Pudgalavāda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pudgalavāda (Sanskrit; Pali: Puggalavāda; Indonesia: "Personalisme"; Inggris: "Personalism"; Hanzi: 補特伽羅論者; Pinyin: Bǔtèjiāluō Lùnzhě) adalah salah satu kelompok umat aliran Buddhis awal yang meyakini bahwa meskipun tidak ada ātman, terdapat pudgala (pribadi) atau sattva (makhluk) yang bukan merupakan fenomena yang terkondisi maupun yang tidak terkondisi.[1] Istilah "Pudgalavāda" juga merujuk kepada sekelompok aliran Buddhisme Nikāya (dikenal sebagai Vātsīputrīya) yang muncul dari Sthavira nikāya.[2] Aliran ini diyakini didirikan oleh sesepuh Vātsīputra pada abad ke-3 SM.[2] Mereka adalah aliran yang sangat berpengaruh di India dan menjadi sangat populer pada masa pemerintahan kaisar Harshavadana (606–647 M). Adik perempuan Harsha, Rajyasri, dikatakan bergabung dengan aliran ini sebagai seorang biksuni.[3] Menurut Dan Lusthaus, mereka adalah "salah satu aliran Buddha arus utama yang paling populer di India selama lebih dari seribu tahun."[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Williams, Paul, Buddhism: The early Buddhist schools and doctrinal history ; Theravāda doctrine, Volume 2, Taylor & Francis, 2005, p. 86.
  2. ^ a b Williams, Paul, Buddhism: The early Buddhist schools and doctrinal history ; Theravāda doctrine, Volume 2, Taylor & Francis, 2005, p. 86.
  3. ^ Dutt, Nalinaksha, Buddhist Sects in India, p. 181.
  4. ^ William Edelglass  (Editor), Jay Garfield (Editor), Buddhist Philosophy: Essential Readings 1st Edition. Oxford University Press, 2009, p. 276.