Aksara Osmanya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Alfabet Osmanya)

Aksara Osmanya (bahasa Somali: Cismaanya; Osmanya: Templat:Script/Osmanya), dikenal pula dengan nama Far Soomaali ("huruf Somali") dan Al-kitabah al-'usmaniyyah, adalah aksara tulisan yang biasa digunakan untuk menulis bahasa Somali. Aksara ini diciptakan antara tahun 1920 dan 1922 oleh Osman Yusuf Kenadid dari kabilah Majeerteen Darod, anak dari Sultan Yusuf Ali Kenadid dan saudara dari Sultan Ali Yusuf Kendadid dari Kesultanan Hobyo.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ketika Osmanya telah cukup diterima secara luas di Somalia serta segera setelahnya terbentuk suatu lembaga sastra, terbukti bahwa ternyata sangatlah sulit untuk menyebarluaskannya, yang terutama disebabkan adanya persaingan ketat antara penulisan arab yang telah jauh lebih lama dikenal dengan aksara somalia yang dibuat berdasarkan aksara latin oleh ahli bahasa Somalia, Shire Jama Ahmed, yang baru mulai berkembang.

Seiring tumbuhnya perasaan nasionalisme, ditambah juga karena aksara kuno asli Somalia pun telah lama punah, penyerapan bahasa penulisan yang telah dikenal secara umum untuk bahasa Somalia menjadi pokok bahasan yang penting. Setelah masa kemerdekaan, tidak banyak kemajuan yang dicapai dalam persoalan ini, dikarenakan perbedaan pendapat manakah di antara aksara arab atau latin yang selayaknya dipakai.

Pada bulan Oktober 1972, dengan mempertimbangkan mengenai kesederhanaannya, kenyataan bahwa aksara ini telah digunakan dan terbukti secara baik mampu menghasilkan semua bunyi dalam bahasa somalia, serta alat-alat dan mesin ketik yang dirancang dengan penggunaan aksara ini telah tersebar luas, pemerintah Somalia dalam hal ini presiden Mohamed Siad Barre, secara sepihak memilih untuk menggunakan aksara latin untuk penulisan di Soalia, bukannya aksara arab ataupun osmanya. Pemerintahan Barre selanjutnya meluncurkan kampanye besar-besaran guna mengukuhkannya. Hal ini pada akhirnya mengakibatkan penolakan keras untuk menggunakan aksara osmanya.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Arah baca dan penulisan aksara osmanya adalah dari kiri ke kanan. Nama-nama huruf didasarkan pada nama-nama huruf pada aksara arab, dan untuk vokal panjang uu dan ii dituliskan dengan huruf waaw dan yaa.

Huruf[sunting | sunting sumber]

Osmanya Nama Latin IPA Osmanya Nama Latin IPA Osmanya Nama Latin IPA
𐒀 alef [ʔ] 𐒁 ba b [b] 𐒂 ta t [t]
𐒃 ja j [tʃ] 𐒄 xa x [ħ] 𐒅 kha kh [χ]
𐒆 deel d [d] 𐒇 ra r [r] 𐒈 sa s [s]
𐒉 shiin sh [ʃ] 𐒊 dha dh [ɖ] 𐒋 cayn c [ʕ]
𐒌 ga g [g] 𐒍 fa f [f] 𐒎 qaaf q [ɢ]
𐒏 kaaf k [k] 𐒐 laan l [l] 𐒑 miin m [m]
𐒒 nuun n [n] 𐒓 waw w [w, ʉː, uː] 𐒔 ha h [h]
𐒕 ya y [j, iː, ɪː] 𐒖 a a [æ, ɑ] 𐒗 e e [e, ɛ]
𐒘 i i [i, ɪ] 𐒙 o o [ɞ, ɔ] 𐒚 u u [ʉ, u]
𐒛 aa aa [æː, ɑː] 𐒜 ee ee [eː, ɛː] 𐒝 oo oo [ɞː, ɔː]

Angka[sunting | sunting sumber]

Digit 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Osmanya 𐒠 𐒡 𐒢 𐒣 𐒤 𐒥 𐒦 𐒧 𐒨 𐒩

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]