RT (jaringan TV)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
RT
Russia-today-logo.svg
Diluncurkan10 Desember 2005; 13 tahun lalu (2005-12-10) (terdaftar pada 6 April 2005)[1]
PemilikANO "TV-Novosti"[2]
Format gambar1080i (HDTV)
(Umpan HD diturunkan menjadi letterboxed 480i/576i untuk SDTV)
Slogan"Question more"
NegaraRusia
BahasaSaluran berita:
Arab, Inggris, Perancis, Spanyol
Saluran dokumenter:
Inggris, Perancis, Rusia
Platform daring:
Jerman[3]
Wilayah siarSeluruh dunia
Kantor pusatMoskow, Rusia
Nama sebelumnyaRussia Today (2005–2009)
Saluran seindukRT Arabic
RT en Español
RT America
RT UK
RT Documentary
RT Deutsch
RT en français
Situs webwww.rt.com
Ketersediaan
Terestrial
Oqaab
(Afghanistan)
Saluran 47
Televisi terestrial digital (Amerika Serikat)Saluran 10.1 (Carolina, Puerto Riko)
Saluran 31.5 (Cortez, Colorado)
Saluran 36.1 (Mayagüez, Puerto Riko)
Satelit
Bell TV (Kanada)Saluran 724
Airtel digital tv (India)Saluran 396
Indovision (Indonesia)Saluran 355
Sky Italia (Italia)Saluran 531
nc+ (Polandia)Saluran 301
Sky (Selandia Baru)Saluran 92
Reliance Digital TV (India)Saluran 461
CanalDigitaal (Belanda)Saluran 90
Dish TV (India)Saluran 738
Videocon d2h (India)Saluran 363
Foxtel (Australia)Saluran 658
DStv (Afrika)Saluran 407
Tata Sky (India)Saluran 641
Dialog TV (Sri Lanka)Saluran 39
G Sat (Filipina)Saluran 120
Kabel
Comcast (Amerika Serikat)Nomor saluran bervariasi
Destiny Cable (Filipina)Saluran 221 (Digital)
StarHub TV (Singapura)Saluran 151
Cablelink (Filipina)Saluran 104
Cablemás (Meksiko)Saluran 290
Ziggo (Belanda)Saluran 509
NOS (perusahaan media Portugal) (Portugal)Saluran 214
Foxtel (Australia)Saluran 658
Bukidnon Z5 Cable (Filipina)Saluran 16
Macau Cable TVSaluran 820
SkyCable (Filipina)Saluran 221
Spectrum (New York City, Los Angeles, dan San Diego)Nomor saluran bervariasi
IPTV
Bell Fibe TV (Kanada)Saluran 517
Optik TV (Kanada)Saluran 573
Singtel TV (Singapura)Saluran 163 (HD)
PTCL Smart TV (Pakistan)Saluran 102
Open IPTV (Serbia)Saluran 547
VMedia (Kanada)Saluran 188
now TV (Hong Kong)Saluran 329
Shaw Exo TV (Kanada)Saluran 505
Televisi Internet
Live stream langsungRT News, RT America, RT UK, RT Documentary On Air (gratis, tersedia dalam bahasa Inggris) RT Arabic (gratis, tersedia dalam bahasa Arab) RT Spanish (gratis, tersedia dalam bahasa Spanyol)
Televisi Protokol InternetApple TV (Ver. 4), Roku, Sling TV
TVPlayerWatch live (UK only)

RT, sebelumnya dikenal sebagai Russia Today, adalah sebuah jaringan televisi berita internasional multibahasa yang berbasis di Rusia dan didanai oleh pemerintah Rusia.[4][5] Jaringan ini mengoperasikan saluran televisi berbayar yang ditujukan pada pemirsa di luar Rusia, serta menyediakan konten Internet dalam bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Arab, dan Rusia.

RT International, berbasis di Moskow, menyajikan buletin berita 24 jam, dokumenter, acara bincang-bincang, debat, berita olahraga, dan program budaya yang katanya memberikan "sudut pandang Rusia mengenai peristiwa besar global".[3] RT beroperasi sebagai layanan multibahasa dengan saluran konvensional dalam lima bahasa: saluran berbahasa Inggris asli diluncurkan pada 2005, saluran berbahasa Arab pada tahun 2007, Spanyol tahun 2009, Jerman pada 2014 dan Perancis pada 2017. RT America (sejak 2010),[6] RT UK (sejak 2014), dan saluran regional lainnya juga menawarkan beberapa konten berbasis lokal.

RT merupakan merek dari "TV-Novosti", sebuah "organisasi nirlaba otonom", yang didirikan oleh kantor berita Rusia, RIA Novosti, pada 6 April 2005.[1][7] Selama krisis ekonomi pada bulan Desember 2008, pemerintah Rusia, dipimpin oleh Perdana Menteri Vladimir Putin, memasukkan ANO "TV-Novosti" dalam daftar organisasi inti dengan kepentingan strategis di Rusia.[8][9][10]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Pembentukan RT adalah bagian dari upaya hubungan masyarakat yang lebih besar oleh Pemerintah Rusia pada tahun 2005 yang dimaksudkan untuk meningkatkan citra Rusia di luar negeri.[11] RT dibangun oleh mantan menteri media Mikhail Lesin,[12] dan juru bicara pers presiden Vladimir Putin Aleksei Gromov.[13] Pada saat pendirian RT, direktur RIA Novosti Svetlana Mironyuk menyatakan: "Sayangnya, pada tingkat kesadaran massa di Barat, Rusia dikaitkan dengan tiga kata: komunisme, salju dan kemiskinan," dan menambahkan "kami ingin menyajikan gambaran kehidupan yang lebih lengkap di negara kami."[12] RT terdaftar sebagai organisasi nirlaba otonom[2][14] didanai oleh anggaran federal Rusia melalui Badan Federal untuk Pers dan Komunikasi Massal Federasi Rusia.[15]

Pada tahun 2005, RIA Novosti membantu mendirikan ANO TV-Novosti (atau "Organisasi Nirlaba Otonom TV-Berita") untuk berfungsi sebagai organisasi induk untuk saluran yang direncanakan. ANO TV-Novosti terdaftar pada 6 April 2005.[1] ANO TV-Novosti menunjuk Sergey Frolov sebagai CEO kantor berita ini;[16]

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengunjungi kantor RT bersama Pemimpin Redaksi Margarita Simonyan

Saluran ini diluncurkan sebagai Russia Today pada 10 Desember 2005. Pada peluncurannya, saluran ini mempekerjakan 300 wartawan, termasuk sekitar 70 diantaranya dari luar Rusia.[11] Russia Today menunjuk Margarita Simonyan sebagai pemimpin redaksinya, yang merekrut jurnalis asing sebagai presenter dan konsultan.[12] Simonyan menyatakan bahwa niat saluran itu adalah untuk memiliki "format profesional" yang mirip dengan BBC dan Euronews yang akan "mencerminkan pendapat Rusia tentang dunia" dan menghadirkan "gambaran yang lebih seimbang" dari Rusia.[17]

Simonyan, yang baru berusia 25 tahun pada saat ia disewa oleh saluran, adalah mantan reporter pool Kremlin dan telah bekerja di bidang jurnalisme sejak ia berusia 18 tahun. Ia memberi tahu The New York Times bahwa setelah jatuhnya Uni Soviet, banyak jurnalis muda baru yang dipekerjakan, menghasilkan kumpulan staf yang jauh lebih muda daripada organisasi berita lainnya.[18] Jurnalis Danny Schechter (yang muncul sebagai tamu di RT)[19] telah menyatakan bahwa telah menjadi bagian dari staf peluncuran di CNN, ia melihat RT sebagai "saluran anak muda yang tidak berpengalaman, tetapi sangat antusias dengan apa yang mereka lakukan."[20] Tidak lama setelah saluran diluncurkan, James Painter menulis bahwa RT dan saluran berita serupa seperti France 24 dan TeleSUR melihat diri mereka sebagai "kontra-hegemonik", menawarkan visi yang berbeda dan konten berita dari Media Barat seperti CNN dan BBC.[21]

Pengembangan dan ekspansi[sunting | sunting sumber]

Dmitry Medvedev ambil bagian dalam peluncuran RT Documentary
Vladimir Putin selama kunjungan ke pusat penyiaran RT yang baru

RT meluncurkan beberapa saluran baru di tahun-tahun berikutnya: saluran berbahasa Arab Rusiya Al-Yaum pada 2007, saluran berbahasa Spanyol RT Actualidad pada 2009, RT America – yang berfokus pada Amerika Serikat – pada tahun 2010, dan saluran RT Documentary pada tahun 2011.[6]

Pada Agustus 2007, Russia Today menjadi saluran televisi pertama yang melaporkan langsung dari Kutub Utara (dengan laporan berlangsung selama lima menit 41 detik). Seorang awak RT berpartisipasi dalam Arktika 2007 ekspedisi kutub Rusia, yang dipimpin oleh Artur Chilingarov pada pemecah es Akademik Fyodorov.[22][23] Pada 31 Desember 2007, siaran perayaan Malam Tahun Baru RT di Moskow dan Saint Petersburg disiarkan beberapa jam sebelum acara Malam Tahun Baru di Times Square, New York City.[23]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Kantor berita RIA Novosti milik pemerintah, yang mendirikan RT pada tahun 2005, adalah salah satu kantor berita yang terbesar di Rusia. Pimpinannya adalah Svetlana Mironyuk, yang telah memodernisasi agensi tersebut sejak pengangkatannya pada tahun 2003.[24][25][26] RIA Novosti menyatakan telah membantu mendirikan RT, tetapi "bukan sponsor atau pendukung Russia Today."[6] Mikhail Seslavinsky, yang bertanggung jawab atas Badan Federal untuk Pers dan Komunikasi Massal dari Federasi Rusia menyatakan pada tahun 2005 bahwa "Russia Today akan datang sebagai perusahaan independen".[27] Di bawah hukum Rusia, RT adalah organisasi independen.[14]

Pada 2007, RT mendirikan kantor di gedung yang sama dengan RIA Novosti, setelah Persatuan Jurnalis Rusia terpaksa mengosongkannya.[28] Pada 2012 Anna Kachkayeva, Dekan Media Komunikasi di Sekolah Tinggi Ekonomi Moskow, menyatakan bahwa mereka "berbagi atap yang sama" karena kedua organisasi tersebut berada di gedung yang sama, tetapi mengenai "pendanaan, kebijakan editorial, manajemen dan staf, mereka dua organisasi independen yang operasinya sehari-hari tidak saling terhubung dengan cara apa pun."[14] Pada 2008, Simonyan mencatat bahwa lebih dari 50 jurnalis muda RT telah mengambil posisi di berbagai media Barat.[23] Pada 2010, RT telah berkembang menjadi 2.000 staf.[6]

Sekitar 80 persen biaya RT dikeluarkan di luar Rusia, membayar jaringan mitra sekitar $260 juta untuk distribusi salurannya pada 2014.[29][30] Pada tahun 2014, RT menerima 11,87 miliar rubel ($310 juta) dalam dana pemerintah tahun itu dan diperkirakan akan menerima 15,38 miliar rubel ($400 juta) pada tahun 2015.[31] (Sebagai perbandingan, Grup BBC World Service yang lebih besar memiliki anggaran $376 juta pada 2014-15.[32]) Namun pada awal tahun 2015, ketika nilai rubel anjlok dan pengurangan sepuluh persen dalam subsidi media diberlakukan, diperkirakan bahwa anggaran RT untuk tahun ini akan turun menjadi sekitar $236 juta.[29][30] Selama tahun tersebut, dana pemerintah meningkat menjadi 20,8 miliar rubel (sekitar $300 juta pada bulan September).[33] Pada 2015, RT diperkirakan akan menerima 19 miliar rubel ($307 juta) dari pemerintah Rusia pada tahun 2016.[34]

Jaringan[sunting | sunting sumber]

Menurut RT, umpan jaringan dilakukan oleh 22 satelit dan lebih dari 230 operator, yang menyediakan jangkauan distribusi ke sekitar 700 juta rumah tangga di lebih dari 100 negara,[35] dan bahwa RT America tersedia untuk 85 juta rumah tangga di seluruh Amerika Serikat.[36]

Selain saluran utama bahasa Inggris RT International, RT English dan RT America, RT juga menjalankan saluran bahasa Arab Rusiya Al-Yaum, bahasa Spanyol saluran RT Actualidad, serta saluran dokumenter RTDoc. RT memiliki 21 biro di 16 negara, termasuk di Washington, D.C., New York City, London, Inggris; Paris, Perancis; Delhi, India; Kairo, Mesir; Baghdad, Irak; dan Kiev, Ukraina. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 2.000 profesional media di seluruh dunia.[3]

Saluran Deskripsi Bahasa Diluncurkan
RT International Saluran berita utama dari jaringan RT, saluran mencakup berita internasional dan regional dari perspektif Rusia. Ini juga termasuk program komentar dan dokumenter. Berbasis di Moskow dengan kehadiran di Washington, New York, London, Paris, Delhi, Kairo, Baghdad, Kiev dan kota-kota lain.[3] Inggris 2005
RT Arabic Berbasis di Moskow dan bersiaran 24/7. Program saluran ini termasuk berita, pemrograman fitur dan dokumenter.[37] Arab 2007
RT Spanish Berbasis di Moskow dengan biro di Miami, Los Angeles, Havana dan Buenos Aires. Meliputi berita utama, politik, olahraga dan siaran khusus.[38] Spanyol 2009
RT America RT America berbasis di biro RT, Washington, D.C., termasuk program yang dipandu oleh jurnalis Amerika. Saluran ini mempertahankan jadwal program yang terpisah setiap hari kerja mulai pukul 16:00 sore. hingga pukul 12:00 pagi Waktu Timur, dan menyiarkan RT International di setiap waktu lainnya. RT America terpaksa mendaftar sebagai agen asing dengan Departemen Kehakiman Amerika Serikat Divisi Keamanan Nasional di bawah Undang-Undang Pendaftaran Agen Asing.[39] Inggris 2010
RT UK RT UK berbasis di biro RT London di Millbank Tower. Termasuk program yang diselenggarakan oleh jurnalis Inggris. Saluran ini menawarkan lima jam pemrograman per hari, Senin hingga Kamis, UK News pada pukul 18:00, 19:00, 20:00, 21:00, dan 22:00 serta siaran internasional RT International di semua waktu lainnya. Pada hari Jumat terdapat No 10pm UK News bulletin.[40] Inggris 2014
RT Documentary Saluran dokumenter 24 jam. Sebagian besar pemrogramannya terdiri dari film dokumenter yang diproduksi RT yang terkait dengan Rusia.[41] Inggris, Rusia 2011

Penurunan tajam pada rubel pada akhir 2014, memaksanya untuk menunda saluran dalam bahasa Jerman dan Prancis.[32]

Selain kantor berita Ruptly, RT juga mengoperasikan situs web berikut: RT на русском (dalam Rusia),[42] RT en français (French),[43] RT Deutsch (Jerman).[44]

Pada 2015, saluran berita YouTube RT adalah: RT (saluran utama), RT America, RT Arabic, RT en Español, RT Deutsch, RT France, RT UK, RT на русском dan RT Chinese yang baru diluncurkan.[29]

Pemeringkatan[sunting | sunting sumber]

Angka yang dapat diandalkan untuk pemirsa RT di seluruh dunia tidak tersedia.[33] Di Amerika Serikat, RT biasanya membayar layanan kabel dan satelit untuk membawa salurannya dalam paket pelanggan.[45] Pada tahun 2011, RT adalah saluran berita asing kedua yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat (setelah BBC World News),[46] dan jaringan asing nomor satu di lima kota besar Amerika Serikat di 2012.[47] Saluran ini juga memberi nilai yang baik di antara orang-orang Amerika yang lebih muda di bawah 35 tahun dan di antara wilayah-wilayah dalam kota.[47]

Sebuah penelitian yang melibatkan Profesor Robert Orttung di George Washington University menyatakan bahwa RT menggunakan kisah-kisah menarik manusia tanpa konten ideologis untuk menarik pemirsa ke salurannya. Juga antara Januari dan Mei 2015, saluran berbahasa Rusia sebenarnya memiliki pemirsa terbanyak, dengan sekitar dua kali lipat jumlah saluran utama, meskipun hanya memiliki sekitar sepertiga jumlah pelanggan.[29]

Pemrograman[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, Heidi Brown menulis dalam Forbes bahwa "Kremlin menggunakan daya tarik, fotografi yang bagus, dan dosis daya tarik seks yang sehat untuk menarik khalayak yang beragam dan skeptis. Hasilnya sangat menghibur – dan tak terhingga bagi orang Rusia." Dia menambahkan bahwa Russia Today telah berhasil "membuat orang asing untuk setidaknya mempertimbangkan sudut pandang Rusia – betapapun eksentriknya itu mungkin ..."[48]

Program[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

1.^Stephen Heyman memperkirakan bahwa lebih dari $100 juta telah dihabiskan oleh stasiun ini sampai dengan Mei 2008.[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Berkas:ANO TV-Novosti (Federal Tax Service of Russia, Unified State Register of Legal Entities).pdf
  2. ^ a b "Contact info". RT International (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  3. ^ a b c d "About RT (formerly corporate profile)". RT International (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  4. ^ Nimmo, Ben. "Question That: RT's Military Mission". Atlantic Council-Digital Forensic Research Lab. medium.com. Diakses tanggal 13 Maret 2018. 
  5. ^ Fisher, Max (13 Juni 2013). "In case you weren't clear on Russia Today's relationship to Moscow, Putin clears it up". Washington Post. Diakses tanggal 31 Juli 2016. 
  6. ^ a b c d Nikolaus von Twickel, Russia Today courts viewers with controversy, The Moscow Times, 23 Maret 2010.
  7. ^ Valery Kodachigov. "Вести с эфирного фронта" [News from the air front] (dalam bahasa Rusia). Com News.ru. 
  8. ^ "Archive of the official site of the 2008-2012 Prime Minister of the Russian Federation Vladimir Putin". Pemerintah Rusia. 
  9. ^ Перечень системообразующих организаций, утвержденный Правительственной комиссией по повышению устойчивости развития российской экономики [List of systemically important institutions approved by the Government Commission on Sustainable Development of the Russian Economy] (dalam bahasa Rusia). government.ru. Diarsipkan dari versi asli (DOC) tanggal 27 Desember 2008. Diakses tanggal 18 Maret 2015. 
  10. ^ "Правительство РФ приняло перечень системообразующих организаций" [The Russian government has adopted a list of backbone organizations]. RBK Group (dalam bahasa Rusia). 
  11. ^ a b Julian Evans, Spinning Russia, Foreign Policy, 1 Desember 2005.
  12. ^ a b c Andrew Osborn, Russia's 'CNN' wants to tell it like it is, The Age, 16 Agustus 2005.
  13. ^ "Russia: New International Channel Ready To Begin Broadcasting". Radio Free Europe/Radio Liberty. 9 Desember 2005. 
  14. ^ a b c RIA Novosti Does Not Control RT Television – Russian Media Experts, RIA Novosti, 6 Februari 2012.
  15. ^ "Russia Today TV to make unique contribution to global information - German expert". Sputnik News. 6 Juli 2005. 
  16. ^ "29 августа на пресс-конференции в РИА Новости генеральный директор АНО "ТВ-Новости" Сергей Фролов расскажет о планах телеканала "Русия аль-Яум" ("Россия Сегодня") на сезон 2007-2008 гг" [On 29 August, at a press conference in RIA Novosti, Sergei Frolov, general director of the ANO TV-News, will talk about the plans of the Rusiya al-Yaum channel (Russia Today) for the 2007-2008 season.]. Federal Agency for Press and Mass Communications (dalam bahasa Rusia). 29 Agustus 2007. 
  17. ^ RIA Novosti launches a TV channel, Russia Today, RIA Novosti, 7 Juni 2005.
  18. ^ a b Stephen Heyman, A Voice of Mother Russia, in English, The New York Times, 18 Mei 2008.
  19. ^ Wawancara Danny Schechter di situs web RT.
  20. ^ Shaun Walker, Russia Today, Tomorrow the World, The Independent, 20 September 2010.
  21. ^ James Painter (2007). "The boom in counter-hegemonic news channels: a case study of TeleSUR" (PDF). Reuters Institute for the Study of Journalism at Oxford University. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 8 Juli 2007. 
  22. ^ "Russia's landmark events of 2007". RT International (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  23. ^ a b c Zagorodnov, Artem (25 September 2008). "Today's woman who needs to be heard". The Moscow Times. 
  24. ^ Russia: Another Media-Management Change", IPR Strategic Business Information Database, 4 Februari 2003. Diakses tanggal 29 Maret 2010.
  25. ^ Russia Profile, Diakses tanggal 29 Maret 2010.
  26. ^ Peter Finn, Russia Pumps Tens of Millions Into Burnishing Image AbroadThe Washington Post, 6 Maret 2008.
  27. ^ Russia Today TV to make unique contribution to global information - German expert, Ria Novosti, 7 Junu 2005.
  28. ^ New Concerns on Russia Media Freedom, Associated Press, via Highbeam, 19 Mei 2007.
  29. ^ a b c d Nelson, Elizabeth; Orttung, Robert; Livshen, Anthony (8 Desember 2015), "Measuring RT's Impact on YouTube" (PDF), Russian Analytical Digest, Forschungsstelle Osteuropa Bremen, Germany, Center for Security Studies (CSS), ETH Zurich, Switzerland, Institute of History, University of Basel (177), diakses tanggal 23 Januari 2016 
  30. ^ a b Chris Dziadul (8 April 2015). "RT tightens its belt". Broadband TV News. Diakses tanggal 30 Januari 2016. 
  31. ^ Tétrault-Farber, Gabrielle (23 September 2014). "Looking West, Russia Beefs Up Spending on Global Media Giants". Moscow Times. Diakses tanggal 13 Mei 2018. 
  32. ^ a b Shuster, Simon (16 Maret 2015). "Inside Putin's on-air machine". TIME. hlm. 44–51. Diakses tanggal 12 April 2015. 
  33. ^ a b Stephen Ennis (16 September 2015). "Russia in 'information war' with West to win hearts and minds". BBC. Diakses tanggal 19 Januari 2016. 
  34. ^ Moscow Times (11 October 2015). "Russia Cuts State Spending on RT News Network". Moscow Times. Diakses tanggal 30 Januari 2016. 
  35. ^ "Distribution". RT International (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  36. ^ Fred Weir, Russia gives WikiLeaks' Julian Assange a TV platform, The Christian Science Monitor, 25 Januari 2012.
  37. ^ "برامج القناة". RT Arabic (dalam bahasa Arab). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  38. ^ "Quiénes somos". RT en Español (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  39. ^ "Russia's RT America registers as 'foreign agent' in U.S." Reuters. 13 November 2017. Diakses tanggal 13 November 2017. 
  40. ^ "RT launches dedicated UK news channel – RT UK". RT International (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  41. ^ "RTД – your guide to the depths of Russia". RT International (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 April 2017. 
  42. ^ RT на русском (Rusia)
  43. ^ RT en français (Prancis)
  44. ^ RT Deutsch (Jerman)
  45. ^ Zavaski, Katie (17 September 2015). "Putin's Propaganda TV Lies About its Popularity". Diakses tanggal 17 September 2015. 
  46. ^ Foreign News Channels Drawing U.S. Viewers – IPS. Ipsnews.net. Diakses tanggal 7 Desember 2011.
  47. ^ a b 'Russia Today' Doubles its U.S. Audience, Russia Briefing News, 7 Juni 2012.
  48. ^ Heidi Brown, Springtime (For Putin) In Russia, Forbes, 27 Februari 2008.
  49. ^ Laman Breaking the set di RT.com.
  50. ^ Laman On the Money di RT.com.
  51. ^ Laman Interview with Sophie di RT.com.
  52. ^ Laman Keiser Report di Rt.com.
  53. ^ Laman Prime Time Russia News di RT.com.
  54. ^ Laman Spotlight di RT.com.
  55. ^ Laman Technology Update di RT.com.
  56. ^ Laman The Big Picture di RT.com.
  57. ^ Laman The Truthseeker di RT.com.
  58. ^ Laman Why You Should Care di RT.com.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]