Kereta miring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kereta api miring atau kereta miring adalah kereta api yang memiliki mekanisme yang memungkinkan peningkatan kecepatan pada jalur rel. Saat kereta (atau kendaraan lain) mengitari kurva dengan cepat, benda di dalam kereta mengalami gaya sentrifugal. Hal ini dapat menyebabkan benda tergelincir atau penumpang yang duduk merasa terjepit oleh sandaran, dan penumpang yang berdiri kehilangan keseimbangan. Kereta miring dirancang untuk mengatasi hal ini; dengan memiringkan gerbong ke arah bagian dalam kurva itu dengan mengkompensasi gaya-g. Kereta dapat dibangun sedemikian rupa sehingga gaya inersia menyebabkan kemiringan (kemiringan pasif), atau mungkin memiliki mekanisme bertenaga yang dikendalikan komputer (kemiringan aktif).[1][2]

Desain miring pasif pertama mobil dibangun di Amerika Serikat pada tahun 1937, dan versi perbaikan dibangun pada tahun 1939. Dimulai pada akhir 1960-an, British Rail memulai eksperimen dengan Kereta Penumpang Lanjutan (APT) yang memelopori konsep kemiringan aktif. Fiat mengembangkan desain Pendolino mereka menjadi jenis kereta miring yang paling sukses, dengan lebih dari 500 kereta aktif di Eropa. Konsep kemiringan aktif secara keseluruhan telah dikembangkan secara independen oleh banyak perusahaan. Sistem miring aktif banyak digunakan saat ini.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ プロトタイプの世界 - Prototype World (dalam bahasa Japanese). Japan: Kōtsū Shimbunsha. December 2005. hlm. 12–19. OCLC 170056962. 
  2. ^ "High-speed tilting train on track". BBC News. 12 December 2005. 
  3. ^ Valenti, Michael (1998). "Tilting trains shorten transit time". Mechanical Engineering. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 4, 2011. 
  4. ^ "New study shows how to eliminate motion sickness on tilting trains". Icahn School of Medicine at Mount Sinai. 4 August 2011.