Kereta Api Federal Swiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kereta Api Federal Swiss (SBB)
Badan usaha milik negara
IndustriTransportasi rel
Didirikan1 Januari 1902
Kantor
pusat
,
Tokoh
kunci
Vincent Ducrot, CEO
PendapatanKenaikan CHF 9,870 miliar (2021)
Kenaikan -CHF 325 juta (2021)
Total asetKenaikan CHF 52,058 miliar (2021)
Total ekuitasPenurunan CHF 12,506 miliar (2021)
Karyawan
33.943 (2021)
DivisiPenumpang, SBB Cargo, Infrastruktur, Real Estat
Situs websbb.ch/en

Kereta Api Federal Swiss (bahasa Jerman: Schweizerische Bundesbahnen, SBB, bahasa Prancis: Chemins de fer fédéraux suisses, CFF, bahasa Italia: Ferrovie federali svizzere, FFS) merupakan sebuah perusahaan kereta api nasional Swiss. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1902. SBB bermarkas di Bern, Swiss.

SBB/CFF/FFS dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah Swiss dan dibagi menjadi beberapa usaha terpisah yang mengelola infrastruktur dan mengoperasikan layanan penumpang dan angkutan.

Di Eropa, SBB menduduki peringkat pertama dalam Indeks Kinerja Kereta Api Eropa 2017 dalam intensitas penggunaan, kualitas layanan, dan kualitas keamanan.[1] Ketimbang berinvestasi ke kereta cepat, SBB lebih berinvestasi pada keandalan dan kualitas layanan jaringan kereta api konvensionalnya, baik dalam skala nasional maupun regional. SBB mengoperasikan layanan kargo dan kereta barang, melalui anak perusahaannya SBB Cargo, dan memiliki kepemilikan real estat yang besar di Swiss.

Layanan[sunting | sunting sumber]

SBB memiliki layanan berikut:[2]

  • R: Regio (Regionalzug): berhenti di semua stasiun
  • S: S-Bahn (kereta komuter): sistem angkutan cepat di wilayah dengan aglomerasi besar, dengan beberapa jalur dan layanan yang umumnya sering.
  • RE: RegioExpress: kereta lokal untuk mengakses dalam suatu wilayah.
  • IR: InterRegio: adalah tulang punggung angkutan di Swiss. Layanan ini melintasi dua atau tiga kanton, misalnya dari Jenewa, sepanjang Danau Jenewa melalui Vaud, dan sampai ke Brig di ujung jauh Valais.
  • IC: InterCity: berhenti di kota-kota besar (Jenewa, Lausanne, Fribourg, dll.). Untuk jadwal 2017–2018, SBB memberikan nomor untuk semua jalur IC dan IR.
  • ICN: InterCity Tilting Train: Mirip dengan IC, tetapi menggunakan kereta miring, bukan kereta standar/tingkat ganda. Penyebutan ICN dihentikan pada 10 Desember 2017, dengan layanan ICN sebelumnya sekarang dicap sebagai IC, tetapi masih dijalankan dengan kereta miring.

SBB juga mengoperasikan kereta EuroCity dan EuroNight internasional di Swiss, sementara Deutsche Bahn mengoperasikan layanan InterCityExpress dari, ke, dan (beberapa layanan) di negara yang melayani ke kota-kota Swiss seperti Interlaken, Bern, Basel, Zürich, dan Chur. Di bawah nama TGV Lyria, perusahaan kereta api Prancis SNCF mengoperasikan koneksi TGV ke Swiss. Lyria SAS adalah anak perusahaan SNCF dengan kepemilikan 74%, dan SBB dengan kepemilikan 26%. TGV Lyria melayani beberapa kota Swiss termasuk Jenewa, Lausanne, Basel, Zürich, Bern, dan Interlaken. Layanan ini juga menyediakan layanan ke lokasi tertentu termasuk Brig di Valais, terutama saat musim dingin untuk menyediakan koneksi bagi wisatawan khususnya yang mengunjungi tenggara pegunungan Alpen Swiss. Sambungan ini dipasarkan dengan nama TGV Lyria des Neiges.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The 2017 European Railway Performance Index". BCG Global (dalam bahasa Inggris). 2021-01-08. Diakses tanggal 2022-11-17. 
  2. ^ "SBB: Train identification". Swiss Federal Railways. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-28. Diakses tanggal 2022-11-17. 
  3. ^ "TGV Lyria Network". Lyria SAS. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]