Aksara Siprus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siprus
Jenis aksara
Silabis
BahasaYunani Arkadia-Siprus, Eteosiprus
Periode
Abad ke-11 hingga ke-4 SM
Arah penulisanKanan ke kiri
Aksara terkait
Silsilah
ISO 15924
ISO 15924Cprt, 403 Sunting ini di Wikidata, ​Silabaris Cypriot
Pengkodean Unicode
Nama Unicode
Cypriot
U+10800–U+1083F
 Artikel ini mengandung transkripsi fonetik dalam Alfabet Fonetik Internasional (IPA). Untuk bantuan dalam membaca simbol IPA, lihat Bantuan:IPA. Untuk penjelasan perbedaan [ ], / / dan  , Lihat IPA § Tanda kurung dan delimitasi transkripsi.

Aksara Siprus adalah aksara silabis yang pernah digunakan di Pulau Siprus pada Zaman Besi dari abad ke-11 hingga ke-4 SM. Setelah itu aksara ini digantikan oleh aksara Yunani. Pelopor perubahan ini adalah Raja Evagoras dari Salamis.

Bahasa ini merupakan turunan dari aksara Siprus-Minoa yang berasal dari aksara Linear A.[1] Sebagian besar teks yang menggunakan aksara ini ditulis dalam bahasa Yunani dialek Arkadosiprus, tetapi sebuah inskripsi yang ditulis dalam bahasa Yunani dan Eteosiprus juga telah ditemukan di Amathus.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Struktur aksara Siprus sangat mirip dengan Linear B karena keduanya memiliki asal usul yang sama dan digunakan untuk menulis bahasa yang sama pula (walaupun dialeknya berbeda).[1] Aksara Siprus terdiri dari 56 tanda.[2] Setiap tanda biasanya mengacu kepada suatu suku kata. Oleh sebab itu, aksara ini tergolong sebagai aksara silabis.[3] Karena setiap tanda merupakan suku kata terbuka, aksara ini juga dianggap sebagai aksara silabis 'terbuka'.[2]

-a -e -i -o -u
𐠀 𐠁 𐠂 𐠃 𐠄
w- 𐠲 𐠳 𐠴 𐠵
z- 𐠼 𐠿
j- 𐠅 𐠆 𐠈
k-, g-, kh- 𐠊 𐠋 𐠌 𐠍 𐠎
l- 𐠏 𐠐 𐠑 𐠒 𐠓
m- 𐠔 𐠕 𐠖 𐠗 𐠘
n- 𐠙 𐠚 𐠛 𐠜 𐠝
ks- 𐠷 𐠸
p-, b-, ph- 𐠞 𐠟 𐠠 𐠡 𐠢
r- 𐠣 𐠤 𐠥 𐠦 𐠧
s- 𐠨 𐠩 𐠪 𐠫 𐠬
t-, d-, th- 𐠭 𐠮 𐠯 𐠰 𐠱

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Chadwick, John (1987). Linear B and related Scripts. Berkeley and Los Angeles: University of California Press. 
  2. ^ a b Robinson, Andrew (2002). Lost Languages. New York City: BCA. 
  3. ^ Mitford, T. B.; Masson, Olivier Masson (1982). Boardman, John; Hammond, N. G. L., ed. The Expansion of the Greek World, Eighth to Sixth Centuries B.C. Cambridge University Press. doi:10.1017/CHOL9780521234474.005.