Madagaskar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari ISO 3166-1:MG)
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk Madagascar sebagai film, lihat Madagascar (film tahun 2005).
Republik Madagaskar
Repoblikan'i Madagasikara (Malagasi)
Republique de Madagascar (Perancis)
Bendera Lambang
MotoFitiavana, Fahafahana, Fandrosoana
(Malagasi: "Cinta, Kebebasan, Keadilan")
Lagu kebangsaan
Ry Tanindrazanay malala ô!
Ibu kota
(dan kota terbesar)
Antananarivo
18°55′LU 47°31′BT / 18,917°LS 47,517°BT / -18.917; 47.517
Bahasa resmi Malagasi dan Perancis
Pemerintahan Republik semi-presidensial
 -  Presiden Hery Rajaonarimampianina
 -  Perdana Menteri Olivier Mahafaly Solonandrasana
Legislatif Parlemen
 -  Majelis Tinggi Antenimierandoholona
 -  Majelis Rendah Antenimierampirenena
Kemerdekaan
 -  Dari Perancis 26 Juni 1960 
Luas
 -  Total 587.041 km2 (47)
 -  Perairan (%) 0,94
Penduduk
 -  Perkiraan 2014 22.434.363 (57)
 -  Kepadatan 35,2/km2 (178)
PDB (KKB) Perkiraan 2014
 -  Total $33.865 miliar[1] (114)
 -  Per kapita $1.437[1] (177)
PDB (nominal) Perkiraan 2014
 -  Total $10.595 miliar[1] (134)
 -  Per kapita $449[1] (181)
Gini (2010) 44,1 (sedang)[2]
IPM (2013) Steady 0,498 (rendah) (155)
Mata uang Ariary (Ar) (MGA)
Zona waktu Waktu Afrika Timur (EAT) (UTC+3)
Lajur kemudi kanan
Kode ISO 3166 MG
Ranah Internet .mg
Kode telepon +261
Madagaskar

Republik Madagaskar, dalam bahasa Malagasy Repoblikan'i Madagasikara, adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. Selain pulau utama, beberapa pulau kecil di sekitarnya juga menjadi klaim republik ini, yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India. Walaupun secara geografis berdekatan dengan Afrika, sejarah geologi, biologi, dan demografi Madagaskar berbeda dengan wilayah daratan utama benua itu.

Untuk menyebut bahasa dan bangsanya dipakai nama "Malagasy".

Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.

Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut, flora dan fauna Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan di sana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi pada Pulau Sulawesi.

Manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara khususnya dari Kalimantan Selatan (suku Banjar), dan diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal abad Masehi. Berdasarkan bukti leksiko statistika dan linguistika, bahasa Malagasi masih termasuk paling dekat dengan bahasa Maanyan, dan tergolong rumpun bahasa Austronesia. Etnis pribumi sendiri seperti Merina dan Betsileo adalah penutur bahasa Austronesia dengan fenotipe yang sering serupa dengan penduduk Indonesia dan Filipina. Seiring dengan peningkatan perdagangan, masyarakat dari pantai timur Afrika bermigrasi ke pulau ini. Penduduk Madagaskar sekarang adalah campuran dari kedua kelompok tersebut dengan berbagai derajat. Walaupun berbeda asal usul, semua warga berbicara dengan bahasa yang sama, walaupun berbeda dialek.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam Bahasa Malagasi, pulau Madagaskar disebut Madagasikara dan orang-orangnya disebut Malagasi. Sebutan pulau ini "Madagaskar" tidak berasal dari lokal melainkan dipopulerkan pada Abad Pertengahan oleh Orang Eropa.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sawah bertingkat di Madagaskar
Hutan hujan tropis di Madagaskar
Pohon baobab

Dengan luas wilayah 592.800 kilometer persegi (228.900 sq mi), Madagaskar merupakan negara terbesar ke-46 di dunia dan pulau terbesar keempat di dunia. Negara ini terletak di antara garis lintang 12 °LS dan 26 ° LS, dan 43 ° BT dan 51 °BT. Negara pulau tetangganya adalah wilayah Perancis Réunion dan negara Mauritius di sebelah timur, serta Komoro dan wilayah Perancis, Mayotte di barat laut. Negara daratan terdekat adalah Mozambik, terletak di sebelah barat.

Pecahnya benua prasejarah Gondwana memisahkan Madagaskar-Antartika-India dengan daratan Afrika-Amerika Selatan sekitar 135 juta tahun yang lalu. Madagaskar kemudian memisahkan diri dari India sekitar 88 juta tahun yang lalu, sehingga tanaman dan hewan di pulau ini berevolusi dalam keadaan yang terisolasi. Daerah pantai timur pulau merupakan lereng sempit dan curam yang mengandung banyak sisa hutan dataran rendah tropis di pulau ini.

Dataran tinggi di tengah pulau memiliki ketinggian mulai dari 750 sampai 1.500 m (2.460 sampai 4.920 kaki) di atas permukaan laut. Secara historis, wilayah ini merupakan pusat kebudayaan suku Merina di kota Ambohimanga dan juga pusat kerajaan Imerina yang pernah didirikan pada abad ke-18 oleh Andrianampoinimerina. Wilayah ini juga merupakan wilayah yang paling padat penduduknya di pulau ini karena ibukota Antananarivo terletak di wilayah ini. Daerah ini ditandai dengan sawah bertingkat untuk menanam padi yang terletak di antara bukit-bukit berumput dan bekas bekas hutan subhumid yang pada zaman prasejarah menutupi daerah dataran tinggi. Wilayah dataran tiggi sebelah barat merupakan daerah gersang yang secara bertahap tanahnya turun ke Selat Mozambik dan rawa rawa yang ditumbuhi bakau terdapat di sepanjang pantai.

Puncak tertinggi Madagaskar adalah puncak Maromokotro dengan ketinggian 2876 m (9.436 kaki) di pegunungan Tsaratanana merupakan titik tertinggi di pulau ini, diikuti oleh Puncak Bobby dengan ketinggian 2.658 m (8.720 kaki) di pegunungan Andringitra, dan Tsiafajavona 2643 m (8.671 kaki) di pegunungan Ankaratra.

Provinsi[sunting | sunting sumber]

Madagaskar terbagi menjadi 6 provinsi (faritany mizakatena) otonomi:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Madagascar". International Monetary Fund. 
  2. ^ "Gini Index". World Bank. Diakses tanggal 2 Maret 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]