Aksara Kpelle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kpelle
Kpelle syllable kpee-gbee.svg
Jenis aksara
syllabary
BahasaBahasa Kpelle
Periode
1935–?
Arah penulisanKiri ke kanan
ISO 15924Kpel, 436

Aksara silabis Kpelle adalah sebuah aksara yang diciptakan pada tahun 1935 oleh Kepala Suku Gbili dari Sanoyie, Liberia. Aksara ini diciptakan untuk menulis bahasa Kpelle yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Mande dan dituturkan oleh sekitar 490.000 orang di Liberia dan sekitar 300.000 orang di Guinea pada masa itu.[1]

Aksara silabis ini terdiri dari 88 grafem dan ditulis dalam baris-baris horisontal dari kiri ke kanan. Banyak glif dalam aksara ini yang memiliki lebih dari satu bentuk.

Aksara ini pernah digunakan oleh penutur bahasa Kpelle di Liberia dan Guinea pada dasawarsa 1930-an dan awal dasawarsa 1940-an, tetapi tidak pernah menjadi aksara yang populer.[1] Aksara ini kini dianggap sebagai aksara yang gagal,[2] dan bahasa Kpelle saat ini ditulis dengan menggunakan ragam alfabet Latin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kpelle syllabary". Omniglot.com. Diakses tanggal 31 Januari 2021. 
  2. ^ Unseth, Peter. 2011. Invention of Scripts in West Africa for Ethnic Revitalization. In The Success-Failure Continuum in Language and Ethnic Identity Efforts, ed. by Joshua A. Fishman and Ofelia García, hlm. 23-32. New York: Oxford University Press.