Ktav Asyuri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ktav Ashuri)
Pirkei Avot dalam abjad Asyuri, dengan vokalisasi Babilonia menurut kebiasaan juru tulis Yahudi Yaman.

Ktav Asyuri (Ibrani: כְּתָב אַשּׁוּרִי, ktav asyurí, arti harfiah: "aksara Asyur"; juga dieja sebagai Asyurit) adalah istilah dalam bahasa Ibrani untuk menyebut cara penulisan abjad Aram yang digunakan oleh orang-orang Yahudi untuk menulis bahasa Ibrani dan Aram Yahudi Babilonia. Kadang-kadang kebiasaan ini juga disebut "abjad persegi", untuk membedakan dengan abjad Ibrani Kuno.

Dalam halakha, tefillin (filakterium) dan mezuzot (abjad tiang pintu) hanya dapat ditulis dengan cara ini.[1]

Nama[sunting | sunting sumber]

Abjad Asyuri dengan vokalisasi Tiberias

Ktav Asyuri adalah istilah yang digunakan dalam Talmud, yang kemudian dalam bahasa Ibrani untuk menyebut cara penulisan yang diturunkan dari abjad Aram dengan cara Ibrani. Istilah Ktav Asyuri mengacu terutama pada bentuk kaligrafi tradisional dari alfabet yang digunakan dalam menulis Torah.[1] Namun, istilah Asyuri sering digunakan dalam Talmud Babilonia untuk merujuk pada "abjad Ibrani modern", untuk membedakan dengan abjad Ibrani Kuno.[2]

Talmud memberikan dua pendapat mengapa naskah itu disebut Asyuri:

  1. karena orang-orang Yahudi membawa abjad Aram yang berbeda ketika mereka kembali dari pengasingan di Asyur;[3]
  2. sebagai alternatif, abjad ini diberikan di Gunung Sinai dan kemudian dilupakan dan akhirnya dihidupkan kembali, dan menerima namanya karena "me'usheret" (Ibrani: מאושרת; indah/terpuji atau resmi).[4]

Nama tersebut mencerminkan fakta bahwa abjad Ibrani yang digunakan oleh orang Yahudi (membedakan dari suatu abjad yang digunakan oleh bani Israel kuno ataupun orang-orang Samaria) yang diturunkan dari abjad Aram (Ibrani: אלפבית ארמי), dengan demikian mengacu pada "abjad Aram yang digunakan dalam kebiasaan Yudaisme",[5][6] dan terkadang disebut sebagai "abjad Asyur".

Nama ini juga berbeda dengan Libonaa (atau Liboni) untuk menyebut ke abjad Samaria, yang merupakan turunan dari abjad Ibrani Kuno. Nama ini kemungkinan besar berasal dari Lubban, yaitu aksaranya disebut sebagai "Libanian" (dari Lebanon), meskipun ada juga yang menyarankan bahwa nama itu berdasarkan dari nama Nablus.[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Contoh abjad Asyuri dengan tagin, ditulis menurut kebiasaan juru tulis Askenas pada perkamen (klaf)

Penyebutan abjad Asyuri pertama kali muncul dalam tulisan-tulisan para rabi pada periode Mishnah dan Talmud, mengacu pada abjad baku dan resmi yang digunakan dalam hal-hal yang berkaitan dengan upacara Yahudi tertentu, seperti Gulungan Kitab Taurat, Tefillin, Mezuzah, dan Lima Gulungan.[8]

Menurut Talmud, Ezra adalah orang pertama yang mengamanatkan bahwa Gulungan Kitab Taurat ditulis dalam abjad Asyur, bukan dalam abjad Ibrani Kuno yang digunakan sebelumnya dan mengizinkan Kitab Daniel disusun dalam bahasa Aram.[9] Menurut Talmud, sebelum Ezra, Taurat telah ditulis dalam abjad Ibrani Kuno (Ktav Ivri), dan Ezra mengubahnya menjadi Ktav Asyuri. Namun, ada perselisihan (dalam Talmud) apakah itu awalnya ditulis dalam Ktav Asyuri tetapi beralih ke abjad Ibrani Kuno, dan Ezra mengalihkannya kembali ke Ktav Asyuri yang asli; atau aslinya ditulis dalam abjad Ibrani Kuno dan Ezra adalah orang pertama yang mengubahnya menjadi Ktav Asyuri. Menurut pendapat terakhir, Taurat selalu ditulis dalam Ktav Asyuri.[10] Orang-orang Samaria terus menulis Taurat Samaria dalam Ktav Ivri, yang kini biasa disebut sebagai abjad Samaria.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Danby, H., ed. (1964), "Tractate Megillah 1:8", Mishnah, London: Oxford University Press, OCLC 977686730 , s.v. Megillah 1:8, p. 202 (note 20); Yadayim 4:5-6, (note 6)
  2. ^ Megillah 17a, Megillah 18a
  3. ^ Sanhedrin 22a
  4. ^ Sanhedrin 22a
  5. ^ Steiner, R.C. (1993). "Why the Aramaic Script Was Called "Assyrian" in Hebrew, Greek, and Demotic". Orientalia (dalam bahasa Inggris). 62 (2): 80. JSTOR 43076090. 
  6. ^ Cook, Stanley A. (1915). "The Significance of the Elephantine Papyri for the History of Hebrew Religion". The American Journal of Theology (dalam bahasa Inggris). University of Chicago Press. 19 (3): 348. JSTOR 3155577. 
  7. ^ James A. Montgomery, The Samaritans, the earliest Jewish sect (1907), p. 283.
  8. ^ Rich, Tracey R. "Judaism 101: Hebrew Alphabet". www.jewfaq.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-02-21. 
  9. ^ Talmud Yerusalem (Megillah 10a); Talmud Babilonia (Sanhedrin 21b [end]); cf. Soferim 1:6
  10. ^ Talmud Babilonia (Megillah 2b; Sabat 104a; Zevahim 62a; Sanhedrin 22a), Talmud Yerusalem (Megillah 10a)