Glif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Berbagai glif mewakili huruf "a"; mereka allographs dari grafem "a"

Dalam tipografi, sebuah glif (glyph) merupakan unsur simbol dalam suatu set simbol yang telah disetujui, dimaksudkan untuk mewakili karakter yang dapat dibaca untuk keperluan menulis. Glif dianggap sebagai tanda unik yang secara kolektif dapat ditambahkan pada ejaan kata atau berkontribusi untuk menemukan makna dari apa yang tertulis, di mana artinya tergantung pada penggunaan budaya dan sosial. Sebaliknya, dalam kebanyakan bahasa yang ditulis dalam berbagai bahasa Latin alphabet, titik pada huruf i bukan sebuah glif karena tidak menyampaikan perbedaan apapun, dan i di mana titiknya sengaja dihilangkan masih mungkin dikenali dengan benar. Namun, dalam bahasa Turki tanda titik di atas huruf i itu adalah sebuah glif karena dalam bahasa itu ada dua versi yang berbeda dari huruf i, dengan dan tanpa titik. Juga, aksara silabis bahasa Jepang, jumlah karakter yang terdiri dari satu atau lebih tanda terpisah, tapi secara umum ini tanda terpisah ini bukan glif karena mereka tidak memiliki makna kalau dipisahkan. Namun, dalam beberapa kasus, tanda tambahan memenuhi peran diakritik, untuk membedakan karakter yang berbeda. Tambahan seperti itu merupakan glif. Secara umum, tanda diakritik adalah sebuah glif, bahkan jika itu bersebelahan dengan karakter sisanya seperti cedilla dalam bahasa Perancis, ogonek dalam beberapa bahasa, atau stroke dalam bahasa Polandia "Ł". Suatu glif membentuk aksara dalam sistem-sistem penulisan.

Beberapa karakter seperti "æ" dalam bahasa Islan dan "ß" dalam bahasa Jerman dapat dianggap sebagai glif, namun mereka awalnya ligatures, tapi dari waktu ke waktu telah menjadi karakter sendiri, dan bahasa-bahasa ini memperlakukan mereka sebagai huruf terpisah. Namun, pengikat seperti "ſi", yang dipelihara dalam beberapa tipografi sebagai satu unit, bisa dibilang bukan sebuah glif karena ini hanya permainan bentuk huruf, pada dasarnya adalah fitur allographic, dan mencakup lebih dari satu grafem. Dalam tulisan tangan normal, bahkan kata-kata panjang sering ditulis "tersambung", di mana pena tidak pernah diangkat meninggalkan kertas, dan bentuk dari masing-masing huruf yang ditulis akan sering bervariasi tergantung pada huruf yang mendahului dan mengikutinya, tapi itu tidak membuat seluruh kata menjadi satu glyph.

Dua atau lebih glif yang memiliki makna sama, apakah digunakan secara bergantian atau dipilih tergantung pada konteks, disebut allographs satu sama lain.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah ini digunakan dalam bahasa Inggris sejak tahun 1727, dipinjam dari kata glyphe (digunakan dalam sastra antik Perancis sejak tahun 1701), dari bahasa Yunani γλυφή, glyphē, "ukiran," dan kata kerja γλύφειν, glýphein, "mengukir, memahat" (kognat dengan bahasa Latin glubere "mengupas" dan bahasa Inggris cleave; "membelah").

Kata hieroglyph (bahasa Yunani untuk tulisan suci) memiliki sejarah panjang dalam bahasa Inggris, penggunaan awalnya dalam bahasa Inggris adalah dalam kamus Italia yang diterbitkan oleh John Florio pada tahun 1598, merujuk kepada karakter kompleks dan misterius dari alfabet Mesir.[1]

Aksara Maya untuk Day 10 of the tzolkin calendar

Kata glyph pertama kali datang ke tersebar luas di Eropa dengan ukiran dan litograf dari gambar-gambar Frederick Catherwood untuk glif-glif yang belum dapat diuraikan dari peradaban Maya di awal tahun 1840-an.[2]

Arkeologi[sunting | sunting sumber]

Dalam arkeologi, sebuah glif adalah ukiran atau simbol tertulis. Mungkin pictogram atau ideogram, atau bagian dari sistem penulisan seperti suku kata, atau logogram.

Tipografi[sunting | sunting sumber]

Karakter yang berdekatan ſi merupakan satu glyph

Dalam tipografi, glif mempunyai definisi yang sedikit berbeda: adalah "bentuk, desain, atau representasi dari karakter".[3] Secara khusus adalah representasi grafis, khususnya jenis huruf, dari unsur bahasa tertulis, yang bisa menjadi grafem, atau bagian dari grafem, atau kadang-kadang beberapa grafem dalam kombinasi (yang terdiri glyph[note 1]). Jika ada lebih dari satu allograph dari satuan menulis, dan pilihan antara mereka tergantung pada konteks atau pada preferensi penulis, mereka sekarang harus diperlakukan sebagai glif-glif terpisah, karena pengaturan mekanik harus tersedia untuk membedakan antara mereka dan untuk mencetak apapun yang diperlukan dari mereka. Hal yang sama berlaku dalam komputasi. Dalam komputasi serta tipografi, istilah "karakter" mengacu pada grafem atau grafem-seperti unit dari teks, seperti yang ditemukan di alam bahasa sistem penulisan (script). Dalam tipografi dan komputasi, berbagai grafem adalah lebih luas dari pada bahasa tertulis dengan cara lain juga: tipografi font yang sering harus mengatasi berbagai bahasa yang berbeda masing-masing memberikan kontribusi mereka sendiri grafem, dan itu juga mungkin diperlukan untuk mencetak simbol-simbol lainnya seperti dingbats. Rentang glif yang diperlukan meningkat sejalan kebutuhan. Secara ringkas, dalam tipografi dan komputasi, sebuah glif adalah suatu unit grafis.[4]

Grafonomika[sunting | sunting sumber]

Di graphonomics, istilah mesin terbang digunakan untuk noncharacter, yaitu berupa subcharacter atau multi karakter pola. Paling tipografi glyph yang berasal dari karakter-karakter dari huruf. Dalam tipografi setiap karakter biasanya sesuai dengan satu mesin terbang, tetapi ada pengecualian, seperti font yang digunakan untuk bahasa dengan alphabet atau kompleks, sistem tulisan, di mana salah satu karakter yang mungkin sesuai untuk beberapa mesin terbang, atau beberapa karakter untuk satu glyph.

Penggunaan lain[sunting | sunting sumber]

  • Dalam teknologi input teks mobile, Glyph adalah keluarga dari metode input teks yang didasarkan pada dekomposisi huruf menjadi bentuk-bentuk dasar.
  • Dalam role-playing game, kata glyifkadang-kadang digunakan bersama kata "rune" dalam menggambarkan gambar atau lukisan magis. Rune sering merujuk pada menempatkan gambar atas suatu objek atau seseorang untuk memberdayakan itu, sedangkan magis dalam suatu glyph tertidur dan hanya dipicu ketika glyph itu dibaca atau didekati.[riset asli?]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ For example, the sequence ſi contains two characters, but can be represented by one glyph, the two characters being combined into a single unit known as a ligature.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Home : Oxford English Dictionary". www.oed.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-02-21. 
  2. ^ "Maya". Ancientscripts.com. Diakses tanggal 6 February 2018. 
  3. ^ Ilene Strizver. "Confusing (and Frequently Misused) Type Terminology, Part 1". fonts.com. Monotype Imaging.  Tidak memiliki atau membutuhkan |url= (bantuan); Parameter |access-date= membutuhkan |url= (bantuan)
  4. ^ Ken Whistler; Mark Davis; Asmus Freytag (2008-11-11). "Characters Vs Glyphs". www.unicode.org/reports/tr17/#CharactersVsGlyphs. Unicode.  Tidak memiliki atau membutuhkan |url= (bantuan); Parameter |access-date= membutuhkan |url= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]