Stadion Gelora 10 November

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gelora 10 November
Gelora sepuluh nopember tambaksari.jpg
Nama lamaStadion Tambaksari (1954-1969)
LokasiSurabaya, Indonesia
PemilikPemerintah Surabaya
Kapasitas35.000 penonton
Konstruksi
Dibuka11 September 1954
Direnovasi1969, 2018
ArsitekTan Giok Tjauw

Stadion Gelora 10 November (G10N) atau Stadion Tambaksari adalah sebuah stadion multi-use yang berlokasi di Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Indonesia. Stadion kebanggaan arek - arek Suroboyo yang disebut bonek mania ini lebih sering dipergunakan untuk menggelar latihan sepak bola. Stadion berkapasitas untuk 35.000 orang ini, dulu merupakan markas dari tim besar Surabaya, Persebaya Surabaya.

Stadion ini mendadak dipilih menjadi salah satu stadion penyelenggara Babak 8 Besar Divisi Utama Liga Indonesia 2007. Hal ini terjadi karena adanya putusan perpindahan penyelenggaraan dari Stadion Brawijaya ke Stadion Gelora Delta. Pada akhirnya terjadi kekosongan tempat penyelenggaraan untuk menggelar pertandingan secara bersamaan.

Stadion ini mulanya bernama Lapangan Tambaksari. Menurut beragam literatur, Lapangan Tambaksari sudah eksis dipakai sebagai kompleks olahraga bagian dari proyek pembangunan Kota Surabaya tahun 1907-1923.

Dalam menghadapi ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) VII tahun 1969, Lapangan Tambaksari kemudian direnovasi. Saat peresmiannya namanya pun berganti menjadi Stadion Gelora 10 November.

Pada saat Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora 10 November ini pernah seorang Bonek tewas terinjak-injak Bonek lainnya yang berusaha keluar dari stadion karena terkena gas air mata polisi. Kerusuhan diakibatkan anggota polisi memukul salah seorang Bonek yang akan mengambil spanduk di sentelban lapangan.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]