Animal Planet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Animal Planet
2018 Animal Planet logo.svg
Diluncurkan1 Juni 1996; 26 tahun lalu (1996-06-01)
PemilikWarner Bros. Discovery
Format gambar1080i HDTV
(downscaled to 480i letterboxed for the SDTV feed)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

Animal Planet adalah jaringan televisi kabel dan satelit multinasional yang dimiliki oleh Warner Bros. Discovery. Saluran ini khusus untuk menayangkan program-program tentang hubungan antara manusia dan hewan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Animal Planet diluncurkan pada 1 Juni 1996; dibuat dari hasil kerja sama antara Discovery Communications dengan BBC Worldwide. Pada 1 Januari 1997, distribusi Animal Planet bertumbuh sebagai hasil dari pembelian jam tayang kosong di WOR EMI Service oleh Discovery Communications.

Animal Planet dapat ditangkap di seluruh Amerika Serikat, dan di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Di Selandia Baru, Animal Planet disiarkan di SKY Network Television.

Versi khusus dibuat di Kanada, India, dan beberapa negara lainnya.

National Aquarium di Baltimore memiliki pertunjukan yang diberi nama Animal Planet Australia: Wild Extreme yang dibuka pada akhir 2005. Animal Planet dan National Aquarium di Baltimore pada 2004 mengumumkan kerja sama jangka panjang yang akan memproduksi film yang memberikan pengunjung National Aquarium di Baltimore latar belakang wilayah Australia. Kerja sama ini juga dimungkinkan untuk memproduksi program televisi tentang penelitian dan pertunjukkan di National Aquarium di Baltimore.[1]

Pada 2006, BBC Worldwide menjual sahamnya sebesar 20% di jaringan unggulan Animal Planet di Amerika Serikat ke Discovery Communications. BBC mempertahankan 50% kepemilikannya di saluran Eropa, Asia, dan Amerika Latin Animal Planet, serta hak minoritas di Animal Planet Japan dan Animal Planet Canada hingga 15 November 2010, ketika BBC Worldwide menjual 50% saham Animal Planet dan Liv ke Discovery Communications seharga $156 juta.

Rebranding 2008[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Februari 2008, di tengah penurunan jumlah rata-rata pemirsa, Animal Planet mengalami perubahan besar dalam program dan brandingnya. Jajaran baru menempatkan fokus yang lebih besar pada serial yang menggambarkan hewan sebagai "karakter" dalam hak mereka sendiri, dan serial hiburan yang lebih "agresif" dan berbasis cerita yang menargetkan pemirsa dewasa 13-49 (seperti Escape to Chimp Eden dan serial dokumenter realitas Whale Wars), sebagai lawan dari film dokumenter alam tradisional dan tontonan keluarga. Jaringan tersebut juga mengadopsi logo baru, menggantikan lambang "gajah dan bola dunia" sebelumnya dengan tanda kata bergaya, dan slogan baru "Same Planet, Different World". Presiden Marjorie Kaplan menjelaskan bahwa Animal Planet terlalu "lunak" dan berorientasi pada keluarga, dan bertujuan untuk menjadi "lebih agresif dan memanfaatkan sifat naluriah dari konten hewani yang menarik."

Pada bulan April 2010, Animal Planet memperkenalkan slogan dan kampanye pemasaran baru, "Surprisingly Human", sebagai evolusi dari rebranding tahun 2008. Slogan tersebut mencerminkan meningkatnya jumlah seri berbasis kepribadian Animal Planet setelah investigasi dan pekerjaan yang berhubungan dengan hewan, seperti River Monsters.

Rebranding 2018[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Oktober 2018, Animal Planet meluncurkan logo baru yang menampilkan simbol gajah yang melompat menyerupai logo aslinya. Merek baru ini melambangkan misi baru untuk "menjaga kegembiraan masa kecil dan keajaiban hewan tetap hidup dengan mendekatkan orang dalam segala hal."

Pada 23 Januari 2019, Animal Planet diluncurkan di Prancis, bersama dengan Discovery Turbo, Discovery World, dan TLC.

Acara[sunting | sunting sumber]

Logo lama Animal Planet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]