Stadion Gelora Bumi Kartini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Stadion Gelora Bumi Kartini
GBK Jepara
Gelora Bumi Kartini
Lokasi
Lokasi Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
Konstruksi
Dibuka 2008
Biaya pembuatan 12 miliar Rupiah
Data teknik
Permukaan Rumput Bermuda
Kapasitas
25.000 kursi[butuh rujukan]
Ukuran lapangan
105 x 68 m
Pemakai
Persijap Jepara (2008—kini)
Gerbang Stadion GBK Jepara
Komplek GBK Jepara
Lapangan GBK Jepara

Stadion Gelora Bumi Kartini merupakan stadion multi-fungsi yang terletak di Jepara, Jawa Tengah. Stadion ini dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola dan merupakan markas dari Persijap Jepara. Sebelumnya, Persijap Jepara menggunakan Stadion Kamal Djunaedi sebagai tempat menyelenggarakan pertandingan kandangnya. Stadion ini memiliki kapasitas 25.000 tempat duduk. Di stadion ini, terdapat simbol kejayaan Kerajaan Kalinyamat di bidang maritim yang dilambangkan dengan atap tribun utama yang berbentuk kapal.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Tribun[sunting | sunting sumber]

Di stadion ini, terdapat simbol kejayaan Kerajaan Kalinyamat di bidang maritim yang dilambangkan dengan atap tribun utama yang berbentuk kapal.

Warna[sunting | sunting sumber]

Warna biru laut dipilih untuk warna Stadion Gelora Bumi Kartini, dikarenakan Jepara merupakan Kota Pelabuhan yang tidak bisa dilepaskan dengan kelautan yang telah berlangsung sejak zaman Kerajaan Kalingga hingga Kerajaan Kalinyamat. Selain hal itu, Jepara terkenal akan Angkatan Lautnya pada zaman Ratu Kalinyamat, yang berhasil mengusir Portugis dari Malaka. Jepara pun terkenal sebagai Pabrik Kapal terkemuka pada zaman Kalinyamat, tetapi karena adanya pemusatan pabrik kapal di Surabaya, maka pabrik kapal sulit ditemukan.

Pengembangan Oleh Pemkab Jepara[sunting | sunting sumber]

Stadion Gelora Bumi Kartini rencananya tidak hanya tempat Sepak bola, Stadion komplek Gelora Bumi Kartini akan di kembangkan menjadi tempat wisata alternatif, yaitu:

  • Taman Hutan Kota

Untuk Taman Hutan Kota Pemkab Jepara telah membangun Taman Hutan Kota di komplek stadion.

  • Museum Persijap

yaitu membangun ruangan seperti ruangan kantor Banaspati dan Jetman, tetapi didalamnya di isi dengan benda-benda bersejarah perjalanan Persijap yaitu Piala-piala yang diperoleh Persijap, Koleksi Baju Jersey dari tahun-ketahun.

  • Fitness Center

yaitu membangun ruangan seperti ruangan kantor Banaspati dan Jetman, tetapi didalamnya di isi dengan alat-alat olahraga. Warga diperbolehkan ketempat fitness dengan tarif berlaku.

  • Skatepark

yaitu membangun skatepark di komplek stadion untuk pemuda-pemudi bermain Skateboard, Sepaturoda, BMX, dll.

  • Air Mancur Menari (Tugu Kendi)

yaitu menjadikan memasang air mancur yang bisa menari dan memasang lampu yang mewarnai kolam di depan stadion yang terdapat tugu kendi.

  • Pusat Kuliner

yaitu memindahkan PKL dari alun-alun Jepara ke komplek Stadion Gelora Bumi Kartini, dengan ditata seperti di belakang SCJ (Shopping Centre Jepara)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]