Yosuga no Sora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yosuga no Sora
Sampul depan novel visual orisinal Yosuga no Sora menampilkan Akira Amatsune (atas) dan Sora Kasugano (bawah)
ヨスガノソラ
GenreErotis, romansa
Permainan
PengembangSphere
PenerbitSphere
GenrePermainan petualangan, novel visual
PlatformWindows
Rilis5 Desember 2008
Manga
PengarangTakashi Mikaze
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahComp Ace
DemografiSeinen
Terbit26 Mei 201025 Desember 2010
Volume2
Seri anime
SutradaraTakeo Takahashi
SkenarioNaruhisa Arakawa
Musik
  • Manabu Miwa
  • Bruno Wen-li
StudioFeel
Pelisensi
Media Blasters
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang 4 Oktober 2010 20 Desember 2010
Episode12 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Yosuga no Sora (ヨスガノソラ, terj. har. Langit Penghubung) merupakan novel visual romansa dewasa yang dibuat oleh CUFFS ("Sphere"). Permainan ini pada awalnya dirilis untuk Windows pada 5 Desember 2008,[1] dan diadaptasi menjadi sebuah manga serial dan seri televisi anime. Sekuel berjudul Haruka na Sora dirilis pada 24 Oktober 2009 mengandung cerita baru dan berkembang untuk beberapa karakter dari permainan aslinya.[2]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Akibat orang tuanya mengalami kecelakaan mobil, Haruka dan Sora Kasugano melakukan perjalanan ke tempat tinggal di desa tempat kakek dan nenek mereka pernah tinggal melalui kereta api, berharap dapat membangun kehidupan yang baru. Mereka berdua sama-sama merasa kesepian, tetapi berbeda secara spiritual, dan tidak menyadari tantangan-tantangan yang akan muncul pada masa mendatang. Tidak yakin tentang masa depan, jiwa Haruka Kasugano melekat pada kenangan masa lalunya, berharap menemukan kekuatan yang dibutuhkan untuk melindungi saudara perempuannya yang sakit. Ketika cerita tersebut berkembang, terdapat empat kisah berbeda dengan satu gadis dalam setiap kisah tersebut: gadis yang kaya tetapi baik, sopan tetapi sedih, tertekan tetapi penuh harapan, dan mungil tetapi galak.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Haruka Kasugano (春日野 悠, Kasugano Haruka)
Pengisi suara: Hiro Shimono (anime, remaja), Megumi Matsumoto (anime, anak-anak)
Tokoh protagonis dalam seri ini, yang memiliki penampilan gagah dan bertubuh langsing. Haruka dalam banyak hal merupakan gambaran yang bertolak belakang dari saudara kembarnya, Sora. Dengan kepribadian dan jujurnya, dia dapat menjalin persahabatan dengan mudah. Haruka mengatasi kehilangan orang tuanya dengan hati yang gagah, dibebani dengan kenyataan bahwa masa depan adik perempuannya bergantung padanya. Dia tidak bisa berenang. Haruka dihormati di sekitar tempat tinggalnya karena nenek mereka pernah menjadi dokter di sana. Permainan ini menggambarkan rute tempat Haruka terlibat dalam hubungan romantis dan seksual dengan tokoh utama dalam cerita. Jika rute Sora yang dipilih, dia menyadari bahwa dia jatuh cinta dengan Sora dan mereka masuk ke dalam hubungan intim. Ketika Nao dan Kozue mengetahuinya, dia mencoba untuk mengakhiri perasaan itu, tetapi memutuskan bahwa bersama dengan Sora adalah yang paling penting baginya sehingga membuatnya melarikan diri bersama dengan Sora. Dalam sekuel Haruka na Sora, dia dan Sora berhasil menikah dan memiliki seorang anak.
Sora Kasugano (春日野 穹, Kasugano Sora)
Pengisi suara: Haruka Shiranami (permainan), Hiroko Taguchi (anime)
Dia adalah gadis yang pendiam, rapuh dan tertutup, dan merupakan saudara kembar fraternal Haruka. Bertubuh lemah sejak lahir, Sora tidak dapat hidup mandiri. Namun di bawah penampilan malaikat Sora yang seperti boneka, terletak kepribadian yang merepotkan yang cenderung menarik diri secara emosional, kemalasan intelektual dan fisik, serta kurangnya kasih sayang sosial. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya berselancar di Internet dan makan keripik dan makanan instan, selama Haruka ada di sisinya. Ikatannya yang kuat dengan saudara laki-lakinya, yang diperkuat sebagai akibat dari kehilangan orang tuanya yang tragis, membuatnya berfantasi tentang inses dan berusaha keras untuk merayunya atau setidaknya untuk membuatnya menghabiskan lebih banyak waktu bersamanya. Dia membenci Nao, meskipun tersirat bahwa mereka pernah berteman baik. Dia sering terlihat membawa sebuah boneka kelinci, yang dia terima sebagai hadiah dari ibunya sebelum dia meninggal. Dalam sekuelnya Haruka na Sora, dia dan Haruka berhasil menikah dan memiliki seorang anak.
Nao Yorihime (依媛 奈緒, Yorihime Nao)
Pengisi suara: Ayaka Kimura (permainan), Yuka Inokuchi (anime)
Cantik, cerdas, dan perenang hebat, Nao adalah tetangga dan teman masa kecil Haruka. Ketika si kembar Kasugano terakhir kali mengunjungi daerah itu, kepergiannya sangat menyakitkan bagi Nao, yang, karena suatu alasan, telah tumbuh dekat dengan Haruka. Setelah mereka kembali ke desa, dia melanjutkan kembali hubungan dekat mereka sebelumnya. Belas kasihan dan kedewasaan Nao memproyeksikan rasa cinta persaudaraan terhadap orang lain, meskipun untuk Haruka ada perasaan yang lebih dalam dan lebih intim. Dia mengakhiri hubungannya dengan Haruka setelah mengetahui Haruka dan Sora berhubungan intim. Dia menjadi apatis dan sedih setelah mereka meninggalkan desa.
Akira Amatsume (天女目 瑛, Amatsume Akira)
Pengisi suara: Mana Tsukishiro (permainan), Kayo Sakata (anime)
Akira adalah teman sekelas Haruka yang enerjik dan berkepribadian polos. Antusiasmenya menular kepada orang-orang di sekitarnya. Dia menjadi yatim piatu ketika masih bayi dan dibawa oleh penjaga kuil shinto lokal dan dibesarkan sebagai cucunya ketika tidak ada kerabatnya bersedia mengambilnya. Meskipun masih remaja, Akira adalah satu-satunya miko dan penjaga kuil sejak kakek angkatnya meninggal. Dia menghabiskan banyak waktunya untuk mempraktikkan kebiasaan dan tradisi desa, termasuk pertunjukan upacara yang menjadi syarat festival liburan. Dia juga mencurahkan banyak waktunya untuk membantu orang tua di desa, membuatnya dicintai oleh semua orang. Sangat tersirat bahwa dia adalah anak perempuan tidak sah dari ayah Kazuha.
Kazuha Migiwa (渚 一葉, Migiwa Kazuha)
Pengisi suara: Nazuna Gogyo (permainan), Ryōko Ono (anime)
Teman sekelas Haruka dan putri dari tokoh terkemuka, Kazuha menjalani kehidupan yang dapat dibandingkan dengan seorang putri modern. Berpikir tajam dan penuh perhatian pada detail sebagai hasil dari perjalanan konstan orang tuanya dan penghubung jarak jauh, dia belajar berperilaku bertanggung jawab sejak usia muda, sesuai dengan status sosialnya. Walau demikian, Kazuha tidak menganggap dirinya lebih unggul dari yang lain dan tidak ragu untuk membantu jika diminta. Kazuha adalah pemain viola yang berpengalaman, tetapi dia menghindar memainkannya dalam kompetisi atau perlombaan. Dia lebih suka bermain viola hanya untuk orang-orang yang dia sayangi. Dia menyayangi Akira terus-menerus dan khawatir terhadap kesejahteraannya. Terungkap (tersirat) bahwa mereka adalah saudara tiri dengan Kazuha merujuk pada Akira sebagai saudara perempuan. Kekhawatiran Kazuha yang berlebihan terhadap Akira berasal dari keinginannya untuk menebus penolakan ibunya untuk mengakui keberadaan Akira dan ayahnya yang mengabaikannya.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Kozue Kuranaga (倉永 梢, Kuranaga Kozue)
Pengisi suara: Yumi Haruna (permainan), Airi Himekawa (Haruka na Sora), Yukari Minegishi (anime)
Ketua kelas Haruka, Ryouhei, Kazuha dan Akira. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Haruka karena profil dan penampilannya yang lembut. Kozue merupakan orang yang pemalu tetapi serius. Dia juga sangat sopan dan melalui penampilan pemalu dan bertanggung jawabnya, dia memiliki mode "khayalan" di mana dia membayangkan berada dalam hubungan romantis dengan Haruka. Dalam alur cerita Sora, dia adalah orang yang mengetahui bahwa Haruka dan Sora melakukan hubungan intim, dan orang yang paling tidak dapat menerima hubungan mereka karena perasaannya terhadap Haruka. Pada akhir episode terakhir, dia mempertanyakan Nao jika perasaan adalah hal yang penting ketika menyukai seseorang. Dalam Haruka na Sora, dia adalah tokoh protagonis pada rutenya.
Yahiro Ifukube (伊福部 やひろ, Ifukube Yahiro)
Pengisi: Hikaru Isshiki (permainan), Ryōko Tanaka (anime)
Sahabat terbaik Motoka Nogisaka dan pemilik toko permen milik keluarga, Yahiro yang tampak kasar lebih suka menghabiskan waktunya untuk tidur dan minum-minum. Sebenarnya, tingkah lakunya yang pemarah dan sinis menyembunyikan kepribadian sejati Yahiro: seorang wanita yang masa lalunya dipenuhi dengan mimpi-mimpi yang hilang, janji-janji yang terlupakan, dan percintaan yang hancur. Dia adalah penjaga Akira tak resmi sejak kakek angkatnya meninggal. Dalam memahami arus bawah yang dirasakan di sekitar Akira dan Kazuha, Haruka membujuk Yahiro untuk menjelaskan bahwa, tanpa diketahui karakter-karakter lainnya, ayah Akira telah membantunya secara finansial karena ia telah menghabiskan tabungannya sejak ia bekerja di kota juga. Dalam Haruka na Sora dia menunjukkan sisi yang lebih lucu darinya sebagai "tsundere" dalam rutenya.
Motoka Nogisaka (乃木坂 初佳, Nogisaka Motoka)
Pengisi suara: Soyogi Tono (permainan), Tae Okajima (anime)
Motoka adalah seorang mahasiswa yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja sebagai pelayan di Rumah Tangga Migiwa. Meskipun tidak cocok untuk pekerjaan rumah tangga, belas kasihnya yang hangat dan kepribadiannya yang menawan mengimbangi kekurangan ini. Dia berteman baik dengan Ifukube Yahiro. Dia adalah bintang dari fitur bonus omake anime, di mana dia menghibur orang-orang dan akhirnya menyukai Haruka, meskipun dia secara signifikan lebih muda darinya.
Ryouhei Nakazato (中里 亮平, Nakazato Ryōhei)
Pengisi suara: Sai Ushirono (permainan), Takurou Nakakuni (anime)
Teman sekelas Haruka. Ryouhei adalah tipe orang yang selalu bisa diandalkan, meskipun terkadang menjadi bodoh dan mengakuinya. Ketika situasi membutuhkannya, Ryouhei dapat memberikan saran yang sangat masuk akal, dengan mata yang cepat mengidentifikasi akar masalahnya.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Riwayat perilisan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini pada awalnya dirilis hanya untuk komputer Windows pada 5 Desember 2008.[1] Sekuel berikutnya yang berjudul Haruka na Sora dirilis kemudian pada 24 Oktober 2009, yang memuat skenario penuh bagi Kozue dan Yahiro, yang merupakan perluasan cerita Sora dari permainan aslinya, dan materi bonus tambahan.[2]

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Yosuga no Sora diadaptasi menjadi sebuah seri anime 12 episode yang mulai tayang pada 4 Oktober 2010. Setiap episode terdiri atas 22 menit segmen utama dan 3 menit segmen omake. Alur cerita utama anime ini ditayangkan dalam format percabangan multialur yang tiap-tiap alur menceritakan cerita Kazuha, Akira, Nao, dan Sora. Judul setiap episode menggabungkan nama-nama karakter yang bersangkutan. Segmen bonus berfokus pada cerita Motoka dan lebih mengandalkan humor dan desain karakter super cacat. Setiap segmen memiliki urutan kredit akhir sendiri pada setiap episode.

Lagu tema pembuka adalah 比翼の羽根 (Hiyoku no Hane) oleh eufonius, dan lagu tema penutup adalah ツナギキズナ (Tsunagukizuna) oleh Nekocan dibintangi Junca Amaoto, dan ピンキー・ジョーンズ (Pinky Jones) oleh Momoiro Clover.

Volume pertama seri tersebut dirilis oleh King Records untuk format DVD dan Blu-ray Disc pada 22 Desember 2010, dan volume keempat terakhir dirilis pada 26 Maret 2011 dengan Blu-ray Disc edisi terbatas dan tali gantungan boneka Sora Kasugano.[3]

Seri anime ini ditayangkan perdana di Toku di Amerika Serikat pada 31 Desember 2015.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

 
 
 
 
 
 
 
ep. 1
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
ep. 2
 
 
 
 
 
 
 
ep. 7
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
ep. 3
 
ep. 5
 
 
 
ep. 8
 
ep. 10
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
ep. 4
 
ep. 6
 
 
 
ep. 9
 
ep. 11
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
ep. 12
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kazuha
 
Akira
 
 
 
Nao
 
Sora


Dalam tanda kurung adalah nomor episode untuk setiap jalan, mis. (A3) adalah episode ketiga dalam jalan Akira. Legenda: A-Akira, K-Kazuha, N-Nao, S-Sora.
No. Judul Tanggal tayang perdana
1 (AKNS1)"Distant Memories"
"Haruka na Kioku" (ハルカナキオク)
4 Oktober 2010 (2010-10-04)
Setelah kematian mendadak orang tua mereka, Haruka dan saudara kembarnya, Sora, pindah ke rumah yang sebelumnya dihuni oleh almarhum kakek mereka, di sebuah desa kecil yang sering mereka kunjungi ketika kecil. Di sana, Haruka bertemu dengan beberapa warga, beberapa di antaranya adalah teman lamanya. Menyadari bahwa Haruka terlihat mulai mengabaikannya, Sora pergi ke kamar Haruka pada malam hari dan melepas pakaiannya di depan Haruka.
2 (AK2)"Akira Embarrassed"
"Akira Hazukashi" (アキラハズカシ)
11 Oktober 2010 (2010-10-11)
Sora meminta Haruka untuk mengukur badannya untuk membuat seragam, dan akhirnya mulai bersekolah dengan Haruka, meskipun dia kecewa karena berada di kelas yang berbeda. Sambil membersihkan kolam renang, Akira tanpa sengaja membasahi seragam Kazuha dan Akira membawanya ke ruang ganti perempuan untuk mengeringkannya. Haruka menemukan telepon genggam Kazuha dan bermaksud mengembalikannya. Di depan ruang ganti perempuan, dia mendengar percakapan antara Akira dan Kazuha, di mana Kazuha memanggil Akira dengan "Onee-chan" (kakak perempuan).
3 (K3)"Indecision"
"Tsukazu Hanarezu" (ツカズハナレズ)
18 Oktober 2010 (2010-10-18)
Ketika Kazuha menyadari bahwa Haruka mendengar percakapan mereka, dia mengejarnya untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut. Dia mengungkapkan bahwa Akira, pada kenyataannya, adalah kakaknya yang tidak sah yang lahir dari ibu yang berbeda. Karena kedudukan sosial keluarganya, ayah Kazuha tidak dapat mengakui Akira sebagai putrinya, menyebabkan Kazuha membenci ayahnya dan merasakan beban rasa bersalah dan tanggung jawab terhadap Akira yang selalu bekerja keras. Untuk membantu mengangkat jiwa Kazuha, Haruka mengundangnya berkencan dan mereka kemudian menyadari dan mengakui perasaan mereka yang berkembang cepat terhadap satu sama lain. Sementara itu, Akira terus mencoba yang terbaik dengan caranya sendiri, tetapi gagal.
4 (K4)"Haruka's Heart"
"Harukazu Hāto" (ハルカズハート)
25 Oktober 2010 (2010-10-25)
Dalam perjalanan pulang dari sekolah, Haruka dan Kazuha terganggu oleh Yahiro yang panik yang prihatin dengan kehilangan Akira. Akhirnya mereka menemukan Akira di rumahnya, pingsan karena kelelahan, dan Kazuha mulai menyalahkan dirinya sendiri dan perhatian berlebih kepada Haruka karena tidak memperhatikan kondisi Akira. Akira pulih beberapa hari kemudian. Menyadari kebenaran kata-kata Akira, Kazuha menjadi depresi sambil berjuang untuk menentukan apa yang harus dilakukan. Hari festival tiba dan Kazuha memberanikan diri untuk muncul, di mana dia berteman lagi dengan Haruka. Haruka memberi tahu Kazuha bahwa ayahnya membantu Akira secara finansial secara rahasia selama ini dan ketika Kazuha menyaksikan ayahnya memuji Akira, dia menyadari bahwa dia telah salah menilai dia.
5 (A3)"Darkness Revealed"
"Yami Akiraka ni" (ヤミアキラカニ)
1 November 2010 (2010-11-01)
Pengantar episode ini mengulangi peristiwa di mana Haruka berdiri di dekat ruang ganti perempuan, mendengar percakapan Akira dan Kazuha, tetapi kali ini, alih-alih berjalan pergi disesatkan, Akira keluar dan mengambil telepon dari Haruka. Ini memungkinkan cerita memiliki akhiran alternatif. Haruka memperhatikan bahwa Akira telah bertingkah aneh belakangan ini dan memutuskan untuk berbicara dengannya sendirian di sekolah keesokan paginya. Dia melihat ekspresi sedih di wajah Akira dan menjadi khawatir dan ingin membantu Akira menemukan liontin ibunya (setelah mengingatnya kehilangan sebagai anak). Mereka mencari-cari liontin di pohon yang akan mereka mainkan saat masih kecil. Dia berusaha menggali di sekitar itu, tetapi tidak berhasil. Keduanya pergi ke kediaman Akira untuk mandi, dan memiliki momen romantis bersama. Dari sana, Haruka pergi ke festival, dan setelah melihat Akira menangis ketika menari tarian suci, dia bergegas pergi untuk melihat apa yang terjadi.
6 (A4)"I Won't Give Up"
"Akiramenai yo" (アキラメナイヨ)
8 November 2010 (2010-11-08)
Haruka memasuki kamar Akira dan menghentikannya membakar jurnal dokter yang hilang, di mana tertulis bahwa Kazuha dan Akira memiliki peluang salah identitas. Dengan jurnal itu, ia menyarankan kepada Yahiro dan Kazuha sebuah tes DNA untuk membuktikan semuanya untuk selamanya. Yahiro menolak, akan tetapi, meskipun tidak setuju dari ibunya, Kazuha setuju untuk melakukannya. Haruka memberi tahu Akira bahwa hasil DNA akan keluar dalam lima hari, tetapi Akira menghilang pada hari kelima. Haruka menemukannya di stasiun kereta, di mana mereka berbicara sampai malam. Ketika hasil DNA tiba malam itu, Kazuha dan Sora mengirimkannya ke Akira, yang masih berada di stasiun, tetapi terlalu takut untuk membacanya. Saat itulah ibu Kazuha muncul, dan menceritakan semuanya di rumah mereka, di mana Akira ditunjukkan liontin yang hilang, dikembalikan kepadanya oleh seseorang yang menemukannya di pegunungan, berdasarkan nama yang terukir di punggungnya. Dia mengungkapkan bahwa dia dan ibu Akira telah berbagi kamar rumah sakit yang sama, dan suatu hari Akira menarik liontin itu dari lehernya ketika Ny. Migiwa menggendongnya. Setelah mendengar bahwa ibu Akira telah meninggal, dia memberikan liontin kepadanya untuk membuatnya merasa, setidaknya, kehadiran seorang ibu. Akira kemudian membaca hasil DNA, dan itu membaca negatif, yang berarti Akira lahir dari ibu yang berbeda. Di sana, ibu Kazuha membiarkannya menyimpan liontin itu dan meminta maaf kepada Akira. Akira kemudian menyatakan rasa sukanya terhadap Haruka dan sebaliknya.
7 (NS2)"Sinful Maidens"
"Tsumi na Otomera" (ツミナオトメラ)
15 November 2010 (2010-11-15)
Episode ini mengulangi peristiwa ketika Sora meminta Haruka untuk mengukur badannya, sehingga dia dapat membuat seragam. Keesokan harinya, Nao datang untuk membawa Haruka beberapa obat nyamuk karena Sora takut terhadap nyamuk. Hari berikutnya, Ryouhei mengundang Haruka ke atap sekolah untuk mengintip gadis-gadis yang sedang membersihkan kolam. Haruka memperingatkan Ryouhei, untuk tidak mengintip Nao, dan pergi. Kemudian Ryouhei memberi tahu Nao bahwa Haruka, "sang pangeran yang telah dia tunggu-tunggu," suka padanya, tetapi dia pikir Haruka tidak menyukainya. Kenyataan bahwa sesuatu pernah terjadi antara dua musim panas silam: Nao yang berusaha melarikan diri dari keributan orang tuanya, berlari ke rumah Haruka. Pada saat itu Haruka sedang tidur di beranda dan terkejut melihat Nao di atasnya dengan pakaian terlepas. Sampai sekarang Nao merasa bersalah atas apa yang telah dia lakukan. Namun, Ryouhei, bahkan Akira dan Kazuha, beraksi membawa Haruka dan Nao bersama. Mereka melakukannya dengan membuat keduanya bertemu di kolam sekolah pada hari Minggu. Ketika mereka berganti pakaian setelah pelajaran renang, Haruka bergegas ke ruang ganti perempuan ketika Nao ditakuti oleh kucing hitam di dalam sebuah kotak. Pengawas sekolah mendengar obrolan mereka, tetapi keduanya bisa bersembunyi di dalam kotak sebelum pengawas menangkap mereka. Di sana, Nao mengetahui bahwa Haruka tidak membencinya. Sementara itu, Sora menunjukkan kebenciannya pada Nao yang menurutnya adalah alasan mengapa Haruka disibukkan beberapa hari terakhir di rumah dengan laptopnya.
8 (N3)"Darkened Sky"
"Nao Kuraki Sora" (ナオクラキソラ)
22 November 2010 (2010-11-22)
Sekarang Sora mulai menunjukkan kebenciannya pada Nao di tempat terbuka, bahkan di depan Ryohei dan Nao sendiri. Suatu sore Sora, tertarik oleh aroma masakan kari di dapur, melihat Haruka dan Nao sedang melakukan hubungan seksual di ruang tamu. Sora memaksa Nao keluar dari rumahnya, memperingatkannya untuk tidak bertemu denganHaruka lagi karena ini adalah kedua kalinya dia menangkap keduanya melakukan "perbuatan kotor". Dia kemudian melemparkan kari yang mereka masak ke saluran pembuangan karena dia hanya ingin Haruka yang memasak. Nao menjadi diam setelah itu. Meskipun dia ingin melihat Haruka, dia harus bersembunyi karena Sora selalu berada di dekatnya. Namun, Haruka selalu optimis Sora akan memaafkan dan menerima mereka berdua.
9 (N4)"Distant Feelings"
"Haruka na Omoi" (ハルカナオモイ)
29 November 2010 (2010-11-29)
Sora memutuskan untuk ikut ke pantai, tetapi pada saat dia turun dari bus, dia mendengar berita tentang seseorang yang tenggelam dan berhasil diselamatkan. Dia menemukan bahwa orang yang dimaksud adalah Haruka. Namun, Nao bertindak cepat dan melakukan pernafasan buatan. Dengan kejadian itu, Sora menjadi lebih tidak nyaman dan memberitahu Haruka agar tidak meninggalkan rumah dan mengatakan segala macam alasan hanya untuk membuatnya tinggal. Suatu hari, Sora membuat Haruka memilih antara dia dan Nao, tetapi dia hanya mengangkat bahu dan melanjutkan ke sekolah dengan Nao seolah-olah tidak ada yang salah. Sore itu, Haruka menemukan Sora hilang setelah menerima pesan darinya yang mengatakan "Ayo pergi dari sini." Akira, Kazuha, Ryouhei, Nao, dan Haruka mencarinya, dan menemukan Sora di halte bus. Menolak untuk pergi dengan Nao, Sora berlari keluar dari halte bus, dengan marah mengatakan kepadanya bahwa dia adalah alasan mengapa Haruka telah berubah. Tiba-tiba, halte bus tersambar petir dan terbakar. Sora kemudian berlari untuk mengambil boneka kelinci di dalam halte tersebut, tetapi gagal. Nao bergegas masuk untuk mengambil satu-satunya kenang-kenangan yang dimiliki Sora dari ibunya, menyebabkannya hampir terperangkap di dalam. Setelah menerima barang yang diselamatkan, Sora mengungkapkan kepada Nao rasa tidak amannya bersamanya, bahwa dia takut Haruka akan meninggalkannya sendirian. Malam berikutnya, Sora bergabung dengan semua orang selama Festival Musim Panas di kuil. Kali ini, Sora lebih menerima Nao.
10 (S3)"As for a Bird's Faked Cry"
"Tori no Sorane wa" (トリノソラネハ)
6 Desember 2010 (2010-12-06)
Episode ini mengulang ke acara ketika Haruka mencoba berbicara dengan Sora tentang hubungannya dengan Nao, tetapi kali ini Sora selalu berada dalam pikirannya karena akhir-akhir ini dia tampaknya tidak menerima Nao dan bahwa dia tampaknya menjadi menggodanya. Haruka bermaksud berkencan dengan Nao, tetapi tidak bisa memberi tahu Sora tentang hal itu, bahkan menyamarkannya seolah-olah dia akan menghabiskan waktu bersama Ryouhei. Namun, selama kencan itu Nao memperhatikan bahwa Sora tidak pernah jauh dari pikiran Haruka karena Haruka membeli barang-barang untuk saudara perempuannya, bukan untuknya, dan akhirnya merusak kencan mereka. Mereka berencana membuat kari kroket saat tiba di rumah, tetapi dibatalkan ketika Haruka menemukan Sora tidak enak badan di kamarnya setelah mengalami mimpi buruk. Keesokan harinya Nao memperhatikan bahwa Haruka mencoba menyembunyikan kencannya dengan dia dari Sora, tapi dia hanya ikut. Suatu malam, Haruka mengetahui Sora melakukan masturbasi di kamarnya sambil menyebutkan namanya dan membuatnya kecewa.
11 (S4)"The Uncertain Pair"
"Sorameku Futari" (ソラメクフタリ)
13 Desember 2010 (2010-12-13)
Haruka mengajak Nao berkencan lagi, tapi dia tidak bisa menghilangkan pandangan Sora malam itu dari benaknya. Akhirnya Haruka mencapai batasnya dan mencoba untuk menyingkirkan pikiran-pikiran itu dengan membawa Nao ke hotel cinta, tetapi dia menolak tindakannya dan bertanya apakah dia benar-benar mencintainya. Haruka tidak dapat menjawab dan kembali ke rumah. Segera setelah itu, Sora sakit demam dan Haruka tetap di rumah untuk merawatnya. Malam itu, Sora, dengan demamnya mereda, mengakui perasaannya kepada Haruka dan keduanya melakukan hubungan intim. Ini tidak luput dari perhatian karena semua orang, terutama Kozue dan Nao, mulai melihat mereka menghabiskan lebih banyak waktu dengan satu sama lain. Suatu sore, ketika Kozue dan Nao memutuskan untuk mengunjungi rumah Haruka, mereka mendapati Haruka dan Sora sedang melakukan hubungan intim.
12 (S5)"To the Distant Sky"
"Haruka na Sora e" (ハルカナソラヘ)
20 Desember 2010 (2010-12-20)
Kozue melarikan diri karena terkejut saat melihat kejadian tersebut, tetapi Nao meninggalkan rumahnya dengan tenang. Haruka berpikir untuk pindah sekolah, tetapi Sora mengatakan kepadanya untuk berpikir lagi tentang itu. Kozue mengatakan kepadanya pada hari berikutnya bahwa dia tidak akan pernah berbicara dengannya lagi, sementara Nao secara efektif mengakhiri hubungannya dengan dia setelah permintaan maafnya. Malam itu Haruka berkelahi dengan Sora ketika dia mengatakan kepadanya bahwa mereka harus berhenti melakukannya, bahkan secara tidak sengaja memukulnya. Keadaan menjadi rumit ketika mereka mengetahui bahwa orang tua mereka tidak meninggalkan biaya untuk keduanya, dan untuk bertahan hidup mereka harus diambil di bawah pengawasan kerabat mereka, tetapi ini berarti mereka hidup terpisah. Sore itu, Haruka terbangun dan menemukan Sora hilang dari kamarnya yang berantakan. Dia pergi mencarinya setelah menerima teks dari Sora yang terdengar seperti catatan bunuh diri. Nao bahkan membantunya mencari di mana-mana, mengatakan kepadanya tentang konfrontasinya dengan Sora, mengatakan bahwa dia telah melihat keduanya melakukan hubungan intim pada sebuah musim panas, dan bahwa "sekarang mereka telah imbang". Haruka lalu ingat danau yang disebutkan Akira tempo hari. Haruka menemukan Sora, dan berusaha untuk menghentikannya dari percobaan bunuh diri. Beberapa hari kemudian, keduanya meninggalkan desa untuk tinggal bersama di luar negeri, di kota tempat seorang pengrajin yang memiliki hubungan dengan orang tua mereka. Meskipun Kozue tidak mau menerimanya, Nao percaya mereka akan baik-baik saja.

CD drama[sunting | sunting sumber]

Sejak 31 Juni 2016, terdapat 5 CD drama: dua dirilis dengan pembelian novel visual orisinal "Yosuga no Sora" dari toko Sofmap dan Messe Sanoh, satu dirilis dengan cara pemesanan sebelumnya Cakram Penggemar "Haruka no Sora", dan dua dirilis dengan pembelian Blu-ray volume 2 dan 4 adaptasi animenya.

Judul Afiliasi Jenis
"秘密のリゾート遊び" Yosuga no Sora (Eksklusif) Bonus Ritel: Sofmap[4]
"叉依姫神社祭り" Yosuga no Sora (Eksklusif) Bonus Ritel: Messe Sanoh[4]
"ソイネノソラ" Haruka na Sora (Eksklusif) Bonus Pemesanan Sebelumnya[5]
"添い寝CD(依媛奈緒/春日野穹)" Yosuga no Sora (anime) Bonus Blue-ray[6]
"添い寝CD(渚一葉/天女目瑛)" Yosuga no Sora (anime) Bonus Blue-ray[6]

Manga[sunting | sunting sumber]

Yosuga no Sora diadaptasi menjadi manga dengan judul yang sama, diserikan sejak terbitan Mei majalah Comp Ace milik Kadokawa Shoten.[7]

Musik[sunting | sunting sumber]

Jalur suara orisinal pada permainan ini dikarang oleh Manack dan dirilis oleh Sphere pada 27 Februari 2009.

Jalur suara orisinal pada adaptasi anime yang musiknya dikarang oleh Manabu Miwa (Manack) dan Bruno Wen-Li, terdiri atas dua komposisi baru dan versi aransemen baru berdasarkan musik dari permainan orisinalnya. Ini dirilis dalam dua CD, berjudul "Arrange" dan "New", menemani rilis Blu-ray Disc versi bahasa Jepang anime tersebut dengan volume 1 dan 3 masing-masing.[3]

Sejak 31 Juli 2016, terdapat 9 Rilis Musik (Grup): tiga berafiliasi dengan novel visual orisinal "Yosuga no Sora", satu berafiliasi dengan Cakram Penggemar (Fan Disc) "Haruka no Sora", dan lima berafiliasi dengan adaptasi animenya. Beberapa judul tidak konsisten antara versi resmi, eceran, dan versi basis data, sehingga judul yang dinormalisasikan itu diberikan pedoman gaya dari MusicBrainz.[8]

Judul (Dinormalisasi) Afiliasi Jenis
"ヨスガノソラ: Image" Yosuga no Sora (Eksklusif) Bonus Terbatas[9]
"ヨスガノソラ" Yosuga no Sora Album Komersial[1]
"ヨスガノソラ: Maxi-Single" Yosuga no Sora Album Komersial
"ハルカナソラ: キャラクターソング" Haruka na Sora (Eksklusif) Bonus Terbatas[5]
"比翼の羽根" Yosuga no Sora (anime) Album Komersial[10]
"ツナグキズナ" Yosuga no Sora (anime) Album Komersial[10]
"ピンキージョーンズ" Yosuga no Sora (anime) Album Komersial[10]
"ヨスガノソラ: New" Yosuga no Sora (anime) Bonus Blue-ray[6]
"ヨスガノソラ: Arrange" Yosuga no Sora (anime) Bonus Blue-ray[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Official game website for Yosuga no Sora" (dalam bahasa Jepang). Sphere. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 September 2010. Diakses tanggal 15 September 2010. 
  2. ^ a b "Official game website for Haruka na Sora" (dalam bahasa Jepang). Sphere. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 September 2010. Diakses tanggal 15 September 2010. 
  3. ^ a b "Official Yosuga no Sora Anime Blu-Ray/DVD Release Webpage". Starchild (dalam bahasa Jepang). King Records. Diakses tanggal 26 Oktober 2010. 
  4. ^ a b ヨスガノソラ Official Web Site. www.cuffs-sphere.jp. Diakses tanggal 31 Juli 2016. 
  5. ^ a b 予約キャンペーン実施中!!:ハルカナソラ. www.cuffs-sphere.jp. Diakses tanggal 31 Juli 2016. 
  6. ^ a b c d "ヨスガノソラ". king-cr.jp. Diakses tanggal 31 Juli 2016. 
  7. ^ "Comp Ace's official Yosuga no Sora manga webpage". Comptiq (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Shoten. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-29. Diakses tanggal 15 September 2010. 
  8. ^ "Style – MusicBrainz". musicbrainz.org. Diakses tanggal 31 Juli 2016. 
  9. ^ 予約キャンペーン. www.cuffs-sphere.jp. Diakses tanggal 31 Juli 2016. 
  10. ^ a b c ヨスガノソラ. king-cr.jp. Diakses tanggal 31 Juli 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]