Kerkyra (kota)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerkyra
Κέρκυρα
[[Berkas:
Corfu montage. Clicking on an image in the picture causes the browser to load the appropriate article, if it exists.Pemandangan Benteng Venesia Kuno dan Kota Tua KerkyraMenara Lonceng Venesia di KerkyraTepi laut yang dilindungi Natura 2000 dari Kanoni sampai MesoggiGereja Bunda Maria MandrakinaPemandangan panorama Kota KerkyraIstana Santo Mikhael dan Santo GeorgiusSebuah jalan biasa di Kerkyra
|250x200px|Searah jarum jam dari atas: Benteng Venesia Kuno dan Kota Tua Kerkyra, dilihat dari Benteng Baru, Menara lonceng Venesia di Kerkyra, Tepi laut yang dilindungi Natura 2000 dari Kanoni sampai Mesoggi, Gereja Bunda Maria Mandrakina, Pemandangan panorama kota Kerkyra, Istana Santo Mikhael dan Santo Georgius, Sebuah jalan biasa di Kerkyra.]]
Searah jarum jam dari atas: Benteng Venesia Kuno dan Kota Tua Kerkyra, dilihat dari Benteng Baru, Menara lonceng Venesia di Kerkyra, Tepi laut yang dilindungi Natura 2000 dari Kanoni sampai Mesoggi, Gereja Bunda Maria Mandrakina, Pemandangan panorama kota Kerkyra, Istana Santo Mikhael dan Santo Georgius, Sebuah jalan biasa di Kerkyra.
Lambang Kerkyra
Lambang Kerkyra
Letak

Tak ada koordinat

Zona waktu: EET/EEST (UTC+2/3)
Pemerintah
Negara: Yunani
Periferal: Kepulauan Ionia
Kotamadya: Kerkyra Tengah dan Kepulauan Diapontia
Wali kota: Merope Hydraiou
Statistik penduduk (pada 2011[1])
Kode
Kode pos: 49100
Kode telepon: 26610
Plat kendaraan: ΚΥ
Situs web
www.corfu.gr

Kerkyra (Yunani: Κέρκυρα, translit. Kérkyra, pengucapan [ˈcercira] simak; bahasa Yunani Kuno: Κόρκυρα, translit. Kórkyra, pengucapan [kórkyra]; bahasa Yunani Pertengahan: Κορυφώ, translit. Koryfó; bahasa Latin: Corcyra) adalah sebuah kota dan bekas munisipalitas di pulau Kerkyra, Kepulauan Ionia, Yunani. Sejak reformasi pemerintahan daerah tahun 2019, kota ini bagian dari munisipalitas Kerkyra Tengah dan Kepulauan Diapontia.[2] Kota ini merupakan ibu kota munisipalitas unit regional Kerkyra. Kota ini juga berfungsi sebagai ibu kota untuk wilayah Kepulauan Ionia. Kota ini (populasi tahun 2011: 39.674 jiwa dan populasi keseluruhan pulau 111.975 jiwa) merupakan sebuah objek wisata besar dan pusat pemerintahan daerah dan berperan penting dalam sejarah Yunani sejak zaman antikuitas.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  •  Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Corfu". Encyclopædia Britannica. 7 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 145–146. 
  1. ^ "(875 KB) 2001 Census" (PDF). National Statistical Service of Greece (ΕΣΥΕ) (dalam bahasa Greek). www.statistics.gr. Diakses tanggal 2007-10-30. 
  2. ^ "Τροποποίηση του άρθρου 1 του ν. 3852/2010" [Amendment of Article 1 of l. 3852/2010] (dalam bahasa Yunani). Government Gazette. hlm. 1164. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Markah tanah di Kerkyra Templat:Situs Warisan Dunia di Yunani