Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru.
My Teen Romantic Comedy SNAFU cover.jpg
Gambar sampul novel ringan volume pertama.
やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。
(Yahari Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru.)
Genre
Novel ringan
PengarangWataru Watari
IlustratorPonkan8
PenerbitShogakukan
Penerbit bahasa Inggris
ImprintGagaga Bunko
DemografiMale
Terbit18 Maret 201119 November 2019
Volume14 + 3 koleksi cerita pendek (Daftar volume)
Manga
My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected -Monologue-
PengarangRechi Kazuki
PenerbitSquare Enix
MajalahBig Gangan
DemografiSeinen
Terbit25 September 2012 – sekarang
Volume16 (Daftar volume)
Manga
My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected @ comic
PengarangNaomichi Io
PenerbitShogakukan
Penerbit bahasa Inggris
Yen Press
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
MajalahMonthly Sunday Gene-X
DemografiSeinen
Terbit19 Desember 2012 – sekarang
Volume15 (Daftar volume)
Manga
Yahari 4-koma demo Ore no Seishun Rabu Kome wa machigatteiru.
PengarangYūta Taneda
PenerbitIchijinsha
MajalahManga 4-koma Palette
DemografiSeinen
Terbit22 April 201322 Juni 2015
Volume2
Seri anime
My Teen Romantic Comedy SNAFU
SutradaraAi Yoshimura
Produser
  • Hajime Maruyama
  • Junichirō Tanaka
  • Kozue Kaneniwa
  • Kentarō Hattori
SkenarioShōtarō Suga
MusikKakeru Ishihama (Monaca)
StudioBrain's Base
Pelisensi
Saluran
asli
TBS, MBS, CBC, BS-TBS
Saluran bahasa Inggris
Tayang 5 April 2013 28 Juni 2013
Episode13 + OVA (Daftar episode)
Permainan
Yahari Game demo Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru.
Pengembang5pb.
Penerbit5pb.
PlatformPlayStation Vita
Rilis
  • JP: September 19, 2013
Seri anime
My Teen Romantic Comedy SNAFU TOO!
Sutradara
  • Kei Oikawa
  • Asisten sutradara:
  • Takashi Ikehata
Produser
  • Junichirō Tanaka
  • Yōhei Hayashi
  • Kazuaki Takahashi
  • Takumi Kohama
SkenarioShōtarō Suga
Musik
  • Kakeru Ishihama (Monaca)
  • Kuniyuki Takahashi (Monaca)
StudioFeel
Pelisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Animatsu Entertainment
Saluran
asli
TBS, CBC, TUT, MBS, BS-TBS
Saluran bahasa Inggris
Tayang 3 April 2015 26 Juni 2015
Episode13 + OVA (Daftar episode)
Permainan
Yahari Game demo Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru. Zoku
Pengembang5pb.
Penerbit5pb.
PlatformPlayStation Vita
Rilis
  • JP: October 27, 2016
Seri anime
My Teen Romantic Comedy SNAFU Climax
Sutradara
  • Kei Oikawa
  • Asisten sutradara:
  • Shōta Imai
Produser
  • Junichirō Tanaka
  • Masazumi Katō
  • Kazuaki Takahashi
  • Yoshinori Hasegawa
SkenarioKeiichirō Ōchi
Musik
  • Kakeru Ishihama (Monaca)
  • Kuniyuki Takahashi (Monaca)
StudioFeel
PelisensiSentai Filmworks
Saluran
asli
TBS, MBS, CBC, BS-TBS
Tayang 9 Juli 2020 – sekarang
Episode12 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Yahari Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru. (bahasa Jepang: やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。), disingkat menjadi OreGairu (俺ガイル) dan Hamachi (はまち),[3] juga dikenal sebagai My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected dan My Teen Romantic Comedy SNAFU, adalah sebuah seri novel ringan asal Jepang yang ditulis oleh Wataru Watari dan diilustrasikan oleh Ponkan8. Seri ini mengisahkan tentang Hachiman Hikigaya, seorang remaja yang bersifat pesimis, berpikiran tertutup, dan realistis, yang dipaksa oleh gurunya untuk bergabung dengan klub layanan di sekolahnya dan bekerja sama dengan dua orang gadis yang memiliki masalahnya masing-masing. Mereka menawarkan bantuan dan saran kepada orang lain sembari menangani konflik batin yang dialami mereka.

Seri ini telah diadaptasi menjadi tiga manga dan dua volume antologi. OreGairu juga telah diadaptasi menjadi seri anime, yang ditayangkan sejak tanggal 4 April hingga 27 Juni 2013 dan diikuti oleh musim kedua yang ditayangkan sejak tanggal 2 April hingga 25 Juni 2015. Musim ketiga dan terakhir ditayangkan sejak tanggal 9 Juli 2020. Yahari Game demo Ore no Seishun Rabukome wa Machigatteiru, sebuah permainan video yang dirilis oleh 5pb. untuk platform PlayStation Vita, dirilis pada tanggal 19 September 2013. Permainan video lain yang juga dikembangkan oleh 5pb dirilis pada tanggal 27 Oktober 2016.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita berawal dari dua orang penyendiri, Hachiman Hikigaya and Yukino Yukinoshita, yang walaupun memiliki kepribadian dan prinsip yang berbeda, memberikan bantuan dan saran kepada orang lain sebagai bagian dari Klub Relawan di sekolah mereka, dibantu oleh Yui Yuigahama, seorang gadis yang periang dan ramah. Cerita ini sebagian besar menggambarkan berbagai situasi sosial yang dihadapi oleh remaja di lingkungan sekolah dan masalah psikologis dalam interaksi mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Karakter utama dalam serial ini adalah anggota Klub Relawan, yang dipimpin oleh Yukino.

Hachiman Hikigaya (比企谷 八幡, Hikigaya Hachiman)
Pengisi suara: Takuya Eguchi
Sudut pandang pertama pada novel ringan ini. Hachiman adalah siswa kelas 2F pada SMA Sōbu yang terisolasi, tanpa teman, dan pragmatis. Ciri-ciri fisik yang paling menonjol adalah "mata ikan mati"-nya. Dia sangat percaya bahwa "masa muda" hanyalah sebuah ilusi yang diciptakan oleh orang-orang munafik, untuk orang-orang munafik yang lahir dari abu kegagalan masa lalu. Dalam keadaan ini, ia dipaksa bergabung dengan Klub Relawan oleh gurunya dengan harapan bahwa memaparkan dirinya kepada dunia akan mengubah kepribadiannya. Hachiman percaya bahwa dirinya tidak penting, dengan demikian bersedia untuk menimpakan kesalahan pada dirinya untuk menjaga orang lain tetap bahagia. Dia dipanggil "Hikki" oleh Yui. Kelompok Hayato memanggil dia sebagai "Hikitani".
Pada hari pertama sekolah, dia terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil saat hendak menyelamatkan anjing Yui, yang mmengakibatkan dia harus dirawat di rumah sakit selama 3 minggu. Dia berpikir bahwa perasaan Yui baginya hanya karena rasa bersalah, dengan demikian dia menolak Yui secara tidak langsung, berpikir bahwa dia hanya akan menimbulkan kesulitan baginya. Dia juga menjauhkan diri dari Yukino setelah menyadari bahwa mobil yang menabrak dirinya adalah milik Yukino. Namun akhirnya kesalahpahaman pada kedua masalah tersebut dapat diselesaikan.
Yukino Yukinoshita (雪ノ下 雪乃, Yukinoshita Yukino)
Pengisi suara: Saori Hayami
Yukino adalah siswi kelas 2J dan pemimpin klub Relawan. Dia adalah gadis pintar, cantik, dan dijuluki sebagai "Ice-cold Beauty" karena sikapnya yang dingin. Dia berasal dari keluarga yang kaya. Karena popularitas di kalangan laki-laki, sebagian besar gadis iri padanya, lalu mengucilkannya, sehingga dia hanya memiliki sedikit teman. Kepribadiannya sering menyebabkan dia menjadi terganggu pada kenaifan orang lain, terutama Yui, dan tanpa ragu untuk menunjukkannya. Meskipun demikian, Yui masih memanggilnya dengan panggilan khusus, "Yukinon". Dia mengenali Hachiman dari kecelakaan mobil, tapi menyangkal hal tersebut saat Hachiman bergabung dengan klub Relawan. Setelah festival budaya usai, dia masih tidak mengakui Hachiman sebagai teman, tetapi dia mengakui dia sebagai seorang kenalan.
Yui Yuigahama (由比ヶ浜 結衣, Yuigahama Yui)
Pengisi suara: Nao Tōyama
Yui adalah teman sekelas Hachiman. Dia adalah seorang gadis yang periang dan ramah. Dia merupakan "pelanggan" pertama klub Relawan, yang meminta bantuan untuk membuat kue untuk "seseorang". Masalah yang ia miliki bukan pada kepribadiannya, melainkan pada ketidakmampuannya untuk mengekspresikan dirinya karena takut kehilangan teman. Dia mengagumi Yukino dan Hahiman karena mampu mengekspresikan perasaan mereka. Dia percaya bahwa bakat merupakan bawaan lahir dan membuatnya ingin menjadi seperti orang lain sampai Yukino mengubah cara berpikir tersebut. Setelah pengalamannya dengan Klub Relawan, Yui mulai menghadiri sesi Klub Relawan setelah sekolah, meskipun awalnya ada rasa keberatan dari Yukino. Dia memiliki perasaan terhadap Hachiman sejak anjingnya diselamatkan pada hari pertama sekolah.

Kelas 2F[sunting | sunting sumber]

Saika Totsuka (戸塚 彩加, Totsuka Saika)
Pengisi suara: Mikako Komatsu
Saika adalah ketua dari klub tenis yang memiliki penampilan seperti perempuan, tetapi meminta orang lain agar tidak salah sangka terhadap jenis kelaminnya. Pada pertemuan pertama mereka, Saika meminta bantuan kepada Hachiman agar bergabung dengan klub tenis, tetapi dicegah oleh Yukino. Saika lalu meminta klub Relawan untuk membantunya meningkatkan kemampuannya dalam tenis. Dia merupakan salah satu dari sedikit orang yang memanggil hachiman dengan nama awal.
Hayato Hayama (葉山 隼人, Hayama Hayato)
Pengisi suara: Takashi Kondō
Hayato adalah teman masa kecil Yukino dan bintang pada klub sepak bola sekolahnya. Dia sangat baik terhadap orang lain, termasuk Hachiman, dan sering menawarkan bantuan kepada orang lain. Walaupun begitu, Hayato menyatakan dia tidak akan pernah bisa memiliki hubungan baik dengan Hachiman. Dia dan Yukino memiliki hubungan yang tidak baik, kemungkinan berkaitan dengan insiden di masa lalu.
Yumiko Miura (三浦 優美子, Miura Yumiko)
Pengisi suara: Marina Inoue
Yumiko adalah seorang gadis yang populer dari kelas 2F dengan kepribadian yang angkuh. Karena popularitasnya, dia tidak memiliki masalah dalam berteman dan tidak memiliki pengertian terhadap orang yang memiliki masalah sosial.
Hina Ebina (海老名 姫菜, Ebina Hina)
Pengisi suara: Nozomi Sasaki
Hina adalah seorang fujoshi dari kelas 2F. Hina tahu perasaan Kakeru terhadap dirinya selama perjalanan sekolah namun dia tidak ingin terlibat dalam hubungan pada saat ini karena merasa kurang percaya diri, dengan demikian dia meminta bantuan kepada Hachiman untuk membantu mempertahankan status quo tersebut.
Saki Kawasaki (川崎 沙希, Kawasaki Saki)
Pengisi suara: Ami Koshimizu
Saki adalah teman sekelas Hachiman yang terlihat seperti anak berandalan, tetapi sebenarnya memiliki niat untuk memiliki teman. Dia sangat peduli terhadap adiknya sehingga dia bekerja sampingan agar dapat membiayai sekolah dan mengurangi beban keluarga. Dia berhenti bekerja setelah klub Relawan menyarankan dia untuk mengincar beasiswa
Kakeru Tobe (戸部 翔, Tobe Kakeru)
Pengisi suara: Chado Horii
Kakeru adalah anggota dari kelompok Hayama. Dia merupakan klub sepak bola. Dia memiliki perasaan terhadap Hina.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Shizuka Hiratsuka (平塚 静, Hiratsuka Shizuka)
Pengisi suara: Ryōka Yuzuki
Shizuka adalah guru bahasa yang menjapat sebagai konsultan pada klub Relawan. Dia sadar akan masalah yang dimiliki Hachiman sehingga memaksanya untuk bergabung dengan Klub relawan. Dia adalah seorang perokok muda dan sangat sensitif tentang usia dan status lajang. Dia juga tidak pernah ingat untuk mengetuk pintu sebelum masuk ke ruangan klub Relawan, yang sering menyebabkan Yukino kecewa.
Komachi Hikigaya (比企谷 小町, Hikigaya Komachi)
Pengisi suara: Aoi Yūki
Komachi adalah adik dari Hachiman, berbeda dengan kakaknya, dia adalah seorang yang periang. Dia menyadari masalah pada kepribadian kakaknya namun tetap peduli dan bergantung padanya. Saat bersama kakaknya, dia menunjukkan kepintaran dengan mencoba untuk memasangakan Hachiman dengan Yukino atau Yui.
Yoshiteru Zaimokuza (材木座 義輝, Zaimokuza Yoshiteru)
Pengisi suara: Nobuyuki Hiyama
Yoshiteru adalah siswa dari kelas 2C . Dia menganggap Hachiman sebagai teman setelah mereka perpasangan pada pelajaran olahraga. Walaupun terlihat mengesalkan, dia memiliki sekelompok teman otaku. Dia bercita-cita menjadi penulis novel ringan.
Haruno Yukinoshita (雪ノ下 陽乃, Yukinoshita Haruno)
Pengisi suara: Mai Nakahara
Haruno adalah kakak dari Yukino. Tidak seperti Yukino, dia menampilkan sikap yang baik di depan orang lain, meskipun dia berbohong terhadap perasaan sebenarnya. Dia adalah alumni SMA Sōbu. Dia mmengakui kemampuan persepsi Hachiman sehingga dia sering menggodanya.
Rumi Tsurumi (鶴見 留美, Tsurumi Rumi)
Pengisi suara: Sumire Morohoshi
Rumi adalah seorang siswi sekolah dasar yang menjadi penyendiri karena dikucilkan oleh teman-temannya
Meguri Shiromeguri (城廻 めぐり, Shiromeguri Meguri)
Pengisi suara: Azumi Asakura
Meguri adalah seorang siswi tahun ketiga dan mantan ketua OSIS SMA Sōbu.
Iroha Isshiki (一色 いろは, Isshiki Iroha)
Pengisi suara: Ayane Sakura
Iroha adalah seorang siswi tahun pertama yang menjadi manajer klub sepak bola. Dia kini menjadi ketua OSIS di SMA Sōbu.
Kaori Orimoto (折本 かおり, Orimoto Kaori)
Pengisi suara: Haruka Tomatsu
Kaori adalah teman sekelas Hachiman di SMP. Hachiman mengungkapkan perasaannya kepada Kaori namun ditolak.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Seri novel ringan ditulis oleh Wataru Watari dan diilustrasikan oleh Ponkan8. Diterbitkan oleh Shogakukan dibawah Gagaga Bunko. Volume pertama diterbitkan pada 18 Maret 2011.[4]

Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga pertama diilustrasikan oleh Rechi Kazuki dan diterbitkan oleh Square Enix dengan judul Yahari Ore no Seishun Rabu Kome wa Machigatteiru. -Monologue- (やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。-妄言録-). Serialisasinya dimulai pada majalah Big Gangan pada 25 September 2012.[5] Serial kedua, diilustrasikan oleh Naomichi Io dan berjudul Yahari Ore no Seishun Rabu Kome wa Machigatteiru. @comic (やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。@comic), serialisasi dimulai di majalah Monthly Sunday Gene-X. Dikumpulkan dalam emppat volume tankōbon, diterbitkan, antara 17 Mei 2013[6] dan 19 November 2014[7] Sebuah serial manga 4 panel oleh Yūta Taneda diterbitkan oleh Ichijinsha dengan judul Yahari 4-koma demo Ore no Seishun Rabu Kome wa machigatteiru. (やはり4コマでも俺の青春ラブコメはまちがっている。), volume tankobon nya dirilis pada 21 Juni 2014.[8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial televisi anime dengan 12 episode didireksi oleh Ai Yoshimura dan diproduksi oleh Brain's Base, ditayangkan dari 4 April hingga 20 Juni 2013,[9] dengan sebuah episode tambahan dengan cerita ditulis sendiri oleh Wataru Watari pada 27 Juni 2013.[10] Crunchyroll menyiarkan serial ini dengan terjemahan bahasa Inggris.[11] Sebuah episode OVA dirilis pada 19 September 2013.[10] Lagu tema pembukanya adalah "Yukitoki" (ユキトキ) oleh Nagi Yanagi dan lagu tema penutup "Hello Alone" oleh Saori Hayami and Nao Tōyama.[12]

Serial season kedua diumumkan oleh Shogakukan pada 2014.[13] Sekuel ini, dengan judul "Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru. Zoku", diproduksi oleh Studio Feel dan didireksi oleh Kei Oikawa, dengan desain karakter oleh Yuu Shindou.[14] Serial ini mulai ditayangkan pada 2 April 2015. Lagu tema pembukanya adalah "Harumodoki" (春擬き) oleh Nagi Yanagi.[15] Lagu tema penutupnya adalah "Everyday World." (エブリデイワールド) oleh Saori Hayami dan Nao Tōyama.[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moody, Allen. "My Teen Romantic Comedy SNAFU". T.H.E.M. Anime. Diakses tanggal 24 Juni 2020. 
  2. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Official Sentai
  3. ^ 『やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。』略称を考えるコーナー. Wataru Watari Blog (dalam bahasa Jepang). 15 Februari 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 April 2013. Diakses tanggal 10 Januari 2013. 
  4. ^ "やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。 (ガガガ文庫)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2013-06-09. 
  5. ^ "ビッグガンガン 2012年 Vol.10 10/24号" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2013-06-15. 
  6. ^ "やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。@comic 1 (サンデーGXコミックス)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2013-06-15. 
  7. ^ "やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。@comic 4 (サンデーGXコミックス)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2014-11-25. 
  8. ^ "やはり4コマでも俺の青春ラブコメはまちがっている。(1) (IDコミックス/4コマKINGSぱれっとコミックス)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 2014-05-26. 
  9. ^ "'My Youth Romantic Comedy Is Wrong as I Expected' Anime's 1st Promo Streamed". Anime News Network. 2013-03-08. Diakses tanggal 2013-03-20. 
  10. ^ a b "My Teen Romantic Comedy SNAFU Gets More Anime". Anime News Network. 2013-05-16. Diakses tanggal 2013-05-17. 
  11. ^ "Crunchyroll to Stream 'My Teen Romantic Comedy SNAFU' TV Anime". Anime News Network. 2013-04-09. Diakses tanggal 2013-04-09. 
  12. ^ "'My Youth Romantic Comedy Is Wrong as I Expected' Anime's Teaser Posted". Anime News Network. 2013-03-30. Diakses tanggal 2013-03-31. 
  13. ^ "My Teen Romantic Comedy SNAFU Anime Gets 2nd Season". Anime News Network. April 16, 2014. Diakses tanggal April 17, 2014. 
  14. ^ "Outbreak Company's Oikawa to Direct My Teen Romantic Comedy SNAFU Season 2 at Studio feel". Anime News Network. October 16, 2014. Diakses tanggal October 16, 2014. 
  15. ^ "'Nagi Yanagi Returns to Perform 2nd My Teen Romantic Comedy SNAFU Season's Opening". Anime News Network. February 22, 2015. Diakses tanggal April 4, 2015. 
  16. ^ "Saori Hayami, Nao Tōyama Return to Sing 2nd My Teen Romantic Comedy SNAFU Season's Ending". Anime News Network. March 9, 2015. Diakses tanggal April 4, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]