Thaana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Thaana (Tāna)
Dhivehiscript.svg
Jenis aksara
Abugida
tanpa vokal yang inheren
Bahasa Bahasa Divehi
Silsilah
  • Thaana (Tāna)
ISO 15924 Thaa, 170
Arah penulisan Right-to-left
Nama Unicode
Thaana
U+0780–U+07BF

Thaana, Taana atau Tāna ( ތާނަ dalam aksara Tāna) adalah sistem penulisan modern untuk bahasa Divehi yang dituturkan di Maladewa. Thaana memiliki karakteristik baik abugida (diakritik) maupun alfabet (semua huruf vokal ditulis), dengan konsonan yang diturunkan dari konsonan asli dan angka Arab, dan vokal yang diturunkan dari diakritik vokal dari abjad Arab. Ortografi ini sebagian besar fonemis.

Aksara Thaana pertama kali muncul dalam dokumen Maladewa menjelang awal abad ke-18 dalam bentuk awal kasar yang dikenal sebagai Gabulhi Thaana yang ditulis secara scriptio continua (tanpa spasi). Aksara awal ini perlahan-lahan berkembang, karakter-karakternya yang dimiringkan 45 derajat, menjadi lebih anggun dan spasi ditambahkan di antara kata. Seiring berjalannya waktu, aksara ini secara bertahap menggantikan aksara Divehi Akuru yang lebih tua. Sampel tertulis tertua dari aksara Thaana ditemikan di pulau Kanditheemu di Northern Miladhunmadulu Atoll. Hal ini tertulis di tiang pintu pada Hukuru Miskiy (Masjid Jumat) di pulau tersebut dan tertanggal 1008 H (1599 M) dan 1020 H (1611 H) ketika atap bangunan dibangun dan diperbarui masing masing selama pemerintahan Ibrahim Kalaafaan (Sultan Ibrahim III) dan Hussain Faamuladeyri Kilege (Sultan Hussain II).

Thaana, seperti Arab, ditulis dari kanan ke kiri. Hal ini menunjukkan vokal dengan tanda diakritik berasal dari bahasa Arab. Setiap huruf harus membawa baik vokal atau sukun (yang menunjukkan "huruf mati"). Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah nūnu yang ketika ditulis tanpa diakritik, menunjukkan pranasalisasi dari stop tersebut.

Vokal atau tanda diakritik disebut fili dalam bahasa Divehi; ada lima fili untuk vokal pendek (a, i, u, e, o), di mana dua yang pertama terlihat identik dengan harakat Arab (fatha dan kasra) dan yang ketiga (damma) terlihat agak mirip. Vokal panjang (ā, ē, ī, ō and ū) dilambangkan dengan dua kali fili (kecuali ō, yang merupakan modifikasi dari obofili pendek).

Huruf alifu tidak memiliki bunyi sendiri dan digunakan untuk tiga tujuan yang berbeda: Dapat digunakan sebagai pembawa vokal tanpa konsonan sebelumnya, yaitu vokal pada awal kata atau bagian kedua diftong; ketika dipasangkan dengan sukun, menunjukkan geminasi (pemanjangan) pada konsonan sebelumnya; dan jika alifu + sukun berada di akhir kata, menunjukkan bahwa kata tersebut berakhir berbunyi /eh/.

Huruf[sunting | sunting sumber]

Konsonan[sunting | sunting sumber]

Nama haa shaviyani noonu raa baa lhaviyani kaafu alifu vaavu meemu faafu dhaalu
Huruf ހ ށ ނ ރ ބ ޅ ކ އ ވ މ ފ ދ
Transliterasi/IPA h /h/ sh /ʂ/ n /n̪/ r /ɾ/ b /b/ lh /ɭ/ k /k/ bervariasi v /ʋ/ m /m/ f /f/ dh /d̪/
Nama thaa laamu gaafu gnaviyani seenu daviyani zaviyani taviyani yaa paviyani javiyani chaviyani
Huruf ތ ލ ގ ޏ ސ ޑ ޒ ޓ ޔ ޕ ޖ ޗ
Transliterasi/IPA th /t̪/ l /l/ g /g/ gn /ɲ/ s /s̺/ d /ɖ/ z /z̺/ t /ʈ/ y /j/ p /p/ j /dʒ/ ch /tʃ/

Konsonan untuk bunyi bahasa Arab[sunting | sunting sumber]

Nama ttaa hhaa khaa thaalu zaa1 sheenu saadhu daadhu to zo aïnu ghaïnu qaafu waavu
Huruf ޘ ޙ ޚ ޛ ޜ ޝ ޞ ޟ ޠ ޡ ޢ ޣ ޤ ޥ
Transliterasi/IPA /θ/ /ħ/ kh /x/ /ð/ ż /z/ š /ʃ/ /sˤ/ /dˤ/ /tˤ/ /zˤ/ /ʕ/ gh /ɣ/ q /q/ w /w/

^1 Juga dapat digunakan untuk bunyi bahasa Inggris /ʒ/.

Vokal[sunting | sunting sumber]

Huruf Nama Transliterasi/IPA
އަ abafili a /a/
އާ‎ aabaafili aa /a:/
އި‎ ibifili i /i/
އީ eebeefili ee /i:/
އު ubufili u /u/
އޫ ooboofili oo /u:/
Huruf Nama Transliterasi/IPA
އެ ebefili e /e/
އޭ eybeyfili ey /e:/
އޮ obofili o /o/
އޯ oeboefili oe /o:/
އް sukun konsonan mati

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Bell, H. C. P. The Maldive islands. Monograph on the History, Archaeology and Epigraphy. Reprint 1940 edn. Male' 1986.
  • H. C. P. Bell, The Maldive Islands, An account of the physical features, History, Inhabitants, Productions and Trade. Colombo 1883, ISBN 81-206-1222-1
  • Bell, H. C. P. Excerpta Maldiviana. Reprint 1922-1935 edition New Delhi 1998.
  • Divehi Bahuge Qawaaaid. Vols 1 to 5. Ministry of Education. Male' 1978.
  • Divehīnge Tarika. Divehīnge Bas. Divehibahāi Tārikhah Khidumaykurā Qaumī Majlis. Male’ 2000.
  • Gair, James W. & Cain, Bruce D. (1996), "Divehi Writing" in Peter T. Daniels & William Bright, ed., The World's Writing Systems, New York: Oxford University Press, pp. 564–568. ISBN 0-19-507993-0.
  • Xavier Romero-Frias, The Maldive Islanders, A Study of the Popular Culture of an Ancient Ocean Kingdom. ISBN 84-7254-801-5
  • Geiger, Wilhelm. Maldivian Linguistic Studies. Reprint 1919 edn. Novelty Press. Male’ 1986.
  • Ager, Simon. "Thaana (Maldivian) script". Omniglot, writing systems & languages of the world. Diakses tanggal 2006-09-12. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]