Alfabet Etruria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alfabet Etruria
Abecedarium Marsiliana
Jenis aksara
Alfabet
BahasaEtruria
Periode
abad ke-8 hingga abad ke-1 SM
Aksara terkait
Silsilah
Aksara turunan
Alfabet Latin, Alfabet Rune
Aksara kerabat
Alfabet Anatolia
 Artikel ini mengandung transkripsi fonetik dalam Alfabet Fonetik Internasional (IPA). Untuk bantuan dalam membaca simbol IPA, lihat Bantuan:IPA. Untuk penjelasan perbedaan [ ], / / dan  , Lihat IPA § Tanda kurung dan delimitasi transkripsi.

Alfabet Etruria atau Etruska adalah alfabet yang digunakan oleh Bangsa Etruria, peradaban kuno yang pernah ada di bagian tengah dan utara Semenanjung Italia, untuk menulis bahasanya, kira-kira mulai pada tahun 700 SM hingga 100 M.

Alfabet Etruria diturunkan dari aksara Euboia, aksara yang digunakan di koloni-koloni Yunani Euboia di bagian selatan Semenanjung Italia, yang diklasifikasikan sebagai Alfabet Yunani Barat. Beberapa Alfabet Italik Kuno, termasuk Alfabet Latin, diturunkan dari aksara ini.

Asal[sunting | sunting sumber]

Alfabet Etruria merupakan adaptasi dari Alfabet Euboia yang digunakan oleh Bangsa Yunani Euboia di koloni Semenanjung Italia, pulau Ischia, dan kota Cumae di Campania.[1] di variasi alfabet Yunani barat kuno, X berbunyi [ks], Ψ berbunyi [kʰ]; sedangkan di alfabet Etruria: X = [s], Ψ = [kʰ] atau [kχ] (Rix 202–209).

Abecedarium (prasasti) Etruria paling awal diketahui terukir pada tablet lilin di gading, berukuran 8.8×5 sentimeter, ditemukan di Marsiliana (dekat Grosseto, Toskana), yang kira-kira berasal dari tahun 700 SM, dan tercantum 26 huruf yang sesuai dengan bentuk kontemporer dari alfabet Yunani, termasuk digama, san, dan Kopa, namun bukan omega yang belum ada pada saat itu.

Huruf[sunting | sunting sumber]

Model Abjad Fenisia
Alfabet Yunani Kuno Barat
Bunyi di Alfabet Yunani Kuno [a] [b] [g] [d] [e] [w] [zd] [h] [] [i] [k] [l] [m] [n] [ks] [o] [p] [s] [k] [r] [s] [t] [u] [ks] [] []
Blok Unicode Alfabet Italik Kuno 𐌀 𐌁 𐌂 𐌃 𐌄 𐌅 𐌆 𐌇 𐌈 𐌉 𐌊 𐌋 𐌌 𐌍 𐌎 𐌏 𐌐 𐌑 𐌒 𐌓 𐌔 𐌕 𐌖 𐌗 𐌘 𐌙 𐌚
Alfabet Etruria Kuno (tablet Marsiliana)
Alfabet Etruria Baru
Transkripsi a c e v z h θ i k l m n p ś q r s t u φ χ f
pengucapan yang paling mirip a k e v ts h th i k l m n p sh k r s t u ph kh f

Bentuk huruf Etruria Kuno dan Etruria Baru memiliki beberapa varian, digunakan di tempat yang berbeda dan/atau pada zaman yang berbeda.Di atas merupakan glif dari blok Unicode Alfabet Italik Kuno, yang penampilannya akan bergantung pada font yang digunakan oleh browser. Ini berorientasi sebagaimana mereka akan berada dalam garis yang ditulis dari kiri ke kanan. Juga ditampilkan gambar SVG dari varian yang ditampilkan seperti yang akan ditulis dari kanan ke kiri, seperti di sebagian besar inskripsi sebenarnya.[2][3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Benelli, Enrico (2017). "Alphabets and language". Dalam Naso, Alessandro. Etruscology. Berlin, Germany: Walter de Gruyter. hlm. 245–253. ISBN 978-1934078495. 
  2. ^ Giuliano Bonfante (1983). The Etruscan language. Manchester: Manchester University Press. hlm. 64. ISBN 0719009022. OCLC 610734784. OL 19629507M. 
  3. ^ Herbert Alexander Stützer (1992). Die Etrusker und ihre Welt. Köln: DuMont. hlm. 12. ISBN 3770131282. LCCN 94191271. OCLC 611534598. OL 1198388M.