Aliran Buddhis awal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta geografis utama pusat-pusat mazhab-mazhab Buddhis Sektarian di India. Sarvāstivāda (merah), Theravada (jingga), Mahāsāṃghika (kuning), Pudgalavāda (hijau), Dharmaguptaka (abu-abu).

Aliran Buddhis awal, disebut juga Buddhisme sektarian,[1][2] adalah aliran-aliran yang merupakan perpecahan awal saṅgha monastik Buddhis, awalnya karena perbedaan-perbedaan dalam vinaya dan kemudian juga karena perbedaan-perbedaan doktrin dan pemisahan geografis dari para kelompok biarawan. Saṅgha awalnya terpecah menjadi aliran-aliran awal pertama (umumnya diyakini menjadi Sthavira nikāya dan Mahāsāṃghika) cukup lama setelah wafatnya Buddha Gautama, semasa atau setalah masa pemerintahan Asoka.[3] Aliran Buddhis awal merupakan istilah yang merujuk kepada aliran-aliran Buddhisme setelah terpecahnya Buddhisme prasektarian. Kemudian, aliran-aliran awal pertama ini terbagi menjadi divisi lebih lanjut seperti Sarvāstivādin dan Dharmaguptaka, dan berakhir dengan jumlah, secara tradisional, sekitar 18 atau 20 aliran.[4]

Teks suci yang digunakan bersama oleh aliran-aliran awal ini sering disebut Teks Buddhis Awal (Early Buddhist Text atau EBT), dan kumpulan teks ini merupakan sumber penting untuk memahami persamaan dan perbedaan doktrinal mereka.

Perkembangan dalam sejarah[sunting | sunting sumber]

Sidang Buddhis Pertama[sunting | sunting sumber]

Menurut kitab suci (Cullavagga XI.1 dst), tiga bulan setelah parinibbana Buddha Gautama, sidang pertama diadakan di Rajagaha oleh beberapa siswanya yang telah mencapai tingkat arahat. Pada saat ini, tradisi Theravāda menyatakan bahwa tidak ada pertentangan tentang apa yang diajarkan Buddha; ajarannya dibagi menjadi beberapa bagian dan masing-masing ditugaskan kepada seorang sesepuh dan para siswanya untuk mengulangi apa yang pernah dikhotbahkan Buddha.

Catatan-catatan mengenai sidang ini dalam naskah suci berbagai aliran berbeda dengan apa yang sebenarnya dibacakan kembali di sana. Purāṇa tercatat mengatakan: "Yang Mulia, yang dirapal dengan baik oleh para sesepuh adalah Dhamma dan Vinaya, tetapi dengan cara itu saya mendengarnya di hadirat Sang Bhagavā, yang saya terima dalam hadiratnya, dengan cara yang sama saya akan mengingatnya." [Vinaya-pitaka: Cullavagga XI:1:11].

Beberapa sarjana menyangkal bahwa sidang pertama benar-benar pernah berlangsung.[5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nakamura, Hajime (1989). Indian Buddhism. Motilal Banarsidass. 
  2. ^ Hirakawa (1990). History of Indian Buddhism. 1. Hawai'i University Press. 
  3. ^ Cox, Collett (1995). Disputed Dharmas - early Buddhist theories on existence: an annotated translation of the section on factors dissociated from thought from Saṅghabhadra's Nyāyānusāra. Studia philologica Buddhica Monograph series (edisi ke-1. publ). Tokyo: International Inst. for Buddhist Studies. hlm. 23. ISBN 978-4-906267-36-1. 
  4. ^ Thích-Nhất-Hạnh (2015). The heart of the Buddha's teaching: transforming suffering into peace, joy & liberation: the four noble truths, the noble eightfold path, and other basic Buddhist teachings. New York: Harmony Books. hlm. 16. ISBN 978-0-7679-0369-1. 
  5. ^ Hoiberg, Dale; Indu Ramchandani. "Early Buddhist schools" entry in Students' Britannica India, p. 264. Popular Prakashan, 2000. ISBN 0-85229-760-2.
  6. ^ Williams, Mahayana Buddhism, Routledge, 1989, page 6

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Buswell, Robert E.; Lopez, Donald S. (2013), The Princeton Dictionary of Buddhism, Princeton University Press 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]