Robert Estienne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Robert Estienne, dari buku terdepan

Robert I Estienne (bahasa Prancis: [etjɛn]; 1503 – 7 September 1559), yang dikenal sebagai Robertus Stephanus dalam bahasa Latin[1] dan juga disebut sebagai Robert Stephens oleh para penulis inggris abad ke-18 dan ke-19, adalah seorang pencetak dan sarjana klasik abad ke-16 asal Paris, Prancis. Dia adalah seorang mantan Katolik yang menjadi Protestan di akhir hidupnya dan yang pertama mencetak Alkitab dengan pembagian standar nomor ayat.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tanda Robert Estienne (BEIC)
Tanda Robert Estienne (BEIC)

Robert lahir di Paris, anak kedua dari pencetak humanis yang terkenal Henri Estienne (Yang Tua). Ia berkenalan sejak dini dengan bahasa kuno. Setelah kematian Henri pada tahun 1520, perusahaan percetakan dipertahankan oleh mantan rekannya Simon de Colines yang juga menikah dengan ibu Robert, janda Estienne. Pada tahun 1526 Robert mengambil kontrol toko percetakan ayahnya sementara de Colines mendirikan perusahaan sendiri di dekatnya.[2][3]

Pada tahun 1539 Robert mengadopsi sebagai tanda perangkatnya cabang zaitun di mana bertumpangan dengan ular, dan seorang pria berdiri di bawah pohon zaitun, dengan cangkokan dari mana-cabang liar jatuh ke tanah, dengan kata-kata dari Roma 11:20, Noli altum sapere, sed ... ("Jangan berpikiran tinggi, tapi rasa takut"). Yang terakhir disebut zaitun dari keluarga Stephens.

Pada tahun 1539 ia menerima gelar khusus "Pencetak bahasa Yunani untuk raja". Tapi pengakuan resmi dan mahkota persetujuan untuk karyanya tidak bisa menyelamatkan dia dari kecaman dan oposisi tak henti-hentinya dari para ulama. Pada tahun 1550, untuk menghindari kekerasan dari para penganiaya-nya, ia pindah ke Jenewa, di mana ia mendirikan percetakannya.

Dengan gelar "royal typographer" Estienne membuat perusahaan Paris terkenal dengan banyak edisi karya-karya gramatika dan buku-buku sekolah lain (di antaranya banyak karya Melanchthon) serta karya penulis klasik dan Patristik, seperti Dio Cassius, Cicero, Sallust, Julius Caesar, Justin, Socrates Scholasticus, dan Sozomen. Banyak darinya, terutama edisi Yunani (yang dicetak dengan font yang dibuat oleh Claude Garamond), terkenal berkat keanggunan tipografi. Editiones principes yang diterbitkan dari percetakan Robert berjumlah delapan, yaitu. Eusebius dari Kaisarea (termasuk Praeparatio evangelica dan Demonstratio evangelica, serta Historia ecclesiastica) (1544-1546), Manuel Moschopulus (1545), Dionysius dari Halicarnassus (Februari 1547), Alexander dari Tralles (januari 1548), Dio Cassius (Januari 1548), Justin Martyr (1551), Xiphilinus (1551), Appian (1551). Yang terakhir ini diselesaikan setelah keberangkatan Robert dari Paris oleh saudaranya Charles dan muncul di bawah nama-nya. Edisi ini, semua dalam ukuran folio, kecuali Moschopulus, yang dalam ukuran quarto, tak tertandingi dalam kecantikannya. Robert juga mencetak berbagai edisi dari bahasa Latin klasik, di mana folio Virgil dari 1532 adalah yang paling penting. Ia mencetak dalam jumlah besar gramatika Latin dan karya pendidikan lain, banyak yang ditulis oleh Maturin Cordier, teman dan rekan kerjanya dalam bidang humanisme.

Suetonius, Kehidupan Dua Belas Caesars

Pada tahun 1532, ia menerbitkan Tesaurus linguae latinae yang luar biasa dan dua kali ia menerbitkan seluruh Alkitab Ibrani—"satu dengan Komentari dari Kimchi pada Nabi-nabi kecil, dalam 13 jilid. 4to (quarto) (Paris, 1539-43), yang lain dalam 10 jilid. 16mo (sextodecimo) (ibid. 1544-46)."[4] Kedua edisi ini jarang dijumpai.

Yang lebih penting adalah empat edisi Perjanjian Baru bahasa Yunani, 1546, 1549 1550, dan 1551, yang terakhir di Jenewa. Dua yang pertama tergolong di antara naskah-naskah Yunani paling rapi yang terkenal, yang disebut O mirificam. Edisi ketiga, karya tipografi keterampilan indah, dikenal sebagai Editio Regia. Edisi 1551 berisi terjemahan Latin dari Erasmus dan Vulgata, tidak sebaik tiga edisi lainnya, dan sangat langka. Dalam edisi ini terdapat pembagian Perjanjian Baru ke dalam ayat-ayat untuk pertama kalinya.

Sejumlah edisi Vulgata juga muncul dari percetakannya, yang pokok adalah edisi tahun 1528, 1532, 1540 (salah satu ornamen percetakannya), dan 1546. Edisi ini, terutama tahun 1546, berisi terjemahan baru di sisi Vulgata, adalah subjek kritik yang tajam dan sengit dari para sarjana.

Setelah tiba di Jenewa, ia menerbitkan sebuah pembelaan terhadap serangan dari Sorbonne. Dia menerbitkan Alkitab bahasa Prancis pada tahun 1553 dan banyak tulisan John Calvin, termasuk edisi terbaik Institutio pada tahun 1553. Edisi Alkitab bahasa Latin yang bagus dengan glosses (1556) memuat terjemahan dari Perjanjian Lama oleh Santes Pagninus dan edisi pertama edisi Latin Perjanjian Baru Theodore Beza.[5] Ia meninggal di Jenewa.

Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Tiga putra Robert, Henri, Robert, dan François, menjadi terkenal sebagai pencetak. François (b. 1540) mencetak dengan biaya sendiri di Jenewa dari 1562-1582, menerbitkan beberapa edisi Alkitab dalam bahasa Latin dan Prancis, serta beberapa karya Calvin. Penulis Prancis mengidentifikasinya dengan seorang pencetak dengan nama Estienne di Normandia, ke mana ia dianggap telah beremigrasi pada tahun 1582.

Robert Estienne Jr. (1530-1570) mulai mencetak di Paris dengan biaya sendiri pada tahun 1556, menerima gelar Typographus regius pada tahun 1563. Percetakannya sibuk dalam penerbitan dokumen sipil. Ia memegang iman Katolik dan dengan demikian memenangkan dukungan dari Charles IX. Pada tahun 1563 ia tampaknya telah sepenuhnya mendirikan kembali perusahaan ayahnya di Paris. Edisi Perjanjian Baru dari 1568-1569, cetak ulang dari edisi pertama ayahnya dan sama dalam keanggunan eksekusi, sekarang ini sangat langka.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Philippe Renouard, Répertoire des imprimeurs parisiens, Paris 1926, reprint 1965, pp. 141–143.
  2. ^ Renouard, Répertoire, p. 142.
  3. ^ "Simon de Colines". Encyclopædia Britannica. Encyclopædia Britannica Online. 2009.  |access-date= requires |url= (help)
  4. ^ M'Clintock, John and Strong, James (1880) Cyclopaedia of Biblical, Theological, and Ecclesiastical Literature. Vol. IX, s.v. "Stephens" New York: Harper & Brothers. The commentator is David Kimhi (Hebrew: דוד קמחי, also Kimchi or Qimḥi).
  5. ^ Martin, H.-J. (1982) "Le temps de Robert Estienne, in his Histoire de l'édition française, vol. 1, Paris, 1982, pp. 230–235.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Martin, Henri-Jean (1982) " Le temps de Robert Estienne ", Histoire de l'édition française, vol. 1, Paris, pp. 230-235 ISBN 2-903181-06-3
  • Schreiber, Fred (1982) The Estiennes: an annotated catalogue of 300 highlights of their various presses. New York: E. K. Schreiber

 Artikel ini memuat teks dari suatu publikasi yang sekarang berada di ranah publikJackson, Samuel Macauley, ed. (1914). "article name needed". New Schaff–Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge (edisi ke-third). London and New York: Funk and Wagnalls. 

  •  Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Estienne". Encyclopædia Britannica. 9 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 798–800. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]