Kanton Basel-Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Basel-Stadt
Lambang Kanton Basel-City
Peta Swiss menunjukkan Kanton Basel-City
Ibu kota Basel
Wilayah 37 km² (Peringkat 26th)
Titik tertinggi St. Chrischona 522 m
Jumlah penduduk (2003) 186.700 (Peringkat ke-14)
5.045 /km²
Bergabung 1501
Singkatan BS
Bahasa Jerman
Eksekutif Regierungsrat (7)
Legislatif Grosser Rat (130)
Kotamadya 3 buah
Distrik n.a.
Situs resmi www.BS.ch
Peta Kanton Basel-City

Kanton Basel-Kota (Jerman: Tentang suara ini Basel-Stadt , bahasa Perancis: Bâle-Ville, bahasa Italia: Basilea Città, bahasa Romansh: Basilea Citad) adalah salah satu dari ke-26 kanton di Swiss. Wilayahnya terbentuk dari kota Basel dan kotamadya Bettingen dan Riehen.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kanton Basel-Kota tercipta ketika kanton Basel dibagi dua pada 1833. Hasil pembagian ini adalah: Basel-Stadt [Basel (kota)] dan Basel-Landschaft [Basel (negeri)]. Pembagian ini sendiri disebabkan oleh kanton Basel-Landschaft, dan ironisnya, konstitusi Basel-Kota tidak mengakui kanton Basel-Negeri. Sebuah konstitusi baru sedang (2003) disusun untuk mengatur hal itu.

Kanton Basel-Kota bergabung dengan Konfederasi Swiss pada tahun 1501.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kanton Basel-Kota terletak di utara Swiss, berbatasan dengan Jerman dan Perancis di utara, Basel-Landschaft di selatan.

Wilayah kanton ini luasnya 37 km². Hal ini membuat Basel (kota) kanton terkecil di Swiss.

Politik[sunting | sunting sumber]

Basel-Kota adalah setengah kanton. Ini berarti bahwa kanton itu hanya mengutus satu perwakilan ke Dewan Negara. Ibu kota kanton Basel-Kota adalah kota Basel. Konstitusi kanton ini yang sekarang disusun pada 1889.

Parlemen kanton disebut Grosser Rat dengan 130 anggota yang dipilih untuk masa jabatan empat tahun. Saat ini (2006) ada 8 partai politik yang diwakili di parlemen.


Kanton Basel-Kota terkenal karena dua biskuitnya. Basler Läckerli adalah biskuit keras yang dibuat dari madu, almond, candied peel dan Kirsch dan dianggap penganan istimewa sepanjang tahun. Basler Brunsli dibuat dari almond dan umumnya dinikmati pada musim Natal di seluruh Swiss.
Paduan Suara Putra Basel adalah duta budaya yang termasyhur dari kanton ini.

Wisata[sunting | sunting sumber]

Kenyataan bahwa tiga negara kebangsaan bertemu dan menyatu di sebuah tempat dekat Basel (Dreiländereck) telah menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Tempat ini jelas diidentifikasikan dan menjadi tujuan populer bagi murid-murid sekolah dasar. Karnaval di kota ini menarik banyak pengunjung dari seluruh Swiss dan negara-negara tetangga.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk kanton ini umumnya berbahasa Jerman dan secara tradisional adalah beragama Kristen Protestan. Penduduk Katolik berkembang dengan tetap pada abad yang lalu, terutama, meskipun bukan semata-mata, karena imigrasi. Bahasa resminya adalah Jerman.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Di Basel terdapat bandara internasional di Basel-Mulhouse. Kanton ini terhubung baik dengan kereta api dan jalan raya ke seluruh Swiss dan negara-negara tetangga yaitu Perancis dan Jerman.

Basel adalah sebuah stasiun utama Swiss, yang berhubungan dengan Paris, Brussel dan Berlin dengan kereta-kereta cepat yang langsung.

Di Basel ada pelabuhan untuk kapal-kapal di Sungai Rhein. Pelabuhan ini sangat penting bagi Swiss yang tidak mempunyai jalur ke laut, karena pelabuhan ini memberikan hubungan langsung satu-satunya ke laut. Pelabuhan ini diuntungkan karena adanya jalur yang baik ke jalan kereta api dan jalan raya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]