Zacharias Ursinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zacharias Ursinus
Lahir18 July 1534
Breslau, Silesia, Wilayah Mahkota Bohemia, Monarki Habsburg
(sekarang Wrocław, Poland)
Meninggal6 Mei 1583(1583-05-06) (umur 48)
Neustadt an der Weinstraße, Elektorat Pfalz di Kekaisaran Romawi Suci
(sekarang Jerman)
KebangsaanSilesia/Jerman
PekerjaanTeolog
Karya terkenalKatekismus Heidelberg

Zacharias Ursinus (18 Juli 1534 – 6 Mei 1583) adalah seorang teolog Reformed Jerman dan Reformator Protestan abad keenam belas. Ia lahir dengan nama Zacharias Baer di Breslau (sekarang Wroclaw, Polandia). Ia menjadi teolog terkemuka dari gerakan Reformed Protestan di Palatinate, melayani di Universitas Heidelberg dan Collegium Sapientiae. Ia paling dikenal sebagai penulis utama dan penafsir dari Katekismus Heidelberg.[1]

Pendidikan awal[sunting | sunting sumber]

Pada usia lima belas tahun, ia mendaftar di Universitas Wittenberg, selama tujuh tahun ke depan di asrama bersama Philipp Melanchthon, penerus dari Martin Luther. Seperti banyak sarjana muda pada masa itu, ia membuat nama Latin yang didasarkan pada nama Jermannya, Baer, yang berasal dari bahasa Latin ursus, yang berarti beruang. Melanchthon mengagumi Ursinus muda atas bakat intelektualnya dan kedewasaan spiritualnya. Ia adalah seorang anak didik seumur hidup dari dokter kekaisaran terkemuka Johannes Crato von Krafftheim, yang juga berasal dari Wroclaw. Selanjutnya, Ursinus belajar di bawah sarjana-sarjana Reformasi di Strasbourg, Basel, Lausanne, dan Jenewa. Ia mendapatkan keahlian dalam Ibrani saat tinggal di Lyon dan Orleans, serta belajar di bawah Jean Mercier di Paris.[2] Sekembalinya ke Wroclaw, ia menerbitkan sebuah pamflet mengenai sakramen, yang membangkitkan kemarahan kaum Lutheran, yang menuduhnya sebagai Reformed. Reaksi pedas dari lawan-lawan di Wroclaw berhasil mengusirnya dari kota itu ke Zurich, di mana ia berteman dengan penerus Zwingli Heinrich Bullinger dan reformator Italia Petrus Martir Vermigli.

Di Heidelberg dan Neustadt[sunting | sunting sumber]

Katekismus Heidelberg

Pada tahun 1561, atas rekomendasi Vermigli, Frederick III, Elektor Palatine, mengangkatnya sebagai profesor di Collegium Sapientiae di Heidelberg, di mana pada tahun 1562/63, setelah ditugaskan oleh Pangeran Frederick, ia memberikan rancangan awal untuk Katekismus Heidelberg dan berpartisipasi dalam revisi terakhir dokumen itu bersama para teolog dan pemimpin gereja lainnya. Caspar Olevianus (1536–1587) sebelumnya dinyatakan sebagai rekan penulis dokumen tersebut, namun teori ini sebagian besar telah dibuang oleh keilmuan modern.[3]

Kematian Elektor Frederick dan pengangkatan Ludwig IV yang Lutheran pada tahun 1576 menyebabkan Ursinus dikeluarkan karena menolak untuk menandatangani persetujuan terhadap Buku Concord Lutheran. Ia akhirnya menduduki kursi profesor di Casmirianum, sebuah akademi Reformed di Neustadt an der Weinstraße dari tahun 1578 hingga kematiannya.[4] Ia meninggal pada usia 48 tahun di Neustadt an der Weinstraße.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Karya-Karya nya diterbitkan pada tahun 1587 – 1589, dan edisi yang lebih lengkap oleh putranya dan dua muridnya, David Pareus dan Quirinius Reuter, diterbitkan pada tahun 1612. Kumpulan ceramah katekisasi Ursinus ( Het Schatboeck der verclaringhen over de Catechismus ) adalah salah satu buku pegangan teologis yang paling penting di kalangan orang Kristen Reformed abad ketujuh belas dan sangat populer di Belanda. Imigran Reformed Jerman dan Belanda di Amerika Utara merayakan warisannya — terutama perannya dalam pembuatan Katekismus Heidelberg. Ursinus College di Collegeville, Pennsylvania, adalah perguruan tinggi liberal arts yang didirikan pada tahun 1869 dengan namanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fred H. Klooster, "The Priority of Ursinus in the Composition of the Heidelberg Catechism," Controversy and Conciliation: The Reformation of the Palatinate 1559-1583, ed. Derk Visser (Allison Park, Penn.: Pickwick, 1986), 73-100.
  2. ^ Herzog, Johann Jakob; Hauck, Albert; Jackson, Samuel Macauley; Sherman, Charles Colebrook; Gilmore, George William (1912). The New Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge: Embracing Biblical, Historical, Doctrinal, and Practical Theology and Biblical, Theological, and Ecclesiastical Biography from the Earliest Times to the Present Day (dalam bahasa Inggris). Funk and Wagnalls Company. 
  3. ^ Lyle Bierma, "The Purpose and Authorship of the Heidelberg Catechism," in An Introduction to the Heidelberg Catechism: Sources, History, and Theology (Grand Rapids: Baker, 2005), 67.
  4. ^  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]