Kota Sorong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sorong)
Kota Sorong
Pemandangan Kota Sorong
Lambang resmi Kota Sorong
Julukan: 
Kota Minyak
Kota Bersama
Motto: 
Setara - Bersahabat - Dinamis
Peta
Peta
Kota Sorong di Indonesia
Kota Sorong
Kota Sorong
Peta
Koordinat: 0°52′46″S 131°15′40″E / 0.87956°S 131.26104°E / -0.87956; 131.26104
Negara Indonesia
ProvinsiPapua Barat Daya
Tanggal berdiri28 Februari 2000
Dasar hukumUU No. 45 Tahun 1999[1]
Jumlah satuan pemerintahan
Daftar
  • Distrik: 10
  • Kelurahan: 41
Pemerintahan
 • Wali KotaSeptinus Lobat (Pj.)
 • Wakil Wali KotaLowong
 • Sekretaris DaerahRudy R Laku (Pj.)
Luas
 • Total1.105,00 km2 (426,64 sq mi)
Peringkat5
Populasi
 (2022)[2]
 • Total295.809
 • Peringkat48
 • Kepadatan270/km2 (690/sq mi)
Demografi
 • Agama
  • 44,92% Islam
  • 0,19% Buddha
  • 0,08% Hindu
  • 0,01% Lainnya[3]
 • IPMKenaikan 78,98 (2022)
Tinggi[4]
Zona waktuUTC+09:00 (WIT)
Kode BPS
9171
Kode area telepon+62 951
Pelat kendaraanPB xxxx S*
Kode Kemendagri92.71
Kode SNI 7657:2023SON
DAURp 529.184.008.000,- (2020)
Semboyan daerahSorong Kota Bersama
Situs websorongkota.go.id


Kota Sorong adalah ibukota provinsi Papua Barat Daya, Indonesia. Kota ini dikenal dengan sebutan Kota Minyak, di mana Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) mulai melakukan aktivitas pengeboran minyak bumi di Sorong sejak tahun 1935.[5] Sorong adalah kota terbesar kedua di wilayah Papua, setelah Kota Jayapura.

Kota Sorong dikelilingi oleh kabupaten-kabupaten dengan sumber daya alam yang potensial, menjadikan Kota Sorong sebagai kota industri barang dan jasa yang penting di Papua.

Sebagai kota pelabuhan, Kota Sorong terletak sangat strategis karena berdekatan dengan ALKI 3 yang merupakan salah satu alur pelayaran internasional. Hal itu menjadikan Kota Sorong sebagai "gerbang" yang mempertemukan rute pelayaran luar negeri dan dalam negeri di Kawasan Timur Indonesia.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Sorong berasal dari kata Soren. Soren dalam bahasa Biak Numfor yang berarti laut yang dalam dan bergelombang. Kata Soren digunakan pertama kali oleh suku Biak Numfor yang berlayar pada zaman dahulu dengan perahu-perahu layar dari satu pulau ke pulau lain hingga tiba dan menetap di Kepulauan Raja Ampat. Suku Biak Numfor inilah yang memberi nama "Daratan Maladum " (sekarang termasuk bagian dari wilayah Kota Sorong) dengan sebutan “Soren” yang kemudian dilafalkan oleh para pedagang Tionghoa, misionaris clad Eropa, Maluku dan Sangihe Talaud dengan sebutan Sorong.[5]

Namun versi lain menyebutkan Sorong berasal dari singkatan salah satu anak usaha dari kartel dagang VOC yang bernama Seismic Ondersub Oil Niew Guines (SOrONG) yang bergerak dalam bidang eksplorasi minyak.[5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masa Hindia Belanda (1800-1949)[sunting | sunting sumber]

Pulau Doom pada tahun 1955

Berdirinya kota Sorong tidak lepas dari sejarahnya sebagai Kota Minyak. Berawal sejak kedatangan surveyor minyak Belanda di daerah Semenanjung Doberai, Pulau Papua hingga ditemukannya sumber minyak pada tahun 1908 menjadi penanda awal pendudukan Belanda wilayah tersebut. Sebelumnya pada 1906, Belanda telah mendirikan pos kolonial di Pulau Doom sebagai pusat administrasi di wilayah itu. Pada tahun 1932 pengeboran sumur minyak pertama kali dilakukan. Perusahaan minyak Belanda, Royal Dutch Shell melalui anak usahanya Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) di Hindia Belanda kemudian mendirikan Nederlandsche Nieuw Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM) sebagai perusahaan tambang minyak bumi di wilayah Papua pada tahun 1935. Sebelum dipindahkan ke Sorong, Shell (NNGPM) pada awalnya mendirikan kantor pertamanya di Pulau Doom, sebuah pulau yang terletak berhadapan di sebelah barat daya Sorong. [5]

Masa Pendudukan Jepang (1941-1945)[sunting | sunting sumber]

Pembukaan ladang minyak di Sorong turut memperluas pengaruh Belanda di Papua. Hal itu juga ikut menjadikan Sorong sebagai target militer yang penting bagi musuh Belanda. Pendudukan Jepang di Sorong terjadi pada peristiwa Kampanye Nugini yang merupakan bagian dari Perang Pasifik dalam Perang Dunia II. Dalam perang tersebut pasukan tentara Kekaisaran Jepang menyerang wilayah Belanda di Papua, termasuk Sorong. Pada tahun 1942 pasukan Jepang berhasil menduduki wilayah Sorong. Jepang menjadikan Sorong sebagai pusat operasi militer dengan menempatkan 12.500 pasukan pada pangkalan udara di Sorong.[6] Pada pertengahan tahun 1943 hingga akhir tahun 1944 Sorong menjadi target serangan bom dan serangan udara pesawat tempur Sekutu. Pasukan Sekutu melalui Kampanye Nugini Barat berhasil menumpas pasukan Jepang pada Pertempuran Sausapor (Operasi Globetrotter). Pendudukan Jepang di Sorong berlangsung hingga Juni 1944 dan berakhir saat Jepang secara resmi menyatakan menyerah kepada Sekutu yang menandakan berakhirnya Perang Dunia II. [7][8]

Masa Irian Barat / Nugini Belanda (1949-1962)[sunting | sunting sumber]

Semasa perang antara Sekutu melawan Jepang, pemerintah Belanda membentuk satuan pemerintahan sipil yang diberi nama "Netherlands Indies Civil Administration" (NICA). Setelah berakhirnya perang, satuan pemerintahan ini masih berkuasa hingga tahun 1947. Pada tahun 1947 pemerintah Belanda mulai menyusun struktur pemerintahan dengan pembagian-pembagian wilayah atas daerah besar dan kecil sesuai dengan keinginannya. Sorong ditentukan sebagai onderafdelijk yang  meliputi distrik-distrik di Kepulauan Raja Ampat dan Semenanjung Doberai. Onderafdelijk ini dipakai oleh seorang Hoofd Van Plaatslijk Bestuur (HPB) dan berkedudukan di Sorong-Doom. Kota Sorong-Doom  ditentukan sebagai ibu kota Afdeling West Nieuw Guinea yang meliputi seluruh wilayah Kepala Burung dan Fak-Fak (sekarang Kabupaten Fak-Fak) Afdeling West Nieuw Guinea ini dikepalai oleh seorang Asisten Resident, sedangkan resident-nya sebagai kepala provinsi berkedudukan di Jayapura . Hal ini berlangsung sampai dengan tahun 1949. Pada tahun 1950, Pemerintah Belanda berusaha memisahkan Papua melalui Konferensi Meja Bundar (KMB), maka Pemerintah Belanda lebih memperkuat kedudukannya dengan membentuk Satuan Pemerintahan yang diberi nama “Het Gouverment Van Nederlands Nieuw Guinea" (Netherlands New Guinea / Nugini Belanda) dikepalai oleh seorang Gouvernelir berkedudukan di Hollandia (Jayapura).

Mulai pada saat itu terbentuklah beberapa Afdeling Definitive di seluruh Irian Barat (Nederlands Nieuw-Guinea), diantaranya Afdeling West Niew Guinea yang meliputi seluruh wilayah kepala burung (volgekop) dan Fak-Fak dikepalai oleh seorang Resident yang berkedudukan di Sorong Doom. Hal ini berlangsung sampai dengan tahun 1950, karena luasnya wilayah onderafdeling Sorong maka pada tahun 1952 onderafdeling kemudian dipecah menjadi 2 (dua) onderafdeling yaitu:

  1. Onderafdeling Sorong-Olie dan
  2. Onderafdeling Raja Ampat

Masing-masing dikepalai oleh seorang Hoofd  Van Plaaslijk Bestuur (HPB) dan kedua-duanya berkedudukan di Sorong Doom.

"Sorong-Olie" (Inggris: Sorong-Oil, Indonesia: Sorong-Minyak) saat itu juga disebut "Sorong-vaste-wal"(Inggris: Mainland-Sorong, Indonesia: Sorong-Daratan). Keduanya adalah sebutan dalam bahasa Belanda untuk wilayah yang sama, yaitu Kota Sorong saat ini. Sebutan Sorong-Olie dan Sorong-vaste-wal saat itu digunakan untuk membedakan antara "Sorong-Daratan" dengan "Sorong-Doom". [9]

Pada tahun 1956, Afdeling West Nieuw-Guinea kemudian dipecahkan dan dibentuk menjadi 2 (dua) afdeling yaitu : Afdeling West Nieuw Guinea dan Afdeling Fak-fak. Bersamaan dengan pemecahan tersebut maka Resident West Nieuw-Guinea yang tadinya berkedudukan di Sorong-Doom kemudian dipindahkan ke Manokwari pada Maret 1957.

Pada tahun 1959, Hoofd van Plaatselijk Bestuur (HPB) Sorong-Olie dipindahkan dari Sorong-Doom ke Remu sebagai Ibu Kota Onderafdeling Sorong Olie yang baru (Kota Sorong saat ini), sedangkan Sorong-Doom tetap sebagai Ibukota Onderafdeling Raja Ampat.

Remoeland atau Remoe Complex (Remu) adalah sebuah lokasi baru di Sorong Daratan, terletak 6 kilometer di sebelah selatan sentra perminyakan yang dibuka oleh NNGPM dan diserahkan kepada pemerintah Belanda.

Setelah Perang Dunia II berakhir, industri perminyakan baru benar-benar berkembang pesat di Sorong. Minyak bumi adalah salah satu alasan Belanda ingin mempertahankan wilayah Papua (Irian Barat). [10] Perpindahan kantor NNGPM dari Sorong-Doom ke Sorong-Olie ikut berkontribusi dalam membentuk suatu komunitas masyarakat yang kondisi kehidupannya sangat berbeda dengan kondisi kehidupan masyarakat di wilayah lain di West Nieuw-Guinea. Untuk mendukung pekerjaan pertambangan minyak di Sorong, NNGPM membangun sejumlah kawasan pemukiman dengan fasilitas lengkap untuk karyawannya. Kawasan pemukiman Klademak I, Klademak II dan Klademak III dibangung bagi para pekerja buruh yang berasal dari berbagai daerah lain di Indonesia. Begitu juga dengan kawasan pemukiman di Krani Heuvel (saat ini Puncak Cendrawasih) diperuntukkan bagi para karyawan administrasi NNGPM. Terdapat pula kawasan pemukiman untuk para pekerja Papua dan Tionghoa, serta pemukiman di Lido untuk para pekerja ekspatriat Eropa. NNGPM juga membangun fasilitas-fasilitas penunjang seperti pembangkit listrik, toko, lapangan-lapangan olahraga (tenis, hockey) dan rumah sakit. Terdapat surat kabar lokal berbahasa Belanda Sorong Post yang terbit setiap mingu. Koninklijke Paketvaart Maatschappij (KPM) membuka jalur logistik reguler antara Sorong dengan Hollandia (Jayapura), Merauke dan Singapura. Maskapai penerbangan Belanda KLM juga membuka jalur penerbangan setiap dua minggu antara Sorong (Bandara Jeffman) dan Biak. [11] Pada tahun 1956 populasi penduduk di Sorong-Olie adalah 7.689 jiwa, terdiri dari 3.075 orang Papua, 3.728 orang Asia (Indonesia dan Tionghoa) dan 886 orang Eropa. Populasi penduduk di wilayah Sorong Daratan tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan 1.667 jiwa penduduk di wilayah Sorong-Doom.

Tahun 1954 adalah tahun puncak bagi NNGPM, ketika setengah juta ton minyak (yang nilainya sebesar 26,4 juta Gulden) berhasil diekspor dari Sorong. Namun setelah itu, penambangan minyak mulai menurun secara drastis. Dengan adanya gejolak politik, muncul anggapan bahwa masa depan pertambangan minyak di Sorong akan suram. Tahun 1961 sebagian besar pekerja ekspatriat Eropa mulai meninggalkan Sorong. Sejumlah tentara Belanda ditempatkan di Distrik Klademak untuk mengawal keberangkatan mereka. Pada akhirnya NNGPM menjual seluruh asetnya sebelum Republik Indonesia menguasai Irian Barat. Pertambangan minyak di Sorong kemudian diambil alih oleh Perusahaan Minyak Negara (Permina) yang kini telah berganti nama menjadi Pertamina.

Masa Pemerintahan Indonesia (1962-Sekarang)[sunting | sunting sumber]

Sejak tanggal 1 Oktober 1962 penyerahan Pemerintahan atas Irian Barat kepada Badan Penguasa Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA). Pada Tanggal 1 Mei 1963 penyerahan Irian Barat ke Pemerintah Republik Indonesia. [12]

Setelah penyerahan Irian Barat secara penuh oleh Penguasa Sementara PBB atau UNTEA (United Nations Temporary Executive Authority) kepada pemerintah Republik Indonesia, maka pada tahun 1965 berdasarkan berbagai pertimbangan kemudian diangkat seorang wakil Bupati Koordinator yang berkedudukan di Sorong, dengan tugas:

1. Mengkoordinir pelaksanaan tugas pemerintahan oleh Kepala Pemerintahan Setempat (KPS) Sorong, Raja Ampat, Teminabuan dan Ayamaru.

2. Mempersiapkan pemecahan Kota Irian Barat Bagian Barat menjadi 2 (dua) Kota.

Pada tahun 1969, dengan selesainya pelaksanaan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) maka perkembangan status dari Kota Administratif menjadi Kota Otonom ini tidak ada perubahan dalam pembagian wilayah dan keadaan sampai dengan akhir tahun 1972 adalah sebagai berikut:

  • Wilayah Pemerintahan Setempat Sorong dengan ibu kota Sorong;
  • Wilayah Pemerintahan Setempat Raja Ampat dengan ibu kota Sorong Doom;
  • Wilayah Pemerintahan Setempat Teminabuan dengan ibu kota Teminabuan;
  • Wilayah Pemerintahan Setempat Ayamaru dengan ibu kota Ayamaru.

Pembagian wilayah di Sorong seperti tersebut di atas berlaku sampai tahun 1973 saat dilakukannya penghapusan wilayah-wilayah Kepala Daerah Setempat dan sejumlah distrik dan dibentuknya Pemerintahan Wilayah Kecamatan Tahap Pertama Tahun 1973-1974.

Kota Sorong pada mulanya merupakan salah satu kecamatan yang dijadikan pusat pemerintahan Kabupaten Sorong. Namun dalam perkembangannya telah mengalami perubahan sesuai Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1996 tanggal 3 Juni 1996 menjadi Kota Administratif Sorong. Selanjutnya berdasarkan Undang-Undang no. 45 Tahun 1999 Kota Administratif Sorong ditingkatkan statusnya menjadi daerah otonom sebagai Kota Sorong.[5]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Sorong

Secara geografis Kota Sorong terletak dibawah garis khatulistiwa, antara koordinat 131°-51' Bujur Timur dan 0° 54' Lintang Selatan dengan ketinggian berkisar 3 meter di atas permukaan laut pada Semenanjung Doberai, di ujung barat laut Pulau Papua.[13]

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Kota Sorong memiliki batas-batas sebagai berikut:

Utara Distrik Makbon dan Selat Dampier
Timur Distrik Makbon dan Selat Dampier
Selatan Distrik Aimas dan Distrik Salawati
Barat Selat Dampier

Luas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Luas wilayah Kota Sorong mencapai 1.105,00 km² atau sekitar 1.13% dari total luas wilayah Papua Barat. Wilayah kota ini berada pada ketinggian 3 meter dari permukaan laut. Keadaan topografi Kota Sorong sangat bervariasi terdiri dari pegunungan, lereng, bukit-bukit dan sebagian adalah dataran rendah, sebelah timur di kelilingi hutan lebat yang merupakan hutan lindung dan hutan wisata.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Keadaan geologi Kota Sorong terdapat hamparan galian golongan C seperti batu gunung, batu kaIi, sirtu, pasir, tanah uruk dan kerikil. Sedangkan jenis tanah yang terdapat di Kota Sorong adalah tanah latosal putih yang terdapat di pinggiran pantai Tanjung Kasuari dan tanah fudsolik merah kuning yang terdapat dihamparan seluruh kawasan Distrik Sorong Timur. Keadaan permukaan Kota Sorong yang terdiri dari gunung, buki-bukit dan dataran yang rendah yang ditandai dengan jurang, dan wilayah ini dialiri sungai-sungai sedang, kecil seperti sungai Rufei, sungai Klabala, sungai Duyung, sungai Remu, sungai Klagison, sungai Klawiki, sungai Klasaman dan sungai Klabtin.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Kota Sorong beriklim hutan hujan tropis (Af) dengan suhu udara minimum di Kota Sorong sekitar ±23 °C dan suhu udara maksimum sekitar ±33 °C. Curah hujan tahunan tercatat berada pada kisaran 2.700 hingga 3.200 mm. Curah hujan cukup merata sepanjang tahun serta tidak terdapat bulan tanpa hujan dan banyaknya hari hujan setiap bulan antara 9–27 hari. Kelembaban udara rata-rata tercatat ±83%.

Data iklim Sorong, Papua Barat, Indonesia
Bulan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des Tahun
Rata-rata tertinggi °C (°F) 32.6
(90.7)
32.5
(90.5)
31.5
(88.7)
30.7
(87.3)
30
(86)
29.4
(84.9)
29.5
(85.1)
29.9
(85.8)
31.6
(88.9)
32.7
(90.9)
33
(91)
32.8
(91)
31.35
(88.4)
Rata-rata harian °C (°F) 27.5
(81.5)
27.4
(81.3)
27.5
(81.5)
27.6
(81.7)
27.5
(81.5)
26.7
(80.1)
26.6
(79.9)
26.9
(80.4)
27.1
(80.8)
27.5
(81.5)
28
(82)
27.8
(82)
27.34
(81.18)
Rata-rata terendah °C (°F) 25.4
(77.7)
25.4
(77.7)
24.6
(76.3)
24.5
(76.1)
24.5
(76.1)
24
(75)
23.9
(75)
23.9
(75)
24.3
(75.7)
24.6
(76.3)
25.5
(77.9)
25.5
(77.9)
24.68
(76.39)
Presipitasi mm (inci) 194
(7.64)
180
(7.09)
198
(7.8)
243
(9.57)
368
(14.49)
373
(14.69)
321
(12.64)
277
(10.91)
234
(9.21)
207
(8.15)
186
(7.32)
188
(7.4)
2.969
(116,91)
Rata-rata hari hujan 9 5 10 14 18 19 17 15 14 12 7 7 147
% kelembapan 81 80 82 84 85 86 85 85 84 83 82 82 83.3
Rata-rata sinar matahari harian 6.5 6.9 6.4 6.3 5.2 4.6 4.9 5.4 5.7 6.1 6.8 6.7 5.96
Sumber #1: Climate-Data.org[14]
Sumber #2: Weatherbase[15]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Wali Kota[sunting | sunting sumber]

No Walikota Mulai jabatan Akhir jabatan Wakil Walikota
(-) Septinus Lobat
(Penjabat)
22 Agustus 2023 Petahana Lowong

Dewan Perwakilan[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kota Sorong dalam dua periode terakhir.[16][17][18][19]

Partai Politik Jumlah Kursi dalam Periode
2014-2019 2019-2024
PKB 1 Kenaikan 2
Gerindra 2 Kenaikan 3
PDI-P 3 Steady 3
Golkar 8 Steady 8
NasDem 3 Penurunan 2
PKS 0 Kenaikan 2
Perindo (baru) 2
PPP 1 Steady 1
PAN 3 Penurunan 2
Hanura 2 Steady 2
Demokrat 5 Penurunan 3
PBB 2 Penurunan 0
Jumlah Anggota 30 Steady 30
Jumlah Partai 10 Kenaikan 11

Kecamatan/Distrik[sunting | sunting sumber]

Secara administratif, Kota Sorong terdiri dari 10 distrik (setingkat dengan kecamatan), yaitu Sorong, Sorong Barat, Sorong Kepulauan, Sorong Timur, Sorong Utara, Sorong Manoi, Sorong Kota, Malaimsimsa, Klaurung dan Maladum Mes. Kemudian dibagi lagi atas 41 kelurahan yang tersebar pada masing-masing distrik tersebut. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 275.618 jiwa dengan luas wilayah 656,64 km² dan sebaran penduduk 420 jiwa/km².[20][21]

Daftar distrik dan kelurahan di Kota Sorong adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
Distrik Jumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
92.71.08 Klaurung 4
92.71.10 Maladum Mes 4
92.71.09 Malaimsimsa 4
92.71.01 Sorong 4
92.71.03 Sorong Barat 4
92.71.04 Sorong Kepulauan 4
92.71.07 Sorong Kota 4
92.71.06 Sorong Manoi 5
92.71.02 Sorong Timur 4
92.71.05 Sorong Utara 4
TOTAL 41


Demografi[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Sorong tahun 2022, dengan Luas wilayah 1.105 km² jumlah penduduk Kota Sorong pada tahun 2022 mencapai 295.809 jiwa, yang terdiri atas 155.628 laki-laki dan 140.181 perempuan. Jumlah penduduk laki-laki masih lebih banyak daripada penduduk perempuan dengan rasio jenis kelamin (sex ratio) sebesar 111,08, yang artinya dalam setiap 100 orang penduduk terdapat 111 orang penduduk laki-laki. Bila dilihat dari komposisi kelompok umur, struktur penduduk Kota Sorong tergolong sebagai penduduk usia muda pada usia produktif 20-34 tahun. Selain itu, jumlah kelahiran (Usia 0-4 tahun) di Kota Sorong juga tergolong tinggi. Jumlah penduduk usia belum produktif (0-14 tahun) adalah sekitar 23,33% terhadap total penduduk. Sedangkan penduduk usia non-produktif adalah sebesar 4,31% terhadap total penduduk. Dependency ratio Kota Sorong sebesar 38,20% yang artinya dari 100 orang yang masih produktif harus menanggung beban hidup sekitar 38 orang yang belum produktif (0-14 tahun) dan penduduk usia non-produktif (65 tahun keatas). Disamping itu, beban tanggungan penduduk perempuan ternyata lebih tinggi daripada penduduk laki-laki, dimana dependency ratio perempuan sebesar 30,40% sedangkan dependency ratio laki-laki hanya sebesar 37,14%.

Penyebaran penduduk Kota Sorong di setiap distrik cenderung tidak merata. Distrik yang memiliki wilayah lebih luas tidak diiringi dengan jumlah penduduk yang lebih banyak. Hal ini disebabkan sebagian besar penduduk lebih memilih tinggal di distrik yag lebih potensial secara ekonomi dan memiliki infrastruktur serta fasilitas umum yang lebih lengkap. Distrik Manoi berada pada peringkat tertinggi perihal kepadatan penduduk yakni 443 jiwa per km2. Sedangkan kepadatan penduduk terendah terdapat pada Distrik Maladum Mes yakni 92 jiwa per km2. Selain itu, Distrik Sorong Kepulauan juga memiliki kepadatan penduduk terendah karena karakteristik wilayahnya yang berupa kepulauan sehingga memiliki penduduk yang lebih sedikit[22][23]

Laju pertumbuhan penduduk Kota Sorong sebesar 2,27 persen per tahun.

Tahun Jumlah Penduduk Tahun Jumlah Penduduk
2000 119.800 2016 232.833
2008 172.855 2019 254.294
2013 213.683 2022 295.809

Agama[sunting | sunting sumber]

Sebuah gereja Protestan di Sorong

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2023, menunjukkan bahwa persentase agama penduduk kota Sorong mayoritas adalah Kekristenan yakni 54,80% (Kristen Protestan 47,25% dan Katolik 7,55%), kemudian jumlah pemeluk agama Islam berjumlah 44,92%, lalu Buddha 0,19% dan Hindu 0,08%.[3]

Agama di Kota Sorong (2023)
Agama Persen
Protestan
  
47,25%
Islam
  
44,92%
Katolik
  
7,55%
Buddha
  
0,19%
Hindu
  
0,08%
Lainnya
  
0,01%

Penduduk asli Papua Barat umumnya memeluk agama Kekristenan, ditambah etnis Batak, Minahasa, penduduk asal NTT, Maluku dan sebagian kecil Tionghoa, Jawa dan Dayak. Sedangkan pemeluk agama Islam berasal dari etnis Jawa, Sunda, Bugis, Makassar, Minangkabau dan lainnya. Sedangkan pemeluk agama Buddha umumnya adalah Tionghoa dan Hindu berasal dari etnis Bali.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Beberapa perguruan tinggi yang ada di kota Sorong yakni:

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Komoditas unggulan Kota Sorong yaitu sektor pertanian, Perkebunan dan jasa. Sub sektor perkebunan komoditas yang diunggulkan berupa Kakao, Kelapa dan cengkih. Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di provinsi ini tersedia 1 pelabuhan, yaitu Pelabuhan Sorong (Port of Sorong) dan 1 bandar udara, yaitu Bandar Udara Domine Eduard Osok. Sebelum adanya Bandar Udara Domine Eduard Osok, Kota Sorong menggunakan Bandar Udara Jeffman di Pulau Jeffman. Untuk mencapai bandar udara tersebut penumpang pesawat terbang menggunakan angkutan kapal dari Kota Sorong. Saat ini bandar udara tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Sorong dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 nilainya telah mencapai sekitar Rp 15,1 triliun. Besar kecilnya perkembangan PDRB Kota Sorong berpengaruh terhadap besar kecilnya sumbangan PDRB Kota Sorong terhadap pembentukan PDRB Provinsi Papua Barat.[butuh rujukan]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Sektor industri pengolahan merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi terbesar dalam pembangunan perekonomian Kota Sorong. Kota Sorong terkenal sebagai salah satu kota dengan peninggalan sejarah bekas perusahaan minyak milik Belanda Heritage Nederlands Nieuw-Guinea Petroleum Maatschappij (NNGPM). Beberapa kawasan wisata lainnya adalah taman rekreasi pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya, termasuk kawasan pantai pada Pulau Raam, Pulau Soop, Pulau Item dan Pulau Doom.[butuh rujukan]

Fasilitas wisata lainnya adalah taman rekreasi pantai Tanjung Kasuari dengan pesona pasir putihnya, Pulau Raam, Pulau Soop dan Pulau Doom yang terkenal dengan pantainya yang indah. Juga pulau Dofior yang terdapat Tugu Selamat Datang di Kota Sorong dengan menggunakan bahasa Moi (suku asli di Kota Sorong) yang ramah dan bersahabat menyambut pengunjung yang datang di Kota Sorong. Juga tembok Berlin yang terkenal dengan pemandangan panorama laut dan keindahan alam menjelang senja.

Kota Kembar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pembentukan Daerah-Daerah Otonom di Indonesia s/d Tahun 2014" (PDF). www.otda.kemendagri.go.id. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-07-12. Diakses tanggal 22 April 2021. 
  2. ^ "Statistik Daerah Kota Sorong 2023". BPS Kota Sorong. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-26. Diakses tanggal 21 July 2023. 
  3. ^ a b "Visualisasi Data Kependudukan - Kementerian Dalam Negeri 2023" (Visual). www.dukcapil.kemendagri.go.id. Diakses tanggal 14 Desember 2023. 
  4. ^ "Metode Baru Indeks Pembangunan Manusia 2019-2020". www.bps.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-27. Diakses tanggal 22 April 2021. 
  5. ^ a b c d e Mashad, Dhurorudin (2020). Muslim Papua: membangun harmoni berdasar sejarah agama di bumi cendrawasih (edisi ke-Cetakan pertama). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. ISBN 978-979-592-881-2. 
  6. ^ "New Guinea. The U.S. Army Campaign of World War II". U.S. Army Center of Military History. Diakses tanggal 2024-02-22. 
  7. ^ Liputan6.com (2022-05-19). "Warga Sorong Papua Temukan Bom Perang Dunia Saat Keruk Pembuangan Air". liputan6.com. Diakses tanggal 2024-02-20. 
  8. ^ PacificWrecks.com. "Pacific Wrecks". pacificwrecks.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-21. 
  9. ^ "Pulau Doom island - Reisverslag uit Sorong, Indonesië van Stephan Manie - WaarBenJij.nu". stephanmanie.waarbenjij.nu. Diakses tanggal 2024-02-21. 
  10. ^ "Sorong, Nederlands Nieuw Guinea/Netherlands New Guinea/Irian Jaya/West Papua". www.vanderheijden.org. Diakses tanggal 2024-02-21. 
  11. ^ "Sorong, Nederlands Nieuw Guinea/Netherlands New Guinea/Irian Jaya/West Papua". www.vanderheijden.org. Diakses tanggal 2024-02-21. 
  12. ^ "Pemerintah Kabupaten Sorong | Sejarah". sorongkab.go.id. Diakses tanggal 2024-03-06. 
  13. ^ "Sejarah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong". Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI KPPN Sorong. Diakses tanggal 2024-02-21. 
  14. ^ "Sorong, Papua Barat, Indonesia". Climate-Data.org. Diakses tanggal 7 Februari 2021. 
  15. ^ "Sorong, Indonesia". Weatherbase. Diakses tanggal 7 Februari 2020. 
  16. ^ "Info Pemilu 2019". KPU RI. Diakses tanggal 25-03-2020. 
  17. ^ "BPS Kota Sorong". sorongkota.bps.go.id. Diakses tanggal 2019-09-18. 
  18. ^ Club, Sion Study (Selasa, 13 Mei 2014). "DAFTAR ANGGOTA DPRD KOTA SORONG TAHUN 2014/2019 | BELANTARA PAPUA". DAFTAR ANGGOTA DPRD KOTA SORONG TAHUN 2014/2019 | BELANTARA PAPUA. Diakses tanggal 2019-09-18. 
  19. ^ "BPS Kota Sorong". sorongkota.bps.go.id. Diakses tanggal 2019-09-18. 
  20. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Desember 2018. Diakses tanggal 3 Oktober 2019. 
  21. ^ "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Permendagri nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan". Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 Oktober 2019. Diakses tanggal 15 Januari 2020. 
  22. ^ "BPS Kota Sorong". sorongkota.bps.go.id. Diakses tanggal 2024-02-22. 
  23. ^ sorongkota.bps.go.id https://sorongkota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=NmQ5Y2YwMjJhMDU2MjUyMDE4ZmQyOWUw&xzmn=aHR0cHM6Ly9zb3Jvbmdrb3RhLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDIzLzA1LzMxLzZkOWNmMDIyYTA1NjI1MjAxOGZkMjllMC9pbmRla3MtcGVtYmFuZ3VuYW4tbWFudXNpYS1rb3RhLXNvcm9uZy0yMDIyLmh0bWw=&twoadfnoarfeauf=MjAyNC0wMi0yMiAxNTo0NToyNw==. Diakses tanggal 2024-02-22.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]