Persekutuan Gereja-gereja Reformed se-Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Persekutuan Gereja-gereja Reformed se-Dunia
World Communion of Reformed Churches logo.jpg
TipeKomuni
KlasifikasiProtestan
OrientasiReformed, Kalvinis
PresidenNajla Kassab
Sekretaris JenderalChris Ferguson
Kantor pusat
Didirikan2010
UmatLebih 80 juta
Situs webhttp://wcrc.ch/

Persekutuan Gereja-gereja Reformed se-Dunia (bahasa Inggris: World Communion of Reformed Churches (WCRC)) adalah suatu badan Kristen ekumenikal yang dibentuk pada bulan Juni 2010 dari penggabungan dua organisasi gereja, yaitu Aliansi Gereja-gereja Reformed se-Dunia (WARC) dan Dewan Ekumenis Gereja Reformed (REC). Dengan memiliki lebih dari 80 juta orang anggota,[1] WCRC merupakan persekutuan Kristen terbesar kelima di dunia setelah Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks Timur, Komuni Anglikan dan Persekutuan Methodist se-Dunia (WMC).[2][3][4][5][6] Badan ini mempunyai 229 denominasi anggota dari 108 negara.[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berakar pada Reformasi Gereja di abad ke-16, khususnya pengajaran teologis Yohanes Calvin, sejarah Persekutuan Gereja-gereja Reformed se-Dunia (World Communion of Reformed Churches/WCRC) secara organisatoris dapat ditelusuri ke tahun 1875, dan sepanjang kehadirannya WCRC senantiasa mempersatukan gereja-gereja. Aliansi Gereja-gereja di Seluruh Dunia Pemegang Sistem Presbiterian (“The Alliance of the Reformed Churches throughout the World holding the Presbyterian System“) dibentuk di London pada tahun 1875, mengumpulkan 21 gereja presbiterian dari Eropa dan Amerika Utara. Tahun 1891, juga di London, Dewan Jemaat Internasional (International Congregational Council) dibentuk. Pada tahun 1970 di Nairobi, Kenya, kedua organisasi ini, kongregasional dan presbiterian, bersatu sebagai Aliansi Gereja-gereja Reformed se-Dunia (World Alliance of Reformed Churches/WARC), dengan 114 gereja anggota di 70 negara yang tersebar di semua benua. Sementara itu, Dewan Ekumenis Gereja Reformed (Reformed Ecumenical Council/REC) terbentuk pada tahun 1946. Organisasi ini mengumpulkan gereja-gereja yang tidak memiliki ikatan ekumenis internasional lainnya dan berkomitmen untuk saling mendukung dalam kesatuan konfesi Reformasi. REC akhirnya memiliki 41 gereja anggota dengan 12 juta anggota di 26 negara, sebagian besar di Afrika dan Asia. Pada tahun 2010 di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat, WARC dan REC bergabung untuk mendirikan Persekutuan Gereja-gereja Reformed Sedunia (World Communion of Reformed Churches/WCRC).

Anggota[sunting | sunting sumber]

Warna merah menandai negara-negara yang menjadi asal paling sedikit satu gereja anggota WCRC

Berikut adalah daftar anggota Persekutuan Gereja-gereja Reformed se-Dunia sejak Februari 2016:[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WCRC History". World Communion of Reformed Churches. Diakses tanggal 23 March 2012. The World Alliance of Reformed Churches (WARC) and the Reformed Ecumenical Council (REC) have merged to form a new body representing more than 80 million Reformed Christians worldwide. 
  2. ^ Reformed Ecumenical Council
  3. ^ World Alliance of Reformed Churches
  4. ^ "Analysis: Damage done to Episcopal church". USA Today. 25 September 2007. Diakses tanggal 25 April 2010. 
  5. ^ Major Branches of Religions
  6. ^ The Anglican Communion Official Website—Welcome
  7. ^ wcrc.ch/our-story/
  8. ^ WCRC churches

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:World Communion of Reformed Churches