Basilika San Zeno, Verona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Basilika San Zeno.

Basilica di San Zeno (juga dikenal dengan nama San Zeno Maggiore atau San Zenone) adalah sebuah basilika yang terletak di kota Verona, Italia Utara. Basilika ini dikenal akan arsitekturnya dan juga tradisi bahwa ruang bawah tanahnya merupakan tempat pernikahan Romeo dan Juliet karya Shakespeare. Basilika ini berdiri tepat di sebelah biara ordo Benediktus yang juga dipersembahkan untuk Santo Zeno dari Verona.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Santo Zeno meninggal pada tahun 380. Menurut legenda, sebuah gereja kecil didirikan oleh Theodoric yang Agung, Raja Ostrogoth, di atas makamnya di Via Gallica. Pembangunan basilika dan biara di sebelahnya dimulai pada abad ke-9. Uskup Ratoldus dan Raja Pepin dari Italia menghadiri pemindahan relik santo ke gereja baru. Gedung ini dirusak atau dihancurkan oleh invasi Magyar pada awal abad ke-10, dan pada saat itu jenazah Santo Zeno dipindah ke Katedral Santa Maria Matricolare. Pada 21 Mei 921, jenazah tersebut dikembalikan ke tempat asalnya di ruang bawah tanah gereja. Pada tahun 967, bangunan bergaya Romanesque didirikan oleh Uskup Raterius dengan dukungan dari Otto I, Kaisar Romawi Suci.

Pada 3 Januari 1117, gereja ini dan sebagian besar kota Verona hancur akibat gempa bumi; gereja ini direstorasi dan diperbesar pada tahun 1138. Pembangunannya selesai pada tahun 1398 setelah rekonstruksi atap dan apse bergaya Gothik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikimedia Commons Media yang berkaitan dengan Category:San Zeno (Verona) di Wikimedia Commons

Koordinat: 45°26′33″N 10°58′45″E / 45.44250°N 10.97917°E / 45.44250; 10.97917