Lausanne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemandangan Ouchy, di selatan Lausanne

Lausanne adalah sebuah kota di bagian Swiss yang berbahasa Perancis, di pesisir Danau Jenewa (Bahasa Perancis: Lac Léman), seberang Évian-les-Bains, Perancis, dan sekitar 60 km timur laut dari Jenewa. Lausanne adalah ibukota canton Vaud. Populasinya adalah 126.766 (Desember 2003). Ia terletak di tengah-tengah daerah penghasil anggur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangsa Romawi membangun sebuah kamp militer yang mereka panggil Lousanna di bekas pemukiman Celtic. Kota yang berkembang dari kamp tersebut dikuasai oleh Maison de Savoie dan Uskup Lausanne, dan kemudian oleh Berne dari 1536 hingga 1798. Pada 1803 ia menjadi ibukota canton Swiss yang baru, Vaud.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Ciri-ciri geografis terpenting di daerah yang mengelilingi Lausanne adalah Danau Jenewa, juga dipanggil Lac Léman. Pesisir utara danau ini menjulang ke sebuah hamparan datar. Lausanne dibangun di bagian hamparan ini, dengan perbedaan ketinggian sekitar 500 meter dari penghujung selatannya yang berbatasan dengan Ouchy dan penghujung utaranya berbatasan dengan Le Mont sur Lausanne. Lausanne mempunyai pemandangan danau dan Alpen yang indah.

Daerah di sekeliling Lausanne adalah daerah penghasil anggur, di sepanjang pesisir utara (bagian Swiss) danau tersebut.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Komite Olimpiade Internasional bermarkas di Lausanne. Museum Olimpiade juga terletak di sini.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]