Paolo Veronese

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Paolo Veronese (1528 - 19 April 1588) adalah seorang pelukis Italia zaman Renaisans di Venice, yang terkenal atas lukisan-lukisannya seperti Perkawinan di Kana dan Pesta di Rumah Levi. Ia mengambil nama Paolo Cagliari atau Paolo Caliari,[1] dan belakangan menjadi dikenal sebagai "Veronese" karena kota kelahirannya di Verona.

Veronese, Titian, dan Tintoretto menjadi tiga serangkai plukis terbaik Venezia (Venice) pada masa Renaissans akhir (tahun 1500an). Veronese dikenal sebagai seorang ahli warna, dan terkenal akan dekorasi-dekorasi ilusinya baik di lukisan dinding maupun di lukisan cat minyak. Karya-karya terkenalnya adalah perputaran narasi yang diperjelas, yang dilakukannya dalam sebuah gaya Mannerisme yang dramatis dan penuh warna, penuh dengan latar belakang arsitektur yang megah dan arak-arakan yang gilang-cemerlang. Lukisan-lukisan berukuran besarnya tentang berbagai peristiwa perayaan dalam Kitab Suci yang dikerjakannya bagi beberapa ruang makan biara di Venice dan Verona sangatlah terkenal. Kesaksian singkatnya yang diberikan kepada pihak Inkuisisi seringkali dikutip karena pemahamannya yang dalam mengenai teknik lukis kontemporer.

Pesta di Rumah Levi (1573), salah satu lukisan dengan ukuran kanvas terbesar di abad ke-16. Lukisan ini menyebabkan terjadinya penyelidikan oleh Inkuisisi Katolik Roma selama masa Kontra-Reformasi.

Daftar karya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rearick, W. R.: The Art of Paolo Veronese 1528-1588, page 20. National Gallery of Art, 1988. His earliest known painting is signed "P. Caliari F.," the first known instance in which he used this surname, which he seems to have adopted, since his parents appear not to have had one.

Pranala[sunting | sunting sumber]

  • Freedberg, Sydney J. (1993). In Pelican History of Art. Painting in Italy, 1500-1600. Penguin Books Ltd. hlm. p550–60. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]