Arena Nîmes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pemandangan Arena Nîmes dari luar.

Arena Nîmes adalah sebuah amfiteater Romawi yang terletak di pusat kota Nîmes, Perancis. Arena ini dibangun pada tahun 70 dan kemudian dialihfungsikan menjadi arena laga lembu pada tahun 1863. Arena Nîmes saat ini menjadi tempat diadakannya dua acara laga lembu tahunan selama Feria de Nîmes, walaupun bangunan ini juga dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain.

Bangunan yang berbentuk elips ini memiliki panjang 133 m dan lebar 101 m dari ujung ke ujung. Di dalam arena ini terdapat 34 baris kursi-kursi dan dapat menampung sekitar 24.000 penonton.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sesudah jatuhnya Kekaisaran Romawi, amfiteater ini diperkuat oleh bangsa Visigoth dan dikelilingi oleh tembok. Pada periode kekacauan yang terjadi setelah jatuhnya Kerajaan Visigoth di Hispania dan Septimania serta invasi Galia oleh Islam dan penaklukan oleh raja-raja Perancis pada pertengahan abad ke-8, Viscount Nîmes mendirikan sebuah istana yang terbentengi di dalam amfiteater ini. Pada tahun 737, setelah Charles Martel gagal merebut Narbonne, ia menghancurkan beberapa kota di Septimania dalam perjalanannya kembali ke utara, termasuk Nîmes dan amfiteaternya. Kemudian berdiri perumahan kecil di dalam arena ini lengkap dengan dua kapel dan seratus penghuni. Tujuh ratus orang hidup di dalam amfiteater ini pada puncaknya. Perumahan ini berdiri hingga abad ke-18 dan akhirnya dihancurkan karena pemerintah memutuskan untuk mengembalikan fungsi amfiteater ini seperti semula.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nimes, Gard". languedocfrance.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°50′6″LU 4°21′36″BT / 43,835°LU 4,36°BT / 43.83500; 4.36000