Basel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basel
Basle
Kolase foto kota Basel
Kolase foto kota Basel
Lambang kebesaran Basel Basle
NegaraSwiss
KantonBasel-Kota
DistrikN/A
Pemerintahan
 • EksekutifRegierungsrat
beranggotakan 7 orang
 • WalikotaRegierungspräsident/in (daftar)
Beat Jans SPS/PSS
(per Januari 2015)
 • ParlemenGrosser Rat
beranggotakan 100 orang
Luas
 • Total23,85 km2 (9,21 sq mi)
Ketinggian
261 m (856 ft)
Kode pos
4000
Kode area telepon2701
Dikelilingi olehAllschwil (BL), Hégenheim (FR-68), Binningen (BL), Birsfelden (BL), Bottmingen (BL), Huningue (FR-68), Münchenstein (BL), Muttenz (BL), Reinach (BL), Riehen (BS), Saint-Louis (FR-68), Weil am Rhein (DE-BW)
Situs webwww.bs.ch
SFSO statistics

Basel (bahasa Jerman: Basel, bahasa Prancis: Bâle, bahasa Italia: Basilea) atau Basle adalah kota terbesar ketiga di Swiss (188.000 penduduk di canton Basel-Stadt pada tahun 2004; penduduk di pemukiman sepanjang perbatasan canton, perbatasan negara dan sekitarnya yang berjumlah 690.000 membuat Basel sebagai wilayah urban terbesar kedua di Swiss pada 2003).

Terletak di barat laut Swiss di sungai Rhine, Basel berfungsi sebagai pusat industri yang besar untuk industri kimia dan perobatan. Kota ini berbatasan dengan Jerman dan Prancis.

Basel adalah kursi dari Keuskupan Pangeran Basel yang dimulai pada abad ke-11, dan bergabung dengan Konfederasi Swiss pada tahun 1501. Kota ini telah menjadi pusat komersial dan pusat budaya penting sejak Renaisans, dan telah muncul sebagai pusat kimia dan farmasi industri di abad ke-20.

Pada tahun 2019, Basel menduduki peringkat kesepuluh sebagai kota paling layak huni di dunia oleh Mercer.[2]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Basel terletak di barat laut Swiss dan umumnya dianggap sebagai ibu kota wilayah itu. Dekat dengan titik di mana perbatasan Swiss, Prancis dan Jerman bertemu, dan Basel juga memiliki pinggiran kota di Prancis dan Jerman. Pada 2016, aglomerasi Basel Swiss adalah yang terbesar ketiga di Swiss, dengan populasi 541.000[3] di 74 kota di Swiss (jumlah kota pada 2018).[4]Inisiatif Trinational Eurodistrict Basel (TEB) dari 62 komune pinggiran kota termasuk munisipalitas di negara-negara tetangga, terhitung 829.000 jiwa pada tahun 2007.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Basel dari udara, tampak tikungan di Rhine dari barat laut

Basel memiliki luas sebesar 23,91 kilometer persegi. Dari area ini, 0,95 km2 atau 4,0% digunakan untuk tujuan pertanian, sedangkan 0,88 km2 atau 3,7% adalah hutan. Dari sisa tanah, 20,67 km2 atau 86,4% adalah pemukiman (bangunan atau jalan), 1,45 km2 atau 6,1% adalah sungai atau danau.[5]

Di area yang terbangun, bangunan industri mencapai 10,2% dari total luas, perumahan dan bangunan 40,7% dan infrastruktur transportasi 24,0%. Infrastruktur listrik dan air serta daerah berkembang khusus lainnya mencakup 2,7% dari luas, sementara taman, jalur hijau, dan lapangan olahraga mencapai 8,9%. Di luar lahan berhutan, semua kawasan lahan berhutan ditutupi dengan hutan lebat. Dari lahan pertanian, 2,5% digunakan untuk menanam tanaman dan 1,3% adalah padang rumput. Semua air di kotamadya adalah air mengalir.[5]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Udara[sunting | sunting sumber]

EuroAirport Basel-Mulhouse-Freiburg dioperasikan bersama oleh dua negara, Prancis dan Swiss, meskipun bandara ini sepenuhnya terletak di wilayah Prancis. Bandara itu sendiri dibagi menjadi dua sektor arsitektur independen, satu setengah melayani sisi Perancis dan setengah lainnya melayani sisi Swiss; sebelum ke Schengen ada titik pemeriksaan imigrasi di tengah bandara sehingga orang bisa "beremigrasi" ke sisi lain bandara.

Jalan[sunting | sunting sumber]

Basel terletak di jalan raya A3.

Dalam batas kota, lima jembatan menghubungkan Greater dan Lesser Basel (hilir):

  • Schwarzwaldbrücke (dibangun 1972)
  • Wettsteinbrücke (struktur saat ini dibangun tahun 1998, jembatan asli dibangun tahun 1879)
  • Mittlere Rheinbrücke (struktur saat ini dibangun 1905, jembatan asli dibangun 1225 sebagai jembatan pertama yang melintasi Rhine)
  • Johanniterbrücke (dibangun 1967)
  • Dreirosenbrücke (dibangun 2004, jembatan asli dibangun 1935)

Kereta[sunting | sunting sumber]

Stasiun Utama Basel (Basel Bahnhof SBB) yang diakui sebagai stasiun kereta api internasional pertama di dunia.

Basel telah lama memegang peran penting sebagai hub kereta api. Tiga stasiun kereta api — jaringan Jerman, Prancis, dan Swiss — terletak di dalam kota (meskipun stasiun Swiss (Basel SBB) dan Prancis (Bâle SNCF) sebenarnya berada di kompleks yang sama, dipisahkan oleh fasilitas Bea Cukai dan Imigrasi). Basel Badischer Bahnhof berada di seberang kota. Layanan kereta api lokal Basel dipasok oleh S-Bahn Regional Basel. Kompleks kereta barang terbesar negara[6] terletak tepat di luar kota, mencakup kotamadya Muttenz dan Pratteln. Jalur kereta api ICE berkecepatan tinggi baru dari Karlsruhe ke Basel selesai pada 2008 sementara fase I jalur TGV Rhin-Rhône, dibuka pada Desember 2011, telah mengurangi waktu tempuh dari Basel ke Paris menjadi sekitar 3 jam.[7]

Pelabuhan[sunting | sunting sumber]

Basel memiliki satu-satunya pelabuhan kargo di Swiss, di mana barang-barang melewati bentangan Sungai Rhine yang dapat dilayari dan terhubung ke kapal-kapal pengarung laut di pelabuhan Rotterdam.

Transportasi publik[sunting | sunting sumber]

Trem di kota Basel

Basel memiliki jaringan transportasi umum yang luas yang melayani kota dan menghubungkan ke pinggiran kota sekitarnya, termasuk jaringan trem yang besar. Trem dan bus lokal berwarna hijau dioperasikan oleh Basler Verkehrs-Betriebe (BVB). Bus dan trem berwarna kuning dioperasikan oleh Baselland Transport (BLT), dan menghubungkan area di setengah kanton Baselland ke pusat kota Basel. BVB juga berbagi jalur bus komuter bekerja sama dengan otoritas transit di wilayah tetangga Alsace di Prancis dan wilayah Baden di Jerman. S-Bahn Regional Basel, jaringan kereta komuter yang menghubungkan ke pinggiran kota di sekitar kota, dioperasikan bersama oleh SBB, SNCF dan DB.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Basler Münster, salah satu bangunan akhir-Romawi/Gotik awal terkemuka di Upper Rhine, rusak parah dalam gempa bumi besar tahun 1356, dibangun kembali pada abad ke-14 dan ke-15, direkonstruksi secara ekstensif pada pertengahan abad ke-19 dan selanjutnya dipugar pada akhir abad ke-20.[8] Sebuah peringatan untuk Erasmus terletak di dalam Münster. Balai Kota dari abad ke-16 terletak di Alun-Alun Pasar dan didekorasi dengan lukisan dinding yang indah di dinding luar dan di pelataran dalam.

Basel juga menjadi rumah bagi berbagai bangunan oleh arsitek terkenal internasional. Ini termasuk Yayasan Beyeler oleh Renzo Piano, atau kompleks Vitra di dekat Weil am Rhein, terdiri dari bangunan oleh arsitek seperti Zaha Hadid (stasiun pemadam kebakaran), Frank Gehry (Museum Desain), Álvaro Siza Vieira (bangunan pabrik) dan Tadao Ando (Pusat konferensi). Basel juga menampilkan bangunan oleh Mario Botta (Museum Jean Tinguely dan Permukiman Bank Internasional) dan Herzog & de Meuron (yang praktik arsitekturnya di Basel, dan yang paling dikenal sebagai arsitek Tate Modern di London dan Stadion Nasional Beijing di Beijing, stadion Olympia, yang dirancang untuk digunakan selama Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2008). Kota ini menerima Penghargaan Wakker pada tahun 1996.

Museum[sunting | sunting sumber]

Museum di Basel mencakup spektrum koleksi yang luas dan beragam dengan konsentrasi tinggi pada seni rupa. Mereka menampung banyak kepemilikan penting internasional. Lebih dari tiga lusin institusi menghasilkan kepadatan museum yang luar biasa tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain dengan ukuran yang sama dan menarik lebih dari satu juta pengunjung setiap tahun.[9]

Kuliner[sunting | sunting sumber]

Ada sejumlah kuliner khas yang berasal dari Basel, termasuk kue Basler Läckerli dan permen Mässmogge. Terletak di tempat pertemuan antara Swiss, Prancis, dan Jerman, lanskap kuliner secara keseluruhan sangat bervariasi dan beragam, menjadikannya kota dengan banyak jenis restoran.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Arealstatistik Standard - Gemeindedaten nach 4 Hauptbereichen
  2. ^ "Quality of Living City Ranking | Mercer". mobilityexchange.mercer.com. Diakses tanggal 2022-03-02. 
  3. ^ Office, Federal Statistical. "Basel". www.bfs.admin.ch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-02. 
  4. ^ Statistik, Bundesamt für. "Analyseregionen". www.bfs.admin.ch (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2022-03-02. 
  5. ^ a b "Swiss Federal Statistical Office-Land Use Statistics". 
  6. ^ "Arrival by train". www.basel.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-02. 
  7. ^ "SNCF website, TGV Lyria 9218". 
  8. ^ "Basler Muenster". www.baslermuenster.ch. Diakses tanggal 2022-03-02. 
  9. ^ "A lot to see in such a small city". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]