Dewan Negara Swiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dewan Negara

Ständerat  (Jerman)
Conseil des États  (Prancis)
Consiglio degli Stati  (Italia)
Cussegl dals Stadis  (Romansh)
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Pimpinan
Wakil Presiden Pertama
Thomas Hefti, FDP/PLR
Wakil Presiden Kedua
Brigitte Häberli-Koller, Aliansi Tengah
Komposisi
Anggota46
Partai & kursi
Pemerintah (41)
  •   Aliansi Tengah 13
  •   FDP/PLR 12
  •   SP/PS 9
  •   Fraksi SVP/UDC

Oposisi (5)

Pemilihan
Pemilihan terakhir
Oktober–November 2019
Pemilihan berikutnya
2023
Tempat bersidang
Istana Federal Swiss, Bern
Situs web
http://www.parliament.ch/
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Dewan Negara (Jerman: Ständerat, Prancis: Conseil des États, bahasa Italia: Consiglio degli Stati, bahasa Romansh: Cussegl dals Stadis) adalah majelis tinggi dalam Majelis Federal Swiss, dengan Dewan Nasional sebagai majelis rendah. Dewan Negara terdiri dari 46 anggota dewan.[1]

Dua puluh kanton masing-masing diwakili oleh dua anggota dewan. Enam kanton, yang sering disebut "setengah kanton", masing-masing diwakili oleh satu anggota dewan karena alasan historis. Enam kanton tersebut adalah Obwalden, Nidwalden, Basel-Stadt, Basel-Landschaft, Appenzell Ausserrhoden, dan Appenzell Innerrhoden.[2] Para anggota dewan menjabat selama empat tahun dan dalam pemungutan suara, anggota dewan tidak terikat pada instruksi dari otoritas kanton.

Pemilihan umum[sunting | sunting sumber]

Di bawah Konstitusi Federal Swiss, cara pemilihan Dewan Negara diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing kanton, dengan ketentuan bahwa pemilihan umum tersebut harus bersifat demokratis. Seluruh kanton saat ini memilih anggota dewan melalui pemilihan umum, meskipun secara historis pada umumnya badan legislatif masing-masing kanton yang memilih perwakilan ke Dewan Negara. Namun, kelayakan untuk memilih dalam pemilihan umum sangat bervariasi, tergantung dengan hukum masing-masing kanton yang berlaku. Salah satu persyaratan layak untuk memilih yang diketahui adalah bahwa orang asing yang memenuhi syarat dapat memilih dalam pemilihan umum di Neuchâtel dan Jura,[3] dan usia minimal untuk memilih dalam pemilihan umum di Glarus adalah 16 tahun.

Di setiap kanton, kecuali Appenzell Innerrhoden, para anggota Dewan Negara dipilih bersamaan dengan para anggota Dewan Nasional dalam pemilihan umum. Di Appenzell Innerrhoden, anggota Dewan Negara dipilih oleh Majelis Rakyat (Landsgemeinde) selama bulan April sebelum dilaksanakannya pemilihan umum secara nasional.

Dengan pengecualian Kanton Neuchâtel dan Jura, yang menerapkan perwakilan proporsional, anggota Dewan Negara dipilih dengan suara terbanyak dalam satu atau dua putaran pemilihan umum.[4]

Bahasa dalam bekerja[sunting | sunting sumber]

Dalam bersidang, anggota dewan dapat memilih salah satu bahasa federal, biasanya bahasa yang paling diketahui oleh anggota dewan: Jerman, Prancis, Italia, atau Romansh.[5] Bahasa Jerman (Jerman Baku) dan Prancis adalah bahasa yang paling sering digunakan.

Komposisi kursi menurut partai[sunting | sunting sumber]

e • d 
Partai Ideologi 2003 2007 2011 2015 2019
Aliansi Tengah Demokrasi Kristen 15 15 13 13 13
FDP.Liberal (FDP/PRD) Liberalisme klasik 14 12 11 13 12
Partai Demokrasi Sosial (SPS/PSS) Demokrasi sosial 9 9 11 12 9
Partai Rakyat Swiss (SVP/UDC) Konservatisme nasional 8 7 5 5 6
Partai Hijau (GPS/PES) Politik hijau 2 2 1 5
Partai Liberal Hijau (GLP/PVL) Liberalisme hijau 1 2
Partai Demokrat Konservatif (BDP/PBD) Konservatisme / Ekonomi liberal 1 1
Independen Independen 1 1 1
Total 46 46 46 46 46

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Council of States". www.parlament.ch. Diakses tanggal 2021-11-05. 
  2. ^ "Members of the Council of States by canton". www.parlament.ch. Diakses tanggal 2021-11-05. 
  3. ^ Statistik, Bundesamt für. "Gemeinden und Kantone mit Stimm- und Wahlrecht für Ausländer". www.bfs.admin.ch (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 2021-11-05. 
  4. ^ "Elections 2015:How the elections to the Council of States are organised: process, rules and principal stages". ch.ch – A service of the Confederation, cantons and communes (official site). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-19. Diakses tanggal 9 Agustus 2016. 
  5. ^ "Fedlex". www.fedlex.admin.ch. Diakses tanggal 2021-11-05.