Misa Agung Kepausan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah Perayaan Misa Agung Kepausan

Misa Agung Kepausan, juga disebut Misa Agung Khidmat, adalah Misa Agung atau Pontifikal yang dirayakan oleh uskup menggunakan upacara-upacara tertentu yang ditentukan. Meskipun dalam Bahasa Inggris modern kata "kepausan" hampir secara eksklusif diasosiasikan dengan Paus, setiap uskup dapat dengan tepat disebut Paus. Dengan demikian, selebran dari Misa Agung Kepausan dapat berupa Paus, uskup mana pun, atau Prelat lainnya yang diperbolehkan mengenakan kepausan.

Istilah ini juga digunakan di kalangan Anglikan Anglo-Katolik.

Asal[sunting | sunting sumber]

Dalam Gereja awal, Misa biasanya dirayakan oleh uskup, bersama dengan imam lainnya. Dalam Ritus Romawi hal ini berkembang menjadi suatu bentuk Misa Agung yang dirayakan oleh seorang uskup yang didampingi oleh seorang diakon, subdiakon, asisten diakon,[1] turibulum, akolit dan imam lainnya, di bawah bimbingan seorang pendeta yang bertindak sebagai master upacara. Seringkali bagian-bagian tertentu yang ditugaskan kepada diakon dan subdiakon dilakukan oleh para imam. Bagian-bagian yang diucapkan dengan lantang semuanya dilantunkan, kecuali doa di kaki altar, yang sebelum reformasi Paus Pius V diucapkan dalam sakristi atau pada saat prosesi masuk, diucapkan dengan pelan oleh uskup bersama diakon dan subdiakon, sedangkan paduan suara menyanyikan Introit.

Misa Agung Kepausan secara lengkap dilaksanakan ketika uskup merayakan Misa di cathedra di gereja katedralnya sendiri, atau dengan izin takhta di keuskupan lain.[2]

Misa Rendah yang dirayakan oleh seorang uskup hampir sama dengan yang dirayakan oleh seorang imam, hanya saja uskup mengenakan maniple hanya setelah doa di kaki altar, menggunakan salam "Pax vobis" ("Damai sejahtera bagimu") daripada ucapan imam atau diakon "Dominus vobiscum" ("Tuhan jadilah bersamamu"), dan membuat tanda salib tiga kali pada pemberkatan terakhir, yang dapat diawali dengan rumusan yang diawali dengan "Sit nomen Domini benedictum" ("Terpujilah nama Tuhan").

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Canonici in habitu diaconi si opus est, eius brachia sustentantes menurut Caeremoniale episcoporum.
  2. ^  Herbermann, Charles, ed. (1913). "Misa Kepausan". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company.