Catania yang bernyanyi lebih dari fans Roma yang bermain di rumah meski kalah 7-0 Rivalitas terkuat dan melawan Palermo yang terkenal adalah derby Sisilia. Para pendukung memiliki sekitar 600.000 penggemar.

Tim tersukses di kota ini adalah tim polo air putri yang merupakan tim tersukses di Eropa.

Catania adalah satu-satunya kota di selatan setelah Napoli yang memiliki kereta bawah tanah.