Sandal episkopal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sandal kepausan emas

Sandal Episkopal, juga dikenal sebagai sandal kepausan, adalah pakaian kepausan Katolik yang dikenakan oleh uskup ketika merayakan fungsi liturgi menurut ke rubrik-rubrik pra–Vatikan II, misalnya Misa Agung Kepausan Tridentina .

Bentuknya, sandal episkopal lebih mirip loafers daripada sandals. Stoking liturgi (caligae) dikenakan di atas sandal episkopal dan menutupi sandal episkopal dan pergelangan kaki. Sandal dan stocking biasanya cocok dengan warna liturgi dari Misa. Namun, ketika rompi hitam dipakai, alas kaki kepausan tidak digunakan.

Setelah Konsili Vatikan Kedua, sandal uskup tidak lagi digunakan secara umum dan tidak disebutkan dalam rubrik Misa pasca-Vatikan II. Mereka terutama terlihat dalam bentuk Misa Tridentina yang paling khidmat.

Sandal episkopal tidak sama dengan sepatu kepausan beludru, yang digunakan kembali oleh Paus Benediktus XVI. Sandal ini berevolusi menjadi versi luar ruangan dari sandal kepausan, yang serupa dengan sandal episkopal, namun dikenakan oleh Paus di luar acara liturgi dan selalu berwarna merah.

Bentuk dan kegunaan[sunting | sunting sumber]

Sepatu uskup Swedia di Katedral Strängnäs

Berbeda dengan sandal kuno yang hanya terdiri dari sol yang diikatkan pada kaki dengan tali, sandal episkopal berbentuk sepatu rendah dan menyerupai sandal. Solnya terbuat dari kulit; bagian atasnya, umumnya dihias dengan sulaman, terbuat dari sutra atau beludru. Tidak diperlukan salib pada sandal; di Roma ini merupakan hak istimewa kepausan secara eksklusif. Hak istimewa mengenakan sandal dan caligæ (stoking liturgi) hanya dimiliki oleh uskup. Pakaian tersebut boleh dikenakan oleh abbot dan prelat lainnya hanya dengan hak istimewa dari Paus dan hanya sejauh hak istimewa tersebut diberikan. Alas kaki kepausan hanya digunakan pada Tridentin Misa Agung Kepausan dan pada acara-acara yang dilakukan pada saat yang sama, seperti pentahbisan, tetapi tidak pada kesempatan lain, seperti, misalnya, Krisma, Vesper Khidmat, dll. Oleh karena itu, dalam arti yang paling tepat, kata ini adalah rompi yang dikenakan selama Misa. Warna liturgi pada hari itu menentukan warna sandal dan stoking; namun, tidak ada stoking atau sandal hitam, karena uskup tidak menggunakan salah satu alas kaki kepausan ini pada Misa Requiem.[1]

Gaya dekorasi pada sandal uskup bergantung pada pangkat prelat:

  • Kardinal, Uskup dan Protonotaries "de numero partisipanium" menggunakan sandal dengan bahan emas galon dan sulaman;
  • Protonotaris "suprannumerarii" menggunakan sandal bergalon emas tanpa sulaman;
  • Protonotaris "ad instar partisipanium" menggunakan sandal bergalon kuning tanpa bordir.

Sandal dan stoking merupakan kebiasaan di Gereja Latin,[1] serta di beberapa gereja Oriental (Ortodoks). Misalnya, di Gereja Siro-Malankara dan Siria, para pastor tidak memakai produk kulit atau hewani di altar, mereka memakai msone.[2]

Perkembangan bentuk[sunting | sunting sumber]

Sandal ini secara substansial mempertahankan bentuk aslinya hingga abad ke-10. Kemudian tali pengikat diganti dengan tiga atau lima lidah yang mencapai pergelangan kaki, perluasan kulit bagian atas pada ujung kaki, dan diikatkan pada pergelangan kaki dengan menggunakan tali. Pada abad ke-12 bahasa-bahasa ini secara bertahap diperpendek; pada abad ke-13, sandal adalah sepatu biasa dengan belahan di atas atau di samping kaki untuk memudahkan pemakaian. Pada abad ke-16 terjadi kembalinya bentuk sandal sebelumnya; alih-alih sepatu yang tinggi, kini sepatu itu kembali menjadi penutup kaki yang rendah, seperti sandal, suatu bentuk yang dipertahankan hingga saat ini. Bahan pembuatan sandal kepausan, hingga abad ke-13, secara eksklusif kulit, kadang-kadang dilapisi dengan sutra. Sejak Abad Pertengahan kemudian, bagian atas sandal dibuat, bukan dari kulit, tetapi dari sutra, beludru, dll. Baru sekitar tahun 1400, dengan pengecualian seluruhnya terisolasi sebelumnya. contohnya, bahwa salib dapat ditemukan pada sandal. Hiasan berbentuk garpu yang sering ditemukan pada sepatu kepausan, khususnya sepatu abad ke-13, bukanlah sebuah salib, melainkan sekadar hiasan.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sandal Kepausan, c. 1517 (Stadtmuseum, Rapperswil-Jona, mantan Premonstratensian Biara Rüti, Zurich)

Sandal dan stockings termasuk dalam rompi liturgi yang didukung oleh bukti dari abad ke-5 dan ke-6. Awalnya sandal disebut campagi dan stoking disebut udones. Sepatu tersebut diberi nama 'sandalia' mungkin pada abad kedelapan hingga ke-9, dan nama ini pertama kali diterapkan pada sepatu tersebut di Utara; sebutan 'caligæ' untuk udones mulai digunakan pada abad ke-10, juga di Utara. Bentuk dan bahan asli campagi adalah sandal yang hanya menutupi ujung kaki dan tumit, dan kemungkinan besar diikat ke kaki dengan tali. Sandal ini terbuat dari kulit hitam. Stokingnya kemungkinan besar terbuat dari linen dan berwarna putih. Pada periode paling awal, campagi dan udones sama sekali bukan merupakan jubah episkopal, karena dikenakan oleh diakon. Penutup kaki ini tidak diperuntukkan khusus bagi pastor, karena dipakai sebagai tanda pembeda oleh orang-orang berpangkat tertentu, dan mungkin disalin dari buskin senator kuno S. Penggunaannya secara bertahap menjadi kebiasaan di kalangan pastor yang lebih tinggi, terutama ketika mereka muncul dalam kapasitas resmi mereka untuk perayaan Liturgi. Selama abad kedelapan dan kesembilan juga subdeacon dan acolyte Romawi mengenakan alas kaki khusus, subtalares, yang, bagaimanapun, lebih sederhana daripada campagi, dan tidak memiliki tali pengikat. Sandal dan stoking menjadi jubah episkopal khusus sekitar abad ke-10. Tampaknya sejak abad ke-12, atau setidaknya pada paruh kedua abad ke-13, pakaian tersebut tidak lagi dipakai bahkan oleh kardinal diakon di Roma. Hak istimewa memakai sandal dan caligæ pertama kali diberikan kepada seorang abbot pada tahun 757 oleh Paus Stefanus III. Namun hal ini merupakan kasus tersendiri, karena baru setelah kuartal terakhir abad ke-10, dan khususnya setelah abad ke-12, sudah menjadi kebiasaan untuk memberikan hak istimewa ini kepada kepala biara.[1] Sandal episkopal tidak ada. biasanya tidak lagi terlihat di Gereja Katolik, kecuali untuk upacara-upacara liturgi yang dirayakan menurut [[rubrik] pra-Vatikan II].

Buskin Kepausan[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi tahun 1948 tentang buskin Kepausan yang dikenakan oleh Uskup saat mempersembahkan Misa Kepausan.

Buskin kepausan, atau stoking liturgi, juga dikenal sebagai caligæ, adalah stoking yang dikenakan oleh uskup di atas stoking biasa tetapi di bawah sandal uskup. Mereka cocok dengan warna liturgi dari Misa, kecuali jika warnanya hitam. Stokingnya, terbuat dari sutra, dirajut atau dibuat dengan menjahit potongan-potongan kain sutra yang telah dipotong sesuai bentuk yang sesuai.[1]

caligæ tampaknya tidak mengalami perkembangan tertentu. Pada [Abad Pertengahan]] kemudian, kain-kain tersebut biasanya terbuat dari sutra. Penegakan paling awal sehubungan dengan caligæ peraturan warna liturgi tampaknya dilakukan di Roma, namun bahkan di sini mungkin baru pada abad ke-14.[1] Seperti halnya sandal episkopal, penggunaan stoking liturgi terutama terbatas pada pra-Vatikan II Misa Tridentin.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e
  2. ^ Kiraz, Thomas Joseph, George. "Vestments". sor.cua.edu. Diakses tanggal 12 April 2018. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Katolik