Bhāṇaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bhāṇaka (Pali: tukang deklamasi) adalah biksu Buddha yang berspesialisasi dalam menghafal dan melafalkan kumpulan teks tertentu dalam kanon Buddha. Silsilah para bhāṇaka bertanggung jawab untuk memelihara dan mentransmisikan ajaran Buddha hingga kanon dibuat untuk ditulis pada abad ke-1 SM, dan menurun karena transmisi lisan dari agama Buddha awal digantikan dengan tulisan.

Era Buddha awal[sunting | sunting sumber]

Konsensus akademik dan tradisi Buddha menyatakan bahwa semua tradisi Buddha awalnya melestarikan teks mereka melalui transmisi lisan – bukti penting dari hal ini termasuk struktur dan ciri khas teks Buddha awal, tidak adanya peraturan Vinaya yang mengatur dengan bahan tulisan dan tulisan, dan istilah-istilah yang berasal dari praktik mendengarkan dan pembacaan yang digunakan untuk menjelaskan ajaran Buddha dan tindakan awal dari Sangha.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Norman, Kenneth Roy (2012). A Philological Approach to Buddhism: The Bukkyō Dendō Kyōkai Lectures 1994 (dalam bahasa Inggris). Berkeley: The Institute of Buddhist Studies. hlm. 41–56. ISBN 978-0-7286-0276-2.