Khandha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dalam Fenomenologi dan soteriologi Agama Buddha, lima skandha (Sanskrit) atau khandha (Pali) adalah lima "kelompok" yang menggolongkan semua kejadian individu, yang oleh karenanya tidak ada "inti" yang dapat ditemukan.

Pada tradisi Theravada, Penderitaan timbul ketika seseorang mengenalinya dengan atau dengan kata lain kemelekatan akan suatu kelompok; oleh karena itu penderitaan padam dengan melepaskan keterikatan terhadap kelompok-kelompok. Tradisi Mahayana lebih lanjut menegaskan bahwa kebebasan sepenuhnya dicapai dengan pemahaman sepenuhnya hakikat sifat kehampaan akan seluruh kelompok-kelompok.

Di luar dari konteks pengajaran Agama Buddha, "skandha" dapat berarti massa, tumpukan, timbunan, ikatan atau batang pohon.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Thanissaro (2002). Lihat pula, sebagai contoh, Thanissaro (2005) di mana khandha juga diterjemahkan sebagai "massa" dalam kalimat dukkhakkhandha (yang diterjmahkan oleh Thanissaro sebagai "massa stress") dan Thanissaro (1998) di mana khandha diterjemahkan sebagai "kelompok" tetapi dalam istilah kumpulan akan Jalan Utama Berunsur Delapan ke dalam kategori kebajikan (silakkhandha), konsentrasi (samadhikkhandha) dan kebijaksanaan (pannakkhandha).