Gereja Katolik di Greenland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reproduksi abad ke-21 dari gereja Thjodhild, dengan Tunulliarfik Fjord di latar belakang (kemudian disebut Eriksfjord), dianggap sebagai gereja dan kapel pertama di Amerika

Gereja Katolik di Greenland adalah bagian dari Gereja Katolik di seluruh dunia, di bawah kepemimpinan spiritual dari Paus di Roma. Ada sangat sedikit umat Katolik di wilayah Protestan yang sangat banyak ini. Ada 50 umat Katolik terdaftar dan hanya sekitar 4 umat Katolik asli Greenland dari populasi 57.000.[1] Mereka adalah bagian dari satu-satunya paroki Katolik di Greenland, di Nuuk, ibu kota pulau tersebut.[2] Seluruh pulau berada di bawah yurisdiksi Keuskupan Kopenhagen, Denmark.

Agama Katolik diperkenalkan ke Greenland pada abad ke-11 dengan bantuan Raja Norwegia, mendirikan gereja pertama di Amerika, dan setelah banyak usaha, penduduk Greenland menerima seorang uskup. Gereja berkembang pesat dengan koloni Norse yang mencapai puncaknya pada abad ke-14, dan memiliki hubungan aktif dengan Skandinavia dan benua Eropa; gereja juga berpartisipasi dalam penjelajahan Eropa di Amerika. Pengabaian koloni sekitar tahun 1450 mengakhiri kehadiran gereja di Greenland dan Reformasi Protestan di Denmark secara efektif menutup Greenland dari kehadiran Katolik sampai abad ke-20, ketika kebebasan beragama dideklarasikan dan Katolik permanen kecil kehadiran dibangun kembali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Patricia Lefevere. "paroki Katolik unik pendeta greenland". Reporter Katolik Nasional. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-02. Diakses tanggal 2011-03-03. 
  2. ^ Patricia Lefevere (12 September 2007). "Kardinal McCarrick Mendesak Menyelamatkan Planet". Kantor Berita Zenit. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-27. Diakses tanggal 2011-03-24.