Stadion Jatidiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Stadion Jatidiri adalah sebuah stadion yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Letaknya di bagian selatan Kota Semarang, tepatnya daerah Karangrejo, Kecamatan Gajahmungkur. Stadion ini merupakan markas dari kesebelasan PSIS Semarang. Kapasitasnya mencapai 21.000 orang. Selain sebuah stadion, dalam satu kompleks ini juga terdapat GOR (Gedung Olah Raga), kolam renang, dan sarana olahraga lainnya. Stadion Jatidiri dibangun pada era pemerintahan Gubernur Muhammad Ismail. Stadion ini akan direnovasi mulai bulan Februari-Maret 2006 baik pada lapangannya, tribune, pintu, dan fasilitas lain. Menurut Grand Planning dari Gubernur Mardiyanto, nantinya renovasi juga akan meliputi wisma atlet dan fasilitas pendukung kompleks demi tujuan menjadi tuan rumah PON XVIII 2012

Stadion Jatidiri sedang direnovasi untuk menjadi stadion bertaraf internasional. Yang paling ditunggu adalah peningkatan kapasitas stadion dari 21.000 kursi menjadi 60.000 kursi. Renovasi yang menghabiskan dana milliaran rupiah ini akan mengubah Jatidiri menjadi stadion besar sekali.

Selain itu Jatidiri akan menjadi stadion dengan konsep mirip dengan Gelora Bung Karno. Jatidiri akan dibangun sebagai stadion tertutup dengan atap memutar menutupi seluruh tribun. Dengan fasilitas nyaman ini diharapkan tidak adalagi penonton yang naik naik ke tiang lampu.

Renovasi Stadion Jatidiri juga akan mempehatikan potensi komersil dimana di lingkungan Stadion Jatidiri dibangun Kompleks Perkantoran dan Pertokoan. Selain itu, Stadion Jatidiri baru akan menjadi pusat event-event, seperti pertandingan sepakbola nasional maupun internasional, yang juga meningkatkan promosi pariwisata Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]