Transvision: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: mengubah parameter nama di infobox Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Cnegiehkj (bicara | kontrib)
k Cnegiehkj memindahkan halaman TransVision ke Transvision dengan menimpa pengalihan lama
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 4 Juni 2021 07.17

Transvision
PT Trans Media Television
JenisLayanan televisi satelit berlangganan
SloganTransformasi Hiburan Keluarga
Negara Indonesia
KetersediaanNasional
Tanggal peluncuran7 Mei 1997 (sebagai TelkomVision)
2009 (sebagai YesTV)
23 Mei 2014 sebagai Transvision)
PemilikTrans Media
Anggota jaringanTrans TV
Trans7
CNN Indonesia
DetikCom
CNBC Indonesia
Tokoh kunciChairul Tanjung
Atiek Nur Wahyuni
Ishadi S.K.
Hengkie Liwanto
Peter F. Gontha
Situs webwww.transvision.co.id
Logo terakhir TelkomVision (26 Januari 2011-23 Mei 2014)
Logo pertama Transvision (14 Mei 2014-2 Mei 2021)

Transvision (merek dagang ditulis sebagai TransVision, sebelumnya dikenal sebagai TelkomVision) adalah perusahaan Trans Media yang bergerak di bidang layanan televisi berlangganan dengan kantor pusat yang berada di Jakarta, Indonesia. Transvision awalnya menyiarkan siarannya lewat satelit Telkom-1 (C-band) dan MEASAT-3b (Ku band).[1] Mulai tahun 2016, Transvision sepenuhnya bersiaran menggunakan satelit baru MEASAT-3b.[butuh rujukan]

Pada tahun 2017, Transvision memiliki hak siar dalam ajang sepak bola Piala Dunia 2018 Rusia, bersama Trans TV dan Trans7.[2]

Dan sejak Oktober 2019, Transvision menggandakan layanan nya sehingga di luncurkan "Transvision Nusantara HD" Melalui Satelit Telkom-4 C-band dan MEASAT-3b Ku-band dengan slogan adalah Harga Murah Paket Meriah.

Profil

Sejarah perusahaan

TelkomVision didirikan pada tanggal 7 Mei 1997 oleh empat perusahaan yaitu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), PT Telekomindo Primabhakti dan PT Datakom Asia dan kemudian terus tumbuh dan berkembang dalam bisnis siaran televisi berlangganan di Indonesia. Awalnya, perusahaan ini didirikan bukan dengan nama Indonusa Telemedia, melainkan Telemedia Indonesia.[3] Lalu, baru pada pertengahan Desember 1998 perusahaan ini baru beroperasi dengan 200 pelanggan awal.[4]

Seiring dengan perkembangan bisnis tersebut, TelkomVision mengalami beberapa kali perubahan struktur kepemilikan saham dan Telkom sebagai salah satu BUMN sekaligus perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia mencoba untuk tetap eksis menjadi pemegang saham mayoritas TelkomVision dengan kepemilikan saham sebesar 99,54 % dan sebesar 0,46% saham TelkomVision dimiliki oleh PT Multimedia Nusantara (METRA) dengan total modal ditempatkan dan disetor sebesar Rp. 647,5 Miliar posisi 31 Desember 2011.[5]

Sebagai perusahaan yang dulu mayoritas sahamnya sempat dimiliki oleh Telkom sekaligus menjadi satu-satunya TIME operator di Indonesia, TelkomVision diposisikan sebagai bisnis media dan edutainment yang merupakan bagian dalam bisnis TIME (Telecommunication, Information, Media and Edutainment) tersebut, sehingga kedepan bisnis televisi berlangganan TelkomVision akan terus dikembangan baik dari sisi program, jenis dan media layanan dengan inovasi-inovasi terbaru.

Produk layanan DTH (direct to home) prepaid (prabayar) menjadi andalan TelkomVision sekaligus pelopor bagi bisnis televisi berlangganan milik pemerintah ini sampai sekarang, dengan layanan tersebut pelanggan dimudahkan untuk memilih program dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk mengembangkan pelanggan DTH postpaid (pascabayar) TelkomVision melakukan sinergy dengan Telkom dengan meluncurkan bandling produk Speedy-YES TV dengan target market semua pelanggan Speedy Telkom dalam mengoptimalkan kerja sama sinergy Telkom Group.

Seiring tuntutan perkembangan industri yang berbasis media dan edutainment yang semakin beragam dan dinamis, mulai tanggal 26 Januari 2011, TelkomVision hadir dengan logo dan semangat baru untuk memperkuat komitmen dan posisinya sebagai penyedia layanan TV berbayar yang terbaik kepada pelanggan melalui program-programnya yang inspiratif, yang ditujukan untuk memperkaya kehidupan pelanggannya. Logo baru TelkomVision mengangkat tema menyerupai bintang yang menunjuk ke 5 arah yang melambangkan harmonisasi antara 5 elemen kehidupan, serta visi TelkomVision yang menyatukan berbagai layanan multimedia.

Pada masa mendatang, secara berkesinambungan TelkomVision berencana akan terus melakukan pengembangan produk layanan dengan tetap mengoptimalkan program sinergy dengan Telkom Group. Pada tahun 2011 telah diluncurkan produk IPTV ”Groovia TV” dan akan terus dikembangkan untuk televisi mobile, Value Added Service (VAS), dan interactive content, dengan pengembangan layanan yang berorientasi kepada konsumen, serta inovasi dan perbaikan yang berkesinambungan, TelkomVision optimis untuk bisa menjadi yang terdepan di industrinya.

Pada tahun 2013, pengusaha nasional Chairul Tanjung melalui perusahaannya yaitu Trans Corp membeli 80% saham TelkomVision, meskipun pada awalnya keputusan ini sempat ditentang oleh DPR RI.[6][7] Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat juga ikut untuk menyelesaikan penjualan salah satu aset Telkom ini dengan alasan selama dipegang oleh Telkom, TelkomVision terlihat stagnan dalam hal penghasilan meskipun memiliki prospek bagus sebagai salah satu pemain lama di bisnis televisi berlangganan.[8]

Pada tanggal 1 Mei 2014, TelkomVision berubah menjadi Transvision sejak diakuisisi kepemilikannya oleh Trans Corp melalui unit usahanya Trans Media.

Pencapaian

  • Transvision merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang jasa penyiaran TV berbayar dengan memiliki izin penyelenggara siaran berbasis Satelit. Selain menggunakan Satelit Parabola, kini TransVision juga menggunakan layanan berbasis kabel fiber dan internet dengan cakupan yang telah tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta[9], Bandung[10], Semarang[11], Surabaya[12], Denpasar[13] dan beberapa kota besar lainnya.[14] Untuk yang berbasis satelit atau DTH (direct to home) cakupan mencapai siaran seluruh wilayah Indonesia yang termasuk dalam jaringan satelit Telkom-1.[15]
  • Transvision didirikan pada tanggal 7 Mei 1997 dengan nama TelkomVision dan layanan hingga tahun 2008 telah mengalami beberapa kali perubahan baik dari susunan pengurus perseroan maupun kepemilikan saham. Perubahan tersebut terjadi seiring dinamika dan regulasi bisnis yang berkembang sangat cepat sehingga perusahaan perlu melakukan penyesuaian untuk menyongsong bisnis multimedia pada masa mendatang.
  • Pada bulan Agustus 2008, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. melalui anak perusahaannya PT Multimedia Nusantara mengambil alih saham Transvision yang pada saat itu bernama TelkomVision dari Datakom Asia sehingga komposisi kepemilikan saham TelkomVision telah seluruhnya dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
  • Transvision dalam perkembangan bisnisnya meluncurkan produk unggulannya, yaitu YesTV, TV berbayar dengan dua metode pembayaran yakni layanan prabayar dengan sistem voucher dan layanan dengan sistem abonemen atau berbayar bulanan. Sistem prabayar tersebut memungkinkan pelanggan memiliki keleluasaan menikmati tayangan berlangganan sesuai dengan pilihan dan harga tanpa harus membayar bulanan. Bagi pelanggan yang memilih untuk berlangganan dengan system abonemen dapat memilih berbagai paket basic dan paket a la carte dengan pilihan channel menarik.
  • Dengan berkembangnya industri multimedia dan jasa telekomunikasi maka Transvision yang pada saat itu bernama TelkomVision bersama Telkom Group terus mengembangkan produk baru antara lain IPTV (internet protokol television). Pengembangan produk ini merupakan wujud komitmen Transvision dalam memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat seiring kemajuan teknologi untuk menjadi pemain utama dan terbesar dalam bidang multimedia dan jasa televisi berbayar di wilayah Asia.
  • Pada tanggal 7 Mei 2012, pada yang ke-15 tahun, TelkomVision mengganti mottonya dengan Nice & Easy.
  • Pada tanggal 1 Mei 2014, TelkomVision berganti nama menjadi Transvision setelah sahamnya sepenuhnya dimiliki oleh Trans Corp dan mengganti motonya menjadi Transformasi Hiburan Keluarga.

Daftar Saluran TV

Inhouse

Nomor Saluran Nama Saluran Bahasa Saluran Kategori Saluran
1 Jendela Indonesia Info TransVision
144 Bioskop Indonesia Indonesia Film
222 Dunia Anak Indonesia Anak
255 HD Lingua Indonesia Pendidikan
311 !nsert Indonesia Hiburan
333 HD Seru! Channel Indonesia Hiburan
344 Dunia Lain Indonesia Hiburan
501 Eat & Go Indonesia Gaya Hidup
555 T-Music Indonesia Musik
556 Dangdut Nusantara Indonesia Musik
799 Khazanah Indonesia Religi
909 Historical Sports Indonesia Olahraga

Saluran Film

Nomor Saluran Nama Saluran Bahasa Saluran
100 HD FOX Movies Inggris & Indonesia
101 HD FOX Family Movies Inggris & Indonesia
102 HD FOX Action Movies Inggris & Indonesia
105 HD HBO Inggris & Indonesia
106 HD HBO Signature Inggris & Indonesia
107 HD HBO Hits Inggris & Indonesia
108 HD HBO Family Inggris & Indonesia
109 HD Cinemax Inggris & Indonesia
110 HD GALAXY Premium HD Inggris & Indonesia
111 GALAXY Inggris & Indonesia
123 HD Cinema World Bervariasi dengan subtitel Indonesia
140 HD tvN Movies Korea & Indonesia
141 Celestial Movies Mandarin & Indonesia
142 HD Star Chinese Movies Mandarin & Indonesia
143 Star Chinese Movies Legend Mandarin
145 HD IMC (Indonesia Movie) Indonesia
151 Zee Bioskop Hindi & Indonesia
161 Thrill Inggris & Indonesia

Anak

Nomor Saluran Nama saluran Bahasa Saluran
200 HD Disney Channel Inggris & Indonesia
201 Disney Junior Inggris & Indonesia
211 HD Cartoon Network Inggris & Indonesia
215 HD Boomerang Inggris & Indonesia
220 Nickelodeon Inggris & Indonesia
221 Nick Jr. Inggris & Indonesia
225 Da Vinci Inggris & Indonesia
233 BabyFirst Inggris

Saluran Edukasi

Nomor Saluran Nama Saluran Bahasa Saluran
250 HD National Geographic Inggris
251 HD Nat Geo Wild Inggris & Indonesia
260 HD History Inggris
261 HD History 2 Inggris
265 CGTN Documentary Inggris

Hiburan Barat

Nomor Saluran Nama Saluran Bahasa Saluran
300 HD FOX Inggris & Indonesia
301 HD AXN Inggris & Indonesia
302 HD FOX Life Inggris
303 HD FOX Crime Inggris
304 HD FX Inggris
305 HD Blue Ant Entertainment Inggris
313 HD Lifetime Inggris
314 HD Warner TV Inggris
335 HD KIX Inggris
336 HD Crime + Investigation Inggris
391 TV5Monde Prancis
392 ABC Australia Inggris

Hiburan Asia

Nomor Saluran Nama Saluran Bahasa Saluran
321 HD tvN Korea & Indonesia
323 HD KBS World Korea
324 HD One Korea
360 Animax Jepang & Indonesia
361 Aniplus Jepang
370 WakuWaku Japan Jepang & Indonesia
371 NHK World Premium Jepang
372 HD GEM Jepang & Indonesia
380 STAR Chinese Channel Mandarin
381 CCTV-4 Asia Mandarin

Saluran Gaya Hidup

Nomor Saluran Nama Saluran Bahasa Saluran
500 HD Nat Geo People Inggris
502 HD Asian Food Network Inggris & Indonesia
505 HD Fashion TV Inggris
506 HD TV5Monde Style Inggris

Saluran Musik

Nomor Saluran Nama Saluran Bahasa Saluran
550 MTV Live HD Inggris
560 HD Channel [V] Inggris

Saluran Berita Internasional

Nomor Saluran Nama saluran Bahasa Saluran
600 HD CNN International Inggris
601 CNBC Asia Inggris
602 Bloomberg Television Inggris
603 CNA Inggris
610 Al Jazeera English Inggris
611 DW-TV Inggris & Jerman
612 Euronews Inggris
615 France 24 Inggris
616 CGTN Inggris
617 Russia Today Inggris
618 Arirang Korea Inggris & Korea

Religi

Nomor Saluran Nama saluran Bahasa Saluran Kategori
700 Al Qur'an TV Arab Islam
701 TVMu Indonesia Islam
702 TV9 Surabaya Indonesia Islam
703 SalingSapa TV Indonesia Islam
777 U Channel Inggris Kristen
778 Pijar TV Indonesia Kristen

Saluran Nasional/Lokal

Nomor Saluran Nama saluran
800 HD Trans TV
801 HD Trans7
802 MetroTV
803 HD CNN Indonesia
805 HD CNBC Indonesia
806 tvOne
807 SCTV
808 Indosiar
809 RCTI
810 GTV
811 ANTV
812 Jak TV
813 BeritaSatu
814 Kompas TV
815 DAAI TV
816 RTV
817 MNCTV
818 TVRI
819 Bali TV
820 JTV
821 Bandung TV
822 O Channel
823 MyTV
824 NET.

Saluran Olahraga

Nomor Saluran Nama saluran Bahasa Saluran
901 HD Golf Channel Inggris
911 HD FOX Sports Inggris
912 HD FOX Sports 2 Inggris
913 HD FOX Sports 3 Inggris
916 HD Fight Sports Inggris
917 TVRI Sport Indonesia
920 HD Mola TV Free Inggris & Indonesia

Paket berlangganan

Saat ini paket berlangganan Transvision terbagi menjadi: 6 Paket Reguler dan 5 Paket Tambahan.

Paket Reguler Transvision yaitu:

  • Paket Gold+: terdiri dari 75 saluran (50 SD + 25 HD).
  • Paket Vaganza Platinum: terdiri dari 95 saluran (60 SD + 35 HD).
  • Paket Vaganza Diamond: terdiri dari 100 saluran (60 SD + 40 HD).
  • Paket Diamond+: terdiri dari 110 saluran (65 SD + 45 HD).
  • Paket NOMAT (Nonton Hemat): terdiri dari 5 paket (3 paket pilihan pelanggan berisi 15 saluran) + 55 saluran eksklusif, dengan metode pembayaran per-6 bulan atau per-12 bulan.
  • Paket HEPI

-> Saluran High Definition (HD) di Transvision merupakan saluran premium dan favorit, bukan saluran lokal dan tidak premium seperti televisi berlangganan lain.

-> Semua Paket Reguler Sudah termasuk saluran Mola TV Free (HD)

Selain paket Reguler, Transvision menyediakan 5 paket tambahan yaitu:

  • Paket HBO Vaganza: terdiri dari 4 saluran film HBO Grup dengan saluran definisi tinggi (HD)
  • Paket Blockbuster: terdiri dari 5 saluran film
  • Paket Minipack FOX Sports: terdiri dari 3 saluran Olahraga yang menggunakan nama FOX Sports
  • Paket Minipack Golf: hanya terdiri dari saluran GOLF Channel (HD)
  • Paket Minipack MVP Network : terdiri dari 3 saluran film milik Multivision Plus: Galaxy Premium, Galaxy, dan IMC (Indonesia Movie Channel).


Keterangan: harga, paket dan channel dapat berubah sewaktu-waktu.

Referensi

  1. ^ "TelkomVision on Telkom 1 at 108.0°E Channel Number". Lyngsat.com. Diakses tanggal 3 Desember 2013. 
  2. ^ "Transmedia Jadi Pemegang Hak Siar Piala Dunia 2018" (dalam bahasa Indonesian). CNN Indonesia. 15 Desember 2017. Diakses tanggal 15 Desember 2017. 
  3. ^ /Multimedia firm to start next year
  4. ^ Imagi-Nations and Borderless Television: Media, Culture and Politics Across Asia
  5. ^ "Tentang TelkomVision". Situs resmi TelkomVision. Diakses tanggal 3 Desember 2013. 
  6. ^ "Chairul Tanjung Ambil Alih TelkomVision". M.C. Aziz. Blog TVku Indo. 7 Juni 2013. Diakses tanggal 3 Desember 2013. 
  7. ^ "DPR Tidak Terima Alasan Penjualan TelkomVision". Sindo News. MNC Network. 5 November 2013. Diakses tanggal 10 November 2013. 
  8. ^ "Dahlan Lego TelkomVision ke CT Karena Terus Merugi". Kompas Gramedia Network. Tribunnews.com. 11 November 2013. Diakses tanggal 12 November 2013. 
  9. ^ TelkomVision Channel Line-up In Jakarta
  10. ^ TelkomVision Channel Line-up In Bandung
  11. ^ TelkomVision Channel Line-ip In Semarang
  12. ^ TelkomVision Channel Line-up In Surabaya
  13. ^ TelkomVision Channel Line-up In Bali
  14. ^ TelkomVision – Ini baru beda!
  15. ^ TelkomVision – Ini baru beda!

Pranala luar