Wajrapani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lukisan dinding India bodhisatwa Vajrapāṇi di Gua Ajanta

Wajrapani (dari bahasa Sanskerta: wajra, "halilintar" atau "intan" dan pāṇi, harfiah: "menggenggam") adalah salah satu bodhisatwa awal dalam aliran Buddha Mahayana. Dia adalah pelindung dan pemandu Buddha, dan muncul sebagai lambang kekuatan Buddha.

Wajrapani secara luas diwakili dalam ikonografi Buddha sebagai salah satu dari tiga dewa pelindung yang mengelilingi Buddha. Masing-masing melambangkan satu kebajikan Sang Buddha: Manjusri (manifestasi dari semua kebijaksanaan Buddha), Awalokiteswara (manifestasi dari semua kasih sayang Buddha) dan Wajrapani (manifestasi dari semua kekuatan Buddha serta kekuatan dari semua lima Tathagata).

Lebih jauh, Wajrapani adalah salah satu Dharmapala awal, dan satu-satunya tokoh dewata Buddha yang disebut dalam Kitab Pali, dipuja di kuil Shaolin, Buddhisme Tibet, dan Buddhisme Ranah Murni (dikenal sebagai Mahasthamaprapta dan sebagai salah satu trinitas bersama Amitabha dan Awalokiteswara). Manifestasi dari Vajrapani juga dapat ditemukan di banyak kuil Buddha di Jepang sebagai pelindung Dharma disebut Nio. Vajrapani juga terkait dengan Acala yang dihormati sebagai Fudo Myo-di Jepang yang dipuja sebagai pemegang Wajra.[1]

Wajrapani di sini berbeda dari pembawa wajra yang disebut dalam Weda sebagai Dewa Indra,raja dari para dewa dan dewa yang paling banyak disebutkan dalam semua kitab suci India.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The gods of northern Buddhism". Wisdom Library.