Peter Martyr Vermigli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peter Martyr Vermigli
Pietro Vermigli by Hans Asper.jpg
Pietro Vermigli, karya Hans Asper, 1560[a]
Nama asal Pietro Martire Vermigli
Lahir Piero Mariano Vermigli
08 September 1499
Florence, Republik Firenze
Meninggal 12 November 1562 (umur 63)
Zürich, Kanton Zürich, Konfederasi Swiss
Kebangsaan Italia
Almamater Universitas Padua
Ordinansi 1525
Karya teologis
Era Reformasi Protestan
Tradisi atau gerakan Tradisi Reformasi
Ide terkenal Pertahanan doktrin Gereja Reformasi tentang Ekaristi

Peter Martyr Vermigli[b] (lahir 8 September 1499 – meninggal 12 November 1562 pada umur 63 tahun) adalah seorang teolog Reformasi kelahiran Italia. Karya awalnya sebagai reformator di Italia Katolik dan keputusannya untuk lari ke utara Eropa Protestan juga mempengaruhi beberapa orang Italia lainnya untuk berpindah agama dan lari. Di Inggris, ia mempengaruhi Reformasi Edwardian, termasuk pelayanan Ekaristi dari Buku Doa Umum tahun 1552. Ia dianggap menjadi otoritas atas Ekaristi di kalangan gereja-gereja Reformasi, dan menimbulkan kontroversi atas subyek tersebut melalui penulisan risalah-risalah. Loci Communes karya Vermigli, sebuah kompilasi para para pakar berisi komentar-komentar biblikalnya diisi oleh topik-topik teologi sistematis, menjadi buku pelajaran teologi Reformasi standar.

Lahir di Firenze, Vermigli masuk ordo keagamaan dan diangkat pada jabatan-jabatan berpengaruh sebagai abbas dan prior. Ia menjalin kontak dengan para pemimpin gerakan reformasi spirituali Italia, dan membaca karya-karya para teolog Protestan seperti Martin Bucer dan Ulrich Zwingli. Dengan membaca karya-karya tersebut dan mengkaji Alkitab dan Bapa-Bapa Gereja, ia menerima keyakinan Protestan tentang keselamatan dan Ekaristi. Untuk mewujudkan keputusannya dan menghindari penindasan dari Inkuisisi Roma, ia kabur dari Italia ke utara Eropa Protestan. Ia datang ke Strasbourg dimana ia mengajar Perjanjian Lama dari Alkitab di bawah bimbingan Bucer. Reformator Inggris Thomas Cranmer mengundangnya untuk memberikannya sebuah jabatan berpengaruh di Universitas Oxford dimana ia melanjutkan pengajaran tentang Alkitab. Ia juga membela keyakinan Ekaristinya melawan keyakinan Katolik terhadap transubstansiasi dalam persengketaan publik. Vermigli terpaksa meninggalkan Inggris saat kenaikan tahta Ratu Mary yang beragama Katolik. Saat pengasingan Marian, ia kembali ke Strasbourg dan bekas posisi mengajarnya. Keyakinan Vermigli terhadap Ekaristi dan predestinasi berbenturan dengan keyakinan para Lutheran utama di Strasbourg, sehingga ia ditransfer ke kota Gereja Reformasi Zürich dimana ia mengajar sampai ia meninggal pada 1562.

Kontribuysi teologi terkenal dari Vermigli adalah pembelaan terhadap doktrin Gereja Reformasi tentang Ekaristi melawan Katolik dan Lutheran. Berlawanan dengan doktrin transubstansiasi Katolik, Vermigli tak meyakini bahwa roti dan anggur berubah menjadi tubuh dan darah Kristus. Ia juga tak sepakat dengan pandangan Lutheran bahwa tubuh Kristus ada dimana-mana dan sehingga secara fisik hadir di Ekaristi. Selain itu, Vermigli mengajarkan bahwa Kristus masih berada di Surga meskipun Ia ditawarkan kepada orang-orang yang ikut serta dalam Ekaristi dan diterima oleh para orang percaya.

Vermigli mengembangkan doktrin kuat terhadap predestinasi ganda secara independen dari Yohanes Calvin. Penafsirannya adalah bahwa kehendak Allah menentukan hukuman serta keselamatan. Keyakinan Vermigli mirip namun tak identik dengan Calvin. Teologi politik Vermigli dianggap penting dalam pemukiman agama Elizabethan; ia menyediakan pembenaran teologi untuk Supremasi Kerajaan, doktrin bahwa raja dari sebuah kawasan memerintah gereja, alih-alih otoritas gerejawi manapun.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Martyr memasuki Kongregasi Lateran dari Ordo Agustinian Reguler di Fiesole pada tahnu 1514.[5] Selama delapan tahun ia belajar di Universitas Padua.[5] Martyr pernah hidup di biara St. Giovanni di Verdara.[5] Di dalam konsentrasi studinya, Martyr memperdalam pemikiran Aristoteles, Agustinus dan para penulis skolastik seperti Gregory dari Rimini dan Thomas Aquinas.[6] Martyr adalah seorang pengkhotbah publik, pendeta di Bologna, di mana ia belajar bahasa Ibrani (1530-1533), kepala biara Spoleto[[ pada tahun 1533 hingga 1536, kepala biara dari San Pietro Ad Aram di Niples pada tahun 1537 hingga [[1540].[6] Ketika martyr pergi ke Lucca ia bertekad memperkenalkan reformasi doktrin dan moral yang baik kepada biara dan jemaat.[6] Ia mendirikan sebuah akademi dengan guru yang terpandang, seperti Girolomo Zanci dan Emanuele Tremelli.[6]

Akhir hayat[sunting | sunting sumber]

Vermigli diundang ke Jenewa pada tahun 1557, dan ke Inggris kembali pada tahun 1561, tetapi ia menolak kedua undangan tersebut. Ia tetap tinggal di Zurich, Swiss, sampai wafatnya pada tanggal 12 November 1562. Sampai akhir hayatnya ia tetap membina komunikasi dengan Uskup John Jewel serta para tokoh reformasi Inggris lainnya.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kirby 2007, hlm. 235.
  2. ^ Kirby 2007, hlm. 240.
  3. ^ Taplin 2004.
  4. ^ Zuidema 2008, hlm. 14.
  5. ^ a b c (Inggris)Sinclair B. Ferguson. 1991, The New Dictionary of Theology. Inter-Varsity Press. Hlm. 706-707.
  6. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Hart
  7. ^ James 1998, hlm. 4; Steinmetz 2001, hlmn. 112–113.

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Hart, Trevor A. 2000, The Dictionary of Historical Theology. Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company.
  • Ferguson, Sinclair B. . 1991, The New Dictionary of Theology. Inter-Varsity Press.


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan, atau </ref> penutup tidak ada