Theodore Beza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Beza" beralih ke halaman ini. Untuk desa di Iran, lihat Beza, Iran.
Theodore Beza
Theodore-de-Beze-2.jpg
Lahir Théodore de Bèze atau de Besze
24 Juni 1519
Vezelay, Burgundy, France
Meninggal 13 Oktober 1605 (umur 86)
Geneva, Republic of Geneva
Pekerjaan Pastor, penulis, teolog
Karya terkenal Summa totius Christianismi
Karya teologis
Tradisi atau gerakan Reformed, Calvinist
Theodore Beza

Theodore Beza (bahasa Latin: Theodorus Beza; bahasa Perancis: Théodore de Bèze atau Théodore de Besze; lahir di Vézelay, Bourgogne, Perancis, 24 Juni 1519 – meninggal di Jenewa, Swiss, 13 Oktober 1605 pada umur 86 tahun) adalah seorang teolog Kristen Protestan Perancis dan sarjana yang memainkan peran penting dalam Reformasi awal. Seorang anggota gerakan monarchomaque yang menentang monarki absolut, ia adalah murid dari Yohanes Calvin dan menghabiskan sebagian besar hidupnya tinggal di Jenewa, Swiss.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Theodore Beza lahir di Vézelay, dalam wilayah Burgundy, Perancis. Ayahnya, Pierre de Beze, royal governor Vézelay, adalah keturunan keluarga Burgundian yang terpandang; ibunya, Marie Bourdelot, terkenal karena kedermawanannya. Ayah Beza mempunyai dua saudara laki-laki; Nicholas, seorang anggota Parliament di Paris; dan Claude, seorang abbott monastery Sisterian Froimont dalam diokese Beauvais.

Nicholas, yang tidak menikah, dalam suatu kunjungan ke Vézelay sangat menyukai Theodore sehingga, dengan persetujuan orangtuanya, membawa anak itu ke Paris untuk dididik di sana. Dari Paris, Theodore dikirim ke Orléans pada bulan Desember 1528 untuk menerima pendidikan dari guru Jerman terkenal Melchior Wolmar. Ia diterima ke dalam keluarga Wolmar, dan hari peristiwa itu diperingati sebagai "hari kelahiran kedua" baginya.

Beza muda lalu mengikuti gurunya ke Bourges, karena gurunya itu diundang oleh duchess Margaret di Angoulême, saudara perempuan Francis I. Pada waktu itu, Bourges merupakan pusat gerakan Reformasi di Perancis. Pada tahun 1548 Beza menerbitkan sebuah koleksi puisi bahasa Latin, Juvenilia, yang membuatnya terkenal, dan ia dikenal luas sebagai salah seorang penulis puisi Latin terbaik pada zamannya. Para sarjana berhati-hati untuk tidak mencari-cari detail biografi dalam tulisan-tulisannya. Philip Schaff berargumen bahwa merupakan kesalahan untuk "membaca di antara baris-baris apa yang tidak pernah dimaksudkan untuk ditaruhnya di sana" atau untuk membayangkan "pelanggaran-pelanggaran yang tidak dilakukannya sekalipun dalam pikiran."[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan keagamaan
Didahului oleh:
John Calvin
Moderator of the Genevan Company of Pastors
1564–1580
Lowong
Replaced by weekly presidency
Selanjutnya dijabat oleh
Simon Goulart
Jabatan akademik
Didahului oleh:
John Calvin
Chair of theology at the Genevan Academy
1564–1599
Diteruskan oleh:
Giovanni Diodati