Fratrisida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Kain membunuh Habel", sebuah fratrisida yang diilustrasikan olehGustave Doré[1]).

Fratrisida (dari kata Latin frater "saudara" dan cida "pembunuh") adalah sebuah tindakan dari seseorang yang mengakibatkan pembunuhan terhadap saudaranya.

Konsep terkait adalah sorosida (pembunuhan saudari), homosida anak-anak (pembunuhan anak-anak yang tidak sedarah), infantisida (pembunuhan anak di bawah satu tahun), filisida (pembunuhan anak sendiri), patrisida (pembunuhan ayah), matrisida (pembunuhan ibu), maritisida (pembunuhan suami) dan uksorisida (pembunuhan istri). Lihat pula siblisida (pembunuhan seorang individual yang masih bayi oleh seorang kerabat dekatnya, saudara kandung atau tiri).

Agama dan mitologi[sunting | sunting sumber]

Menurut kisah Kain dan Habel, fratrisida adalah jenis pembunuhan pertama yang dilakukan. Dalam mitologi Romawi kuno, sebuah kota dibentuk sebagai hasil dari sebuah fratrisida, ketika Romulus menjadi raja Roma pertama setelah membunuh saudaranya.[2]

Mahabharata dan Ramayana[sunting | sunting sumber]

Dalam epik Hindu Mahābhārata, Karna dibunuh oleh Arjuna yang tidak mengetahui bahwa Karna adalah kakaknya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Holy Bible 21-th Century King James Version -". BibleGateway.com. Diakses tanggal 2009-04-07. 
  2. ^ The political significance of the founding fratricide is discussed at length by T.P. Wiseman, Remus: A Roman Myth (Cambridge University Press, 1995) passim.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]