Astro Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
PT Direct Vision
Jenis Stasiun siaran televisi satelit parabola berlangganan
Merek Astro Nusantara
Moto Hidup Penuh Warna
(28 Februari 2006-19 Oktober 2008)
Slogan Hidup Penuh Warna
(28 Februari 2006-19 Oktober 2008)
Negara  Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bahasa Mandarin
Bahasa Kantonis
Tanggal didirikan 28 Februari 2006
Pendiri Djenar Maesa Ayu
Tanggal siaran perdana 28 Februari 2006
Tanggal peluncuran 28 Februari 2006
Tanggal ditutup 20 Oktober 2008 pada pukul 00.00.00 WIB
Wilayah lisensi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali
Kantor pusat Lippo Digital Technology Center
Menara Lippo Plaza Suite 1102 Lantai 11
Jalan Jendral Sudirman Kavling. 35-36
Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang
Kota Jakarta Pusat 10270
Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia
Telepon: (62-21) 5255555
Faksimili: (62-21) 5255555
(28 Februari 2006-19 Oktober 2008)
Wilayah siaran Nasional (seluruh nusantara)
Wilayah Sumatera, Jawa dan Bali
Pemilik Lippo Satellite Television
(28 Februari 2006-19 Oktober 2008)
Induk perusahaan Lippo Group
(28 Februari 2006-19 Oktober 2008)
Kelompok usaha Lippo Media
(28 Februari 2006-19 Oktober 2008)
Tokoh kunci Djenar Maesa Ayu
Format gambar SDTV (480i 4:3)
PAL (576i 4:3)
UHF (Digital DVB-T)
www.astro-nusantara.com

PT Direct Vision (Astro Nusantara;JSX: ASTN) adalah stasiun siaran televisi satelit parabola berlangganan di Indonesia yang beroperasi sejak pada tanggal 28 Februari 2006 sampai dengan 19 Oktober 2008. Stasiun televisi ini menjadikan siaran langsung sepak bola Liga Utama Inggris sebagai jualan utamanya untuk wilayah yang menjadi sasaran pemasaran diseluruh nusantara maupun dari kota Medan sampai Denpasar adalah pulau Sumatera, Jawa dan Bali dari provinsi Sumatera Utara hingga Bali. Pada akhir tahun 2007, jumlah pelanggannya mencapai 145.000-orang pelanggan. Sejak pada tanggal 20 Oktober 2008 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00.00 WIB, Astro Nusantara berhenti siaran karena berakhirnya lisensi penggunaan merek dagang Astro siaran slogan dan motto 'tagline' yang tulisan nama semboyan adalah "Hidup Penuh Warna" yang digunakan pertama kali memperkenalkan sejak pada tanggal 28 Februari 2006 sampai dengan 19 Oktober 2008 juga berstudio siaran televisi dan kantor pusat di Lippo Digital Technology Center dari Menara Lippo Plaza Suite 1102 Lantai 11 di Jalan Jendral Sudirman Kavling. 35-36 dari kelurahan Gelora, kecamatan Tanah Abang, kota Jakarta Pusat menyertai presiden direktur utama saat ini adalah Konglomerat Djenar Maesa Ayu merupakan duta besar bagi stasiun siaran televisi satelit parabola berlangganan Astro Nusantara sedangkan Luna Maya merupakan duta besar bagi saluran Astro Aruna.

Astro Nusantara dioperasikan oleh PT Direct Vision yang dimiliki oleh Lippo Satellite Television. 100% saham milik perusahaan umum tersebut merupakan bagian dari Lippo Group adalah anak perusahaan langsung dari First Media juga operator televisi kabel berlangganan. PT Direct Vision memperoleh pasokan siaran dari Astro All Asia Networks yang beroperator televisi satelit berlangganan Astro di Malaysia dan Brunei yang juga berhak menggunakan nama Astro melalui suatu perjanjian lisensi penggunaan merek dagang (Trademark License Agreement). Ketiga pihak juga menyepakati suatu perjanjian dimana dalam waktu 2-tahun Astro All Asia Networks akan turut serta menjadi pemegang saham di PT Direct Vision.

Astro Nusantara beroperasi dengan menggunakan satelit Measat 2.

Sejak pada tanggal 1 April 2008, siaran Astro Nusantara sempat dihentikan selama lebih kurang sebelum 3-bulan akibat belum dipenuhinya persyaratan administrasi yang ditentukan Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia adalah Bapak Professor Dokter Insinyur Kiai Haji Mohammad Nuh terdaftar sebagai perusahaan publik status perusahaan berubah menjadi perseroan terbatas dan resmi melantai di bursa saham perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dengan kode emiten atau ticker ASTN dikutipan oleh surat kabar harian ekonomi Bisnis Indonesia sejak pada tanggal 1 Januari 2008 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00.00 WIB sejak bertepatan merayakan merangka peringati Tahun Baru Masehi.

Menjelang berakhirnya perjanjian lisensi penggunaan merek dagang Astro sejak pada tanggal 31 Agustus 2008, Astro All Asia Networks dan Lippo Group bersengketa mengenai kerjasama mereka dalam penyelenggaraan siaran Astro di bawah PT Direct Vision. Astro All Asia Networks meragukan rencana awal mereka untuk menjadi pemegang saham di PT Direct Vision akan terwujud dengan sementara mereka telah menyediakan pasokan siaran bernilai Rp2,5 triliun selama lebih dari 2 tahun. Astro All Asia Networks menginginkan kejelasan mengenai rencana tersebut yang apabila tidak mungkin terwujud, Astro All Asia Networks menginginkan PT Direct Vision membayar seluruh jasa yang telah mereka berikan secara gratis tersebut. Walau lisensi penggunaan merek dagang Astro sempat diperpanjang sejak pada tanggal 30 September 2008 dan kemudian diperpanjang lagi menjadi sejak pada tanggal 19 Oktober 2008, Astro All Asia Networks dan Lippo Group tetap tidak berhasil mencapai kesepakatan. Hal ini berujung pada dihentikannya secara total seluruh pasokan siaran dari Astro All Asia Networks sejak pada tanggal 20 Oktober 2008 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00.00 WIB dengan bersamaan dengan berakhirnya masa perpanjangan lisensi.

Pecahnya kerjasama ini sempat coba dimanfaatkan oleh Aora Satellite Television untuk mencoba menjadi mitra Astro di Indonesia selanjutnya. Hasilnya, hak siar eksklusif sepak bola Liga Utama Inggris untuk musim 2008-2009 berhasil diambil alih oleh Aora Satellite Television. Hal ini berdampak kepada penurunan jumlah pelanggan Astro Nusantara dari 145.000 pelanggan pada akhir tahun 2007 menjadi 98.000 pelanggan terakhir pada saat berhenti siaran.

Acara-acara yang diselenggarakan[sunting | sunting sumber]

Siaran tamat[sunting | sunting sumber]

Astro Nusanatara sebagai penutup siaran juga siaran tamat atau tidak lagi mengudara sementara tidak tayangan lagi sehingga tidak ada siaran televisi lagi tepatnya sejak pada tanggal 20 Oktober 2008 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00.00 WIB.

Hak Siaran Olimpiade Musim Panas 2008[sunting | sunting sumber]

Astro Nusantara adalah stasiun siaran televisi satelit parabola berlangganan bersama Aora Satellite Television yang menayangkan siaran secara langsung Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing (ibu kota Republik Rakyat China).

Siaran jangkauan[sunting | sunting sumber]

Saat ini jangkauan Astro Nusantara hanya dapat dinikmati di wilayah seluruh nusantara dari pulau Sumatera hingga Bali kunjungi dealer resmi Astro Nusantara yang terbesar di seluruh Indonesia secara nasional yaitu: restoran, mal, rumah makan, toko, ruko, hipermarket, pusat perbelanjaan, rumah, apartemen, penginapan, villa, hotel bertaraf internasional, dealer dan kantor pusat juga 3 pulau dan 9 provinsi setiap ibu kota sehingga kota besar yang mampu menjangkau lebih dari 100 juta penonton siaran televisi satelit parabola di Indonesia.

Provinsi Ibu kota dan Kota besar Landmark building (Icon) Duta besar
Sumatera
Sumatera Utara Medan Sun Plaza Nova Eliza
Sumatera Barat Padang Jam Gadang Siti Liza
Kepulauan Riau Batam Masjid Raya Batam Nadia Vega
Sumatera Selatan Palembang Jembatan Ampera Putri Titian
Jawa
Jakarta Jakarta Stadion Utama Gelora Bung Karno Djenar Maesa Ayu (Astro Nusantara)
Jawa Barat Bandung Gedung Sate Novia Kolopaking
Jawa Tengah Solo Candi Borobudur Estelle Linden
Yogyakarta Yogyakarta
Jawa Timur Surabaya Tugu Pahlawan Maia Estianty
Bali
Bali Denpasar Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Luna Maya (Astro Aruna)

Program[sunting | sunting sumber]

Sampai saat terakhirnya, Astro Nusantara menyediakan 46 saluran televisi termasuk di dalamnya 9 saluran yang diproduksi khusus oleh Astro Indonesia melalui perusahaan penyedia isi siaran PT Lippo National Satellite Television Broadcasting Corporation yaitu: Astro TVIQ (untuk ilmu pengetahuan dan pendidikan), Astro Ceria (untuk anak-anak), Astro Aruna (untuk sinetron Indonesia), Astro Kirana (untuk film Indonesia), Astro Xpresi (untuk video musik klip muda dan remaja), Astro Awani (untuk berita dan informasi), Astro SuperSport (untuk olahraga), Astro Wah Lai Toi (untuk sinetron bahasa Kantonis) dan Astro Shuang Xing (untuk sinetron bahasa Mandarin) yang disiarkan di Astro Nusantara sejak pada tanggal 1 Juli 2006 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00 WIB. Astro Ceria, Astro Kirana dan Astro Aruna juga disiarkan di Astro Malaysia dan Brunei sejak pada tanggal 1 September 2006 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00 Waktu Malaysia (23.00 WIB).

Sejak pada tanggal 1 Juni 2007 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00 WIB, Astro Nusantara tidak lagi menyediakan siaran ANTV dan digantikan dengan Al Jazerra English News.

Sejak pada tanggal 1 September 2007 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00 WIB, Astro Nusantara menambah satu lagi saluran baru yaitu Astro Oasis. Astro Oasis adalah saluran Astro yang menayangkan program-program yang bernafaskan agama Islam.

Mulai musim 2008-2009, Astro Nusantara kehilangan hak siar sepak bola Liga Utama Inggris di Indonesia.

Terhitung mulai pada tanggal 20 Oktober 2008 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00.00 WIB, PT Direct Vision selaku pemegang hak siar televisi berlangganan Astro sudah tidak siaran televisi lagi tayangan Astro Nusantara di Indonesia.

Saluran televisi[sunting | sunting sumber]

Daftar saluran sampai penutup siaran dan tamat transmissi sejak pada tanggal 20 Oktober 2008 tengah malam sejak sekitar pada pukul 00.00.00 WIB.

Sekarang[sunting | sunting sumber]

Saluran Nama saluran Bahasa Negara Siaran Pertama Siaran Terakhir
Anak-anak
10 Astro Ceria Indonesia  Indonesia 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
12 Disney Channel Inggris (terjemahan Indonesia)  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
13 Cartoon Network Inggris (terjemahan Indonesia)  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
14 Nickelodeon Inggris (terjemahan Indonesia)  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Pendidikan
20 Astro TVIQ Indonesia  Indonesia 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
21 Discovery Channel Inggris (terjemahan Indonesia)  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
22 Animal Planet Inggris (terjemahan Indonesia)  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
23 National Geographic Channel Inggris (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
24 Food Network Asia Inggris  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
25 Astro Oasis Indonesia  Indonesia 1 September 2007 19 Oktober 2008
26 Asian Food Channel Inggris  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Berita
30 Astro Awani Indonesia  Indonesia 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
31 CNN International News Inggris  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
32 BBC World News Inggris  Britania Raya 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
33 CCTV English News Inggris  Republik Rakyat Tiongkok 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
34 Al Jazeera English News Inggris  Qatar 1 Juni 2007 19 Oktober 2008
35 Bloomberg Television Inggris  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
36 FOX News Channel Inggris  Amerika Serikat 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
37 SKY News Channel Inggris  Britania Raya 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Hiburan
40 Astro Aruna Indonesia  Indonesia 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
41 STAR TV World Inggris (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
42 AXN Inggris (terjemahan Indonesia)  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
43 KBS World Indonesia dan Inggris  Korea Selatan 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Musik
50 Astro Xpresi Indonesia  Indonesia 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
51 MTV Asia Tenggara Inggris  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
52 STAR TV Music Inggris  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Film
60 Astro Kirana Indonesia  Indonesia 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
65 STAR TV Movies Inggris (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
66 HBO Inggris (terjemahan Indonesia)  Singapura 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Olahraga
70 Astro SuperSport Inggris  Indonesia 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
71 ESPN Inggris  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
72 STAR TV Sports Inggris  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
73 Goal TV1 Inggris  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
74 Goal TV2 Inggris  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Dinasti
80 Astro Wah Lai Toi Kantonis (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 1 Juli 2006 19 Oktober 2008
81 TVB Xing He Mandarin (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
82 Celestial Chinese Movies Mandarin dan Kantonis (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
83 Astro Shuang Xing Mandarin (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
84 STAR TV Chinese Movies Mandarin dan Kantonis (terjemahan Indonesia)  Hong Kong 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Free-to-air Terestrial
1 Television icon.png TVRI Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
2 Television icon.png Indosiar Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
3 Television icon.png SCTV Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
4 Television icon.png Trans TV Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
5 Television icon.png Trans7 Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
6 Television icon.png MetroTV Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
7 Television icon.png tvOne Indonesia  Indonesia 14 Februari 2008 19 Oktober 2008

Dulu[sunting | sunting sumber]

Saluran Nama saluran Bahasa Negara Siaran Pertama Siaran Terakhir
Free-to-air Terestrial
7 Television icon.png LatiVi Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 14 Februari 2008
8 Television icon.png ANTV Indonesia  Indonesia 28 Februari 2006 31 Mei 2007

Keterangan:
Television icon.png Menandakan bisa ditangkap sinyalnya melalui televisi terrestrial antena UHF di Indonesia.

Slogan dan motto[sunting | sunting sumber]

Slogan dan motto Digunakan sejak Digunakan sampai dengan
Hidup Penuh Warna 28 Februari 2006 19 Oktober 2008

Presiden Direktur Utama[sunting | sunting sumber]

Nama Awal Ketua Akhir Ketua
Djenar Maesa Ayu 28 Februari 2006 19 Oktober 2008

Daftar managemen[sunting | sunting sumber]

Nama Jabatan Awal Ketua Akhir Ketua
Djenar Maesa Ayu Presiden Direktur Utama Astro Nusantara 28 Februari 2006 19 Oktober 2008

Ambassador/Brand Icon (Iklan Televisi)[sunting | sunting sumber]

Nama Stasiun televisi Awal jabatan Akhir jabatan
Djenar Maesa Ayu Astro Nusantara 28 Februari 2006 19 Oktober 2008
Luna Maya Astro Aruna 28 Februari 2006 19 Oktober 2008

Galeri[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat dan studio siaran televisi[sunting | sunting sumber]

PT Direct Vision (Astro Nusantara)
Lippo Technology Center Suite 1502
Plaza Indonesia Lantai Basement sebelah Jakarta Grand Hyatt International Hotel sementara Entertainment X'nter dan Lifestyle X'nter
Jalan Muhammad Husni Thamrin Kavling. 28-30
Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng
Kota Jakarta Pusat 10350
Telepon: (62-21) 3983 8779
Faksimili: (62-21) 3983 8779
(28 Februari 2006-19 Oktober 2008)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]