Kapitel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kapitel (bahasa Inggris: chapter, bahasa Latin: capitulum) merupakan suatu badan gerejawi tertentu dalam Gereja Katolik Roma, Anglikan, dan Lutheran Nordik.

Kata ini dikatakan berasal dari bab (chapter) pada buku peraturan: adalah suatu kebiasaan berdasarkan Peraturan Santo Benediktus bahwa para rahib atau rubiah berkumpul setiap hari untuk membahas usaha/bisnis yang dikelola biara, mendengar khotbah atau pengajaran, atau menerima instruksi dari sang abbas/abdis. Karena pertemuan tersebut dimulai dengan pembacaan suatu bab (chapter) dari Peraturan, pertemuan itu sendiri dinamakan "chapter" ("kapitel" dalam bahasa Indonesia, mengikuti istilah yang sama dalam bahasa Belanda). Tempat diadakannya pertemuan tersebut dinamakan "rumah kapitel" (chapter house) atau "ruang kapitel" (chapter room).

Istilah ini kemudian diperluas penerapannya ke beragam pertemuan lain. Istilah "kapitel umum"[1][2] atau "kapitel jenderal"[3] merupakan suatu sidang umum yang dihadiri perwakilan-perwakilan dari semua biara dalam suatu ordo atau tarekat. "Kapitel Tikar"[4] adalah istilah untuk pertemuan serupa yang dihadiri perwakilan-perwakilan dari provinsi dan subkelompok dalam suatu keluarga komunitas Fransiskan. "Kapitel pengakuan"[2][5] diselenggarakan secara rutin oleh berbagai komunitas religius; pada kesempatan tersebut anggota-anggota komunitas dikoreksi sehubungan dengan pelanggaran-pelanggaran yang mereka lakukan terhadap aturan komunitasnya, atau mendakwa kesalahan mereka sendiri dan memohon penitensi karenanya (ini bukan Sakramen Pengakuan Dosa Katolik—para biarawan/biarawati biasanya dilarang mengakukan dosa yang sesungguhnya dalam kapitel pengakuan, tetapi mengakukan "ketidaksempurnaan" dan kesalahan kecil terhadap aturan komunitas). Dari pertemuan atau kapitel kebiaraan para biarawan/biarawati ini, keputusan atas suatu tindakan sehubungan dengan biara atau ordo mereka diteruskan ke dewan biarawan/biarawati lainnya yang agak serupa.

Ketika berbicara mengenai "kapitel kolegial" dan "kapitel katedral",[6] keduanya mencakup para kanon (imam) dari katedral atau gereja lainnya ("kolegial" di sini mengacu pada "kolegium" atau komunitas para kanon yang diberi kepercayaan oleh gereja). Secara umum kapitel merupakan asosiasi para klerus dari suatu gereja tertentu yang membentuk lembaga moral dan dilembagakan oleh otoritas gerejawi untuk tujuan menggalakkan perayaan liturgis, terutama melalui sarana pelayanan paduan suara. Dalam hal kapitel katedral, tujuan utamanya adalah membantu uskup dalam memimpin keuskupannya dan layanan paduan suara hanyalah tujuan sekunder.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KHK 631
  2. ^ a b Adolf Heuken (2005), "Volume IV : K-Kl", Ensiklopedi Gereja, Yayasan Cipta Loka Caraka, p. 30, ISBN 9789799722959 
  3. ^ Stefan Leks, Riwayat Hidup Santa Faustina, Penerbit Kanisius, p. 26, ISBN 9789792109443 
  4. ^ Murray Bodo; Susan Saint Sing, Fransiskus & Klara Dari Assisi, Penerbit Kanisius, p. 44, ISBN 9789792118056 
  5. ^ Joos van Vugt, Dengan Kepedulian & Kesederhanaan, Penerbit Kanisius, p. 183, ISBN 9789792110814 
  6. ^ KHK 503

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Cripps, H. W. (1937) A Practical Treatise on the Law Relating to the Church and Clergy; 8th ed. by K. M. Macmorran; pp. 127-46

Pranala luar[sunting | sunting sumber]