Said Agil Husin Al Munawar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Said Agil Husin Al Munawar
Said Agil.jpg
Menteri Agama Republik Indonesia 21
Masa jabatan
9 Agustus 2001 – 21 Oktober 2004
PresidenMegawati Soekarnoputri
PendahuluTolchah Hasan
PenggantiMuhammad Maftuh Basyuni
Informasi pribadi
Lahir26 Januari 1954 (umur 68)
Indonesia Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Alma materUniversitas Islam Madinah, Universitas Umm Al-Qura

Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, M.A. (lahir 26 Januari 1954) adalah seorang pengajar dan mantan Menteri Agama Indonesia. Ia menjabat sebagai Menteri Agama pada Kabinet Gotong Royong (2001-2004).

Sekarang ia adalah dosen di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Penggalian di komplek Prasasti Batutulis[sunting | sunting sumber]

Pada awal Agustus 2002, ia menyuruh orang melakukan penggalian di komplek prasasti Batutulis. Ia meyakini, konon berdasarkan petunjuk dalam mimpi, bahwa di bawah prasasti tersebut tersimpan emas harta karun peninggalan zaman Prabu Siliwangi yang dapat digunakan untuk membayar seluruh hutang negara sebesar hampir Rp 1.500 triliun atau setara dengan 10.000 truk emas batangan. Protes dari kalangan arkeologi tidak ditanggapi. Setelah dilakukan penggalian selama dua minggu dibawah pengawasan Agil, penggalian dihentikan dan hanya menghasilkan jejak galian tanah sepanjang 5m, lebar 1m, dan kedalaman 2m tanpa secuil logam pun apalagi emas.

Setelah berita penggalian itu menyebar, demonstrasi dan kecaman datang dari masyarakat luas dan menghendaki Agil untuk mengundurkan diri dan posisi menteri. Namun, Agil tetap bertahan pada posisinya hingga berakhir masa tugasnya.

Kasus korupsi[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Februari 2006, ia divonis hukuman 5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena dinyatakan terbukti melakukan korupsi dana Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan Dana Abadi Umat (DAU) pada tahun 2002-2004. Penyelewengan BPIH Munawar mencapai Rp. 35,7 miliar, sedangkan DAU yang diselewengkan berjumlah Rp 240,22 miliar.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
Drs. KH Muhammad Tolchah Hasan
Menteri Agama Indonesia
2001–2004
Diteruskan oleh:
Muhammad Mahtuh Basyuni
  1. ^ (Indonesia) "Divonis Lima Tahun, Said Agil Banding" Diarsipkan 2006-03-09 di Wayback Machine., KOMPAS, 8 Februari 2006