Manarola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pemandangan Manarola.

Manarola (Manaea dalam dialek lokal) adalah sebuah desa yang terletak di Provinsi La Spezia, Liguria, Italia utara. Manarola juga merupakan sebuah frazione di comune. Desa ini adalah desa terkecil kedua di wilayah Cinque Terre yang merupakan tujuan wisata populer.

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Roda besar yang mungkin menjadi asal usul nama tempat ini.

Manarola mungkin merupakan desa tertua di Cinque Terre; fondasi gereja San Lorenzo di tempat ini berasal dari tahun 1338. Di Manarola terdapat dialek lokal yang berbeda dari dialek-dialek di daerah sekitar. Nama "Manarola" kemungkinan berasal dari bahasa Latin, "magna rota". Dalam dialek Manarola, kata ini berubah menjadi "magna roea", yang berarti "roda besar" (mengacu kepada roda penggilingan di desa ini).

Industri tradisional utama Manarola adalah perikanan dan pembuatan wine. Wine lokal yang disebut Sciacchetrà merupakan wine yang terkenal; bahkan sumber Romawi kuno menulis tentang wine dari wilayah ini yang berkualitas tinggi. Belakangan Manarola dan desa-desa di sekitarnya menjadi tujuan wisata populer, terutama pada musim panas. Tujuan wisata yang populer meliputi jalur hiking yang terkenal di antara Manarola dan Riomaggiore (disebut Via dell'Amore, "Jalur Cinta") dan jalur hiking di perbukitan dan perkebunan wine di atas desa. Manarola juga merupakan salah satu dari lima desa di Cinque Terre. Rumah-rumahnya berwarna-warni dan menjadi subjek lukisan Antonio Discovolo (1874-1956).[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Montefinale, Gino, Portovenere et le Cinque Terre. Con Illustrazioni a colori e testi in quattro lingue (Foto Turano, Milan, 1987)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 44°06′23″N 9°43′41″E / 44.10639°N 9.72806°E / 44.10639; 9.72806