Sejarah alfabet Yunani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mangkuk tembikar sosok-hitam dengan dua pegangan bertuliskan dua baris alfabet, terlihat huruf-huruf baru ΥΧ[Φ]Ψ, dan ΥΧΦΨΩ
Dedikasi dalam alfabet Boeotian. Kantharos Boeotian hitam, 450–425 SM

Sejarah alfabet Yunani dimulai dengan mengadopsi dari bentuk alfabet Fenisia yang berlanjut hingga hari ini. Alfabet Yunani untuk postdates Linear B berasal dari aksara suku kata yang telah digunakan untuk menulis dalam peradaban Yunani Mycenae selama beberapa abad. Artikel ini fokus pada periode awal, sebelum kodifikasi standar alfabet Yunani yang ada seperti sekarang.

Alfabet Fenisia secara konsisten eksplisit hanya tentang konsonan, meskipun pada abad ke-9 SM telah dikembangkan matres lectionis untuk menunjukkan beberapa alfabet vokal.[1] Pengaturan ini kurang cocok untuk bahasa Yunani daripada untuk Bahasa Semit, dan "matres lectionis" ini, serta beberapa huruf Fenisia yang mewakili konsonan yang tidak ada dalam bahasa Yunani, diadaptasi sesuai dengan prinsip acrophony untuk mewakili vokal Yunani secara konsisten, jika tidak jelas atau bermakna ambigu.

Alfabet Yunani dikembangkan oleh orang Yunani dari tulisan Fenisia kontemporer, yang dengan cepat diekspor kembali ke wilayah timur yaitu ke Frigia, di mana naskah serupa dibuat. Selain itu diekspor juga ke wilayah barat Euboea atau kepada para pedagang di Yunani Barat, di mana orang-orang Etruskan mengadaptasi alfabet Yunani ke dalam bahasa mereka sendiri, yang akhirnya mengarah ke alfabet Latin.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ M. O'Connor, Epigraphic Semitic Scripts, in Daniels and Bright, The World's Writing Systems, 1996

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Bernal, Martin (1990), Cadmean Letters: The Transmission of the Alphabet to the Aegean and Further West Before 1400 BC, Eisenbrauns, ISBN 0-931464-47-1 
  • Peter T Daniels and William Bright, The World's Writing Systems, Oxford University Press, 1996, ISBN 0-19-507993-0, especially Section 21 "Transmission of the Phoenician Script to the West" (Pierre Swiggers) and Section 22 "The Greek Alphabet" (Leslie Threatte).
  • Lilian Hamilton "Anne" Jeffery, The local scripts of archaic Greece: a study of the origin of the Greek alphabet and its development from the eighth to the fifth centuries B.C., Oxford, 1961, ISBN 0-19-814061-4. The standard reference.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]